Eiichiro Oda: Mangaka One Piece Terkaya di Dunia

Maytiska Omar, 19 Januari 2024

Eiichiro Oda: Mangaka One Piece Terkaya di DuniaAnime
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – One Piece menjadi manga dan anime yang sangat populer saat ini. Bahkan manganya telah  terjual lebih dari 520 juta cetakan. Tidak mengherankan, Eiichiro Oda menjadi mangaka terkaya.

Bagi para nakama tidak asing lagi mendengar nama Eiichiro Oda. Mangaka kesayangan pecinta One Piece ini menjadi yang terkaya di dunia pada tahun 2023. Total kekayaannya mencapai lebih dari 200 juta US dollar atau sekitar 3 triliun rupiah. Jumlah yang sangat fantastis.

Apa yang Ada Dibalik Kesuksesan Eiichiro Oda?

Eiichiro Oda sering menutupi wajahnya dengan gambar ikan.
Eiichiro Oda sering menutupi wajahnya dengan gambar ikan

Oda sensei, sebutan untuk guru, mendapatkana Kekayaannya ini dari manga, adaptasi anime, mechandise, video games, film, pameran hingga live action. Ia menulis One sejak 1997 dan menjadi perjalanan awalnya menulis manga sendiri.

Sebelumnya, Monkey D. Luffy telah diciptakan sebagai karakter protagonis di one-shot yang berjudul “Romance Dawn.” Kemudian, Weekly Shonen Jump mulai membuat seri dari One Piece yang dilanjutkan dengan adaptasi animenya 2 tahun kemudian.

Setelah itu, Oda berdedikasi untuk terus membuat One Piece dengan mengembangkan cerita, art, hingga keterikatan antar karakter. Namun, ia juga merilis 10 buku “One Piece Color Walk”, yang merupakan buku berisikan kompliasi ilustrasi bewarna yang digambar sendiri olehnya.

Mangaka satu ini juga sangat menjaga privasinya. Bahkan akan sulit untuk mendapatkan fotonya. Saat wawancara pun ia akan berusaha untuk menutup wajahnya dengan cara yang lucu dan cermat. Namun, beberapa komedian Jepang pernah mengunjungi rumahnya.

Baca juga: 

One Piece Menjadi Manga Paling Sukses Walaupun Sudah Berjalan Lama

One Piece masih menjadi cerita yang populer meskipun telah berjalan selama 25 tahun.
One Piece masih menjadi cerita yang populer meskipun telah berjalan selama 25 tahun

Cerita tentang si topi jerami ini telah berjalan selama 25 tahun. Walaupun begitu, semakin banyak penggemar yang ikut mengarungi laut untuk menyaksikan aksi Luffy beserta nakama yang lain.

Manganya sendiri telah mencapai perjalanan terakhir di Grand Line, hamparan laut yang paling berbahaya. Namun, anime-nya baru memasuki Arc Egghead.

One Piece sendiri sangat populer di kalangan otaku karena ceritanya yang terus memberikan perkembangan menarik. Adanya karakter baru, tantangan baru, dan misteri yang harus diungkapkan di setiap ceritanya. Belum lagi ditambah dengan karakter-karakter yang kuat.

Alasan lain adalah pesan moral yang bonding antar karakter yang kuat. Tidak jarang kalau kamu ketemu para Nakama di real life saling mendukung satu sama lain.

Indonesia juga baru saja mengucapkan selamat tinggal untuk One Piece: The Great Era of Piracy, pameran yang menampilkan beberapa scene terkenal hingga patung seukuran aslinya. Tentu saja, Nakama di Indonesia tidak melewatkan hal itu. Apalagi pameran ini diadakan cukup lama, mulai dari 8 November 2023 hingga 7 Januari 2024.

Selain itu, live action One Piece yang rilis tahun 2023 mendapatkan feedback yang baik. Bahkan menjadi adaptasi tersukses dengan rating 8,5/10 dari 46 ribu user di IMDb. Walaupun ada beberapa penyesuaian tapi ternyata masih dapat diterima karena memang ceritanya tetap seru.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: