Episode Final Attack on Titan: Kepuasan yang Tak Terlupakan

Zeinal Wujud, 13 November 2023

Episode Final Attack on Titan: Kepuasan yang Tak TerlupakanAnime
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Akhirnya, final yang dinantikan dari Attack on Titan hadir, dan episode terakhir ini berhasil mencuri perhatian media sosial. Hal ini juga membuat server Crunchyroll kolaps, sebagaimana jarang anime lainnya melakukannya. Antusiasme akan akhir dari salah satu anime paling populer sepanjang masa ini sungguh luar biasa, terutama jika kita mempertimbangkan waktu lama yang harus ditunggu para penggemar. Sepuluh tahun perjalanan menakjubkan untuk seri ini telah berakhir, dan episode terakhirnya memenuhi ekspektasi dengan baik.

Baca juga:

Episode berdurasi satu jam ini mempersembahkan beberapa aksi terbaik dalam seluruh seri. Serta menghadirkan karakter-karakter yang dulunya musuh dalam pertarungan epik melawan musuh bersama. Dari kematian brutal hingga plot twist mengejutkan, episode terakhir Attack on Titan adalah akhir yang sangat baik untuk sebuah seri yang akan selalu dikenang.

Penerimaan yang Mengejutkan untuk Akhir Attack on Titan

Eren Attack on Titan

Chapter terakhir manga Attack on Titan mendapatkan banyak kritik ketika dirilis pada tahun 2021. Sebagian besar kritik ditujukan pada Eren dan perilakunya pada saat-saat terakhirnya, terutama saat ia mengungkapkan perasaannya pada Mikasa setelah hampir menghancurkan dunia. Hal ini membuat pembaca terkejut karena karakter Eren tampil sangat patetis pada saat-saat terakhir.

Namun, para penggemar versi anime mengapresiasi kenyataan bahwa Eren jujur tentang perasaannya pada Mikasa setelah menekannya begitu lama. Seluruh perjuangan melawan umat manusia hanyalah cara membuat teman-temannya menjadi pahlawan yang membunuhnya, sehingga keterbukaan sebelum kematiannya membuat karakter Eren menjadi lebih dalam.

Kritik lainnya adalah bahwa dalam percakapannya dengan Eren, Armin tampak menerima dan bahkan membenarkan tindakan temannya, meskipun Eren telah membunuh 80 persen umat manusia. Namun, percakapan ini diperpanjang dalam versi anime, sehingga momen terakhir Eren dan Armin menjadi lebih baik daripada dalam manga. Hal ini memastikan bahwa tindakan Eren tidak dibenarkan dengan cara apa pun.

Akhiran Attack on Titan Membungkus Seri dengan Sempurna

Attack on Titan

Setiap karakter utama dalam Attack on Titan mendapatkan akhir yang memuaskan. Eren mendapatkan apa yang diinginkannya, meskipun rencananya yang bengkok terbukti salah arah. Levi akhirnya pensiun setelah bertahun-tahun bertarung, Ymir dibebaskan dari kutukan dua ribu tahunnya, dan Mikasa kembali ke rumah masa kecilnya. Armin dan anggota lain dari Pasukan Penjelajah menjadi duta perdamaian dan berhasil mengakhiri konflik antara Pulau Paradis dan dunia luar.

Namun, seri ini juga menunjukkan bahwa, meskipun semua itu, siklus kebencian dan kekerasan tak akan pernah berakhir, dan perang akan kembali terjadi di masa depan. Meskipun ada banyak akhir bahagia, seri ini jelas menegaskan bahwa masalah-masalah ini akan selalu menghantui dunia.

Oleh karena itu, Attack on Titan berhasil memberikan finale yang memuaskan dan penuh pemikiran. Ini terutama karena episode terakhir ini setia pada cerita asli dan penulisan luar biasa dari Hajime Isayama. Karakter-karakter harus menghadapi pertarungan terbesar mereka, mulai dari tugas yang tampaknya mustahil untuk menghadapi ratusan Titan hingga beban mental membunuh teman mereka.

Pertarungan untuk menyelamatkan umat manusia menjadi momen terbaik dalam seri penuh aksi ini. Sehebat apapun pertarungannya, setiap karakter mendapatkan akhir yang sesuai, baik itu yang baik maupun buruk. Banyak pertanyaan juga terjawab, terutama mengenai alasan Ymir untuk kesetiaannya kepada Keluarga Fritz.

Reuni Staf Lama untuk Akhir yang Tak Terlupakan

Ending Attack on Titan

Untuk episode terakhir Attack on Titan, Mappa memastikan untuk menghadirkan kembali tim yang telah membantu membuat seri ini begitu istimewa dan populer. Linked Horizon, yang menciptakan lagu pembuka untuk tiga musim pertama dan lagu pembuka ikonik “Shinzo Wa Sasageyo,” tampil membawakan lagu pembuka.

Animator legendaris Arifumi Imai, bergabung untuk menganimasikan pertarungan terakhir Levi melawan Eren, bersama Mikasa. Mappa memberikan segalanya untuk memastikan bahwa finale ini menangkap esensi sejati dari Attack on Titan. Sangat menyegarkan melihat bahwa orang-orang yang telah ada sejak awal turut menyaksikan akhir dari perjalanan ini.

Episode terakhir Attack on Titan merupakan akhir yang cocok untuk sebuah masterpiece dan salah satu akhir anime terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Ini memiliki segala yang diimpikan oleh para penggemar, mulai dari plot twist mengejutkan, penutupan karakter yang luar biasa, hingga produksi yang sempurna.

Baca juga:

Tambahan yang dilakukan oleh Isayama terhadap materi sumber membuatnya semakin baik. Para penggemar dapat bersantai dengan mengetahui bahwa tidak ada usaha yang disia-siakan dalam pembuatan episode ini. Attack on Titan akan terus hidup dalam hati jutaan orang, bertahun-tahun setelah berakhir. Juga akan menjadi contoh anime yang mampu menjalankan tugasnya terhadap adaptasi komik dan bahkan melampauinya dalam beberapa hal.

Demikian pembahasan Episode Final Attack on Titan: Kepuasan yang Tak Terlupakan. Ikuti akun resmi Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: