Nichijou atau Azumanga Daioh, Mana yang Lebih Baik?

Zeinal Wujud, 12 September 2023

Nichijou atau Azumanga Daioh, Mana yang Lebih Baik?Anime
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Dalam dunia anime, ada banyak acara penuh aksi dan petualangan tanpa henti yang ditujukan untuk demografi shonen. Di sisi lain, ada juga cerita slice-of-life seperti Nichijou yang jauh lebih santai dan tenang. Subgenre dari cerita-cerita ini termasuk “moe” dan “cute girls doing cute things”. Salah satu contoh terbaiknya adalah Azumanga Daioh, sebuah komedi yang telah menginspirasi banyak meme selama bertahun-tahun.

Azumanga Daioh bukan satu-satunya komedi anime hebat yang tentang… eh, tidak ada yang spesial. Nichijou dengan mudah menandingi seri ini, dengan cara komedi yang memadukan kehidupan sehari-hari menjadi hal yang kocak. Ini memunculkan pertanyaan, antara kedua seri ini, yang mana yang lebih baik dalam menghadirkan premis yang tidak ada namun selalu kocak. Mari kita lihat kedua seri ini, yang dapat disebut sebagai dua raksasa dalam dunia absurditas ini. Mana yang memberikan potongan kehidupan yang paling gila.

Baca juga:

Apa yang Dikisahkan dalam Azumanga Daioh dan Nichijou?

Kisah Azumanga Daioh dan Nichijou
Kisah Azumanga Daioh dan Nichijou

Azumanga Daioh, yang awalnya berupa manga komedi yonkoma yang ringkas karya Kiyohiko Azuma, mengikuti petualangan sehari-hari sekelompok gadis sekolah menengah Jepang. Mereka termasuk Chiyo, gadis kecil yang sangat pintar, Sasaki yang pemalu dan tinggi (yang biasanya dibenci oleh kucing yang sama yang ia cintai). Bahkan guru laki-laki mereka yang agak aneh, yang dikenal karena menyebutkan “waifu”-nya.

Seri ini sebagian besar lucu karena mengejek keanehan kepribadian karakter-karakternya, meskipun kadang-kadang melibatkan unsur-unsur absurditas. Ini termasuk kucing-kucing raksasa yang bisa bicara dan keanehan lainnya, meskipun acara ini berhasil membuat semuanya terlihat relatif normal dengan nada komedinya. Fakta bahwa makhluk kucing tersebut mengaku sebagai ayah Chiyo hanya membuat segalanya semakin absurd.

Nichijou sangat mirip dalam hal ini, mengikuti para penduduk kota Tokisadame yang acak tanpa banyak plot berulang. Karakter-karakternya bahkan lebih gila daripada di Azumanga Daioh, dan di antara mereka ada kucing bicara lainnya serta seorang android! Ini, bersama dengan humor yang kacau dan berlebihan, membuatnya selalu dibandingkan dengan Azumanga Daioh, tetapi yang mana yang lebih baik?

Bagaimana Nichijou Menyempurnakan Formula Azumanga Daioh

Nichijou
Nichijou

Di satu sisi, Azumanga Daioh lebih baik dalam mewakili unsur-unsur “slice of life”. Dalam arti bahwa, selain ayah Chiyo dan beberapa hal lainnya, ceritanya sebenarnya cukup biasa dalam hal apa yang terjadi. Perasaan realisme ini membuat tingkah laku yang aneh menjadi lebih lucu. Pada saat yang sama, ketika hal-hal akhirnya menjadi agak aneh, itu bisa terasa mengagetkan, meskipun tetap menggelitik.

Nichijou dalam banyak hal terasa seperti evolusi alami dari apa yang telah dilakukan Azumanga Daioh pertama, terutama dalam nada ceritanya yang lebih merata. Hal-hal menjadi gila jauh lebih konsisten dalam Nichijou, membuat tipe komedi semacam itu terasa lebih cocok dan tidak terlalu aneh. Dengan demikian, pertarungan kepala sekolah dengan rusa terasa wajar dengan cara yang baik tanpa pernah menjadi membosankan.

Demikian pula, meskipun kedua seri ini tidak memiliki plot pusat, versi anime Nichijou sedikit berbeda dari materi sumbernya. Dengan menjadikan gadis android Nano sebagai pseudo protagonis. Ini memberikan kedekatan pada tingkah laku yang kacau, serta membuatnya lebih terstruktur daripada fokus yang bergantian dalam Azumanga Daioh. Meskipun keduanya adalah beberapa anime komedi terbaik sepanjang masa, Nichijou sedikit unggul dari Azumanga Daioh dengan memiliki lebih banyak struktur dalam kegilaannya.

Azumanga Daioh dapat dinikmati di HIDIVE, sementara Nichijou tersedia di Funimation.

Baca juga:

Demikian pembahasan Nichijou atau Azumanga Daioh, Mana yang Lebih Baik? Ikuti akun resmi Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: