Selection Project, Cerita Reality Show untuk Jadi Idol

Dimas Galih Putrawan, 3 Maret 2023

Selection Project, Cerita Reality Show untuk Jadi IdolAnime
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung Selection Project merupakan serial anime bergenre idol dan slice of life produksi Doga Kobo. Serial ini berdasarkan proyek multimedia milik Kadokawa yang bertajuk Idol x Audition x Reality Show yang dimulai Desember 2019. Serial ini pertama kali tayang pada musim gugur 2021.

Sinopsis Selection Project, Cerita Reality Show untuk Menjadi Idol

Selection Project menceritakan sebuah kompetisi audisi idol berbentuk reality show yang diikuti sembilan orang perempuan berusia remaja. Dalam serial ini, diceritakan reality show tersebut telah mencapai season ketujuh. Oleh karena itu, sederetan gadis dari seluruh penjuru Jepang berbondong-bondong untuk mengikuti audisi, dengan hanya satu gadis mewakili daerah masing-masing sebagai finalis di acara utama.

Salah satu dari finalis itu adalah Suzune Miyama, gadis asal prefektur Saitama yang menjadi wakil daerah Kanto Utara. Suzune sebelumnya harus terbaring sakit saat kebanyakan dari masa kecilnya, meski begitu, ia masih bercita-cita untuk menjadi idol. Akhirnya, ia berkesempatan untuk mengikuti Selection Project, reality show yang jadi awal dari idol legendaris Akari Amasawa, pemenang season pertama sekaligus idolanya.

Konsep Idol Reality Show yang Menarik Namun Kadang Jadi Lupa kalau Ini Harusnya Kompetisi (7/10)

Selection Project scene
Selection Project mengambil konsep reality show untuk menjadi idol

Konsep yang diambil Selection Project sebenarnya cukup menarik, yaitu sebuah reality show di mana kontestannya berpeluang menjadi idol. Mereka harus menjalankan berbagai misi dengan mengumpulkan yell (dukungan) yang dibutuhkan untuk lolos ke babak selanjutnya. Jika gagal, mereka akan tereliminasi. Contohnya saja, sembilan kontestan terbagi menjadi tiga grup saat babak pertama. Dalam babak tersebut, satu grup berpeluang tereliminasi.

Meski ini diceritakan sebagai kompetisi, terkadang ada momen yang ditampilkan dalam cerita ini seakan bukan kompetisi. Mungkin ini karena momen slice of life yang membuat santai sejenak dari kompetisi.

Twist yang melibatkan Suzune dan kontestan lain cukup mengharukan dan penuh drama, apalagi ini sangat berdampak pada dua episode terakhir. Momen ini sangat bermakna bukan hanya bagi penonton, tetapi juga beberapa karakter utama lainnya.

Deretan Tokoh idol yang Cukup Colorful (8/10)

Selection Project characters
Sembilan tokoh utama Selection Project

Selection Project memiliki sembilan karakter utama yang menjadi wakil masing-masing daerah. Setiap karakter tersebut diceritakan memiliki latar belakang dan ciri khas berbeda-beda. Hal itu membuat setiap karakter dapat menonjol di serial anime ini. Ditambah, chemistry pada setiap karakter tersebut tampak natural, apalagi jika terbagi menjadi beberapa grup di babak pertama.

Selain Suzune, contoh karakter yang paling menonjol adalah Rena Hananoi. Rena diceritakan ternyata merupakan adik dari Akari Amasawa. Meski begitu, Rena ditampilkan ingin tampil berbeda tanpa harus mengandalkan nama sang kakak.

Baca juga: The God of High School, Anime yang Terbuang Potensinya

Visual dan Musik yang Menawan, Terutama dalam Memperlihatkan Performance (9/10)

Satu lagi hal menonjol dari Selection Project adalah visual dan musiknya. Sebagai anime bergenre musik dan idol, musik sudah seharusnya menjadi hal utama. Selection Project berhasil membuat musik di dalamnya lebih menonjol dan penuh makna. Only One Yell, ending theme-nya, dapat menjadi salah satu lagu anime idol terbaik. Di episode pertama saja, kesembilan karakter utama ditampilkan bernyanyi lagu tersebut meski sedang dalam proses audisi terpisah, namun mereka seakan saling terhubung dengan chemistry-nya.

Selection Project Suzune and Rena performance
CGI di Selection Project saat performance terlihat alami tanpa terkesan memaksa

Visual yang disajikan Doga Kobo fresh dan berwarna. Hal ini sangat terlihat saat semua karakter menampilkan sebuah lagu. Saat adegan ini, Doga Kobo mengandalkan teknik CGI seperti kebanyakan serial anime idol lainnya. Setiap adegan CGI saat performance terlihat alami dan cocok tanpa harus terkesan memaksa.

Verdict untuk Selection Project

Selection Project merupakan serial anime idol yang cukup unik dengan mengambil konsep reality show. Terdapat deretan karakter utama yang colorful dan dapat saling memberi chemistry. Visual dan musik yang disajikan pun ikut menonjol dan menyegarkan. Satu kekurangan dari serial anime ini adalah terkadang ada momen yang seakan tidak mengingatkan konsep kompetisi untuk menjadi idol.

Untuk Selection Project, penulis dapat memberikan total score 8,0.

Selection Project dapat disaksikan di channel YouTube Muse Asia dan Muse Indonesia.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: