Serial Manga Captain Tsubasa Berakhir, Kreator Pensiun

Dimas Galih Putrawan, 10 Januari 2024

Serial Manga Captain Tsubasa Berakhir, Kreator PensiunAnime
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Setelah eksis sebagai manga genre sports paling berpengaruh selama 40 tahun, serial manga Captain Tsubasa akan berakhir April ini. Sang mangaka, Youichi Takahashi, sekaligus mengumumkan dirinya pensiun karena faktor usia dan kesehatan.

Kreator Pensiun, Dua Serial Manga Captain Tsubasa Akan Berakhir

Captain Tsubasa Rising Sun manga

Pertama kali diumumkan melalui Captain Tsubasa Magazine edisi ke-19 terbitan Shueisha, Youichi Takahashi selaku kreator akan pensiun dari serialisasi franchise tersebut. Edisi berikutnya yang akan terbit April akan menjadi terakhir sekaligus menampilkan bab terakhir Rising Sun The Final dan Memories 4: Saikyo Meiwa FC Densetsu.

Takahashi menjelaskan ia mempertimbangkan untuk mengakhiri manga karyanya itu selama beberapa tahun terakhir. Ia menghitung sebanyak 40 tahun ia mampu mengakhiri ceritanya.

Sang mangaka menyebut dirinya memiliki presbyopia, sebuah kondisi di mana matanya kehilangan kemampuan untuk melihat benda terdekat, sehingga sering sekali mengalami pusing. COVID-19, transisi pada metode digital untuk menggambar manga, dan usia lebih dari 60 tahun pun ikut berkontribusi sebagai faktor.

“Alih-alih lanjut menggambar manga hingga batas kemampuan, saya sudah memutuskan untuk menghentikan serialisasi jadi saya bisa menceritakan akhir dari Captain Tsubasa,” ungkapnya dilansir dari The Asahi Shimbun.

Baca juga:

Cerita Akan Berlanjut?

Akan tetapi, Takahashi mempertimbangkan untuk membuat draf storyboard untuk sebuah World Cup Arc terakhir. Tujuannya, kreator lain bisa melanjutkan cerita setelah sang kreator asli pensiun.

Hal ini menunjukkan dirinya masih ingin melanjutkan cerita dari serial manga garapannya itu. Terlebih, Takahashi memberi pernyataan bahwa ia memiliki rencana cerita setelah seri Rising Sun dan juga sebuah bab terakhir.

Serial manga Rising Sun debut pada tahun 2013 di majalah Grand Jump sebelum pindah ke Captain Tsubasa Magazine pada tahun 2020. Serial tersebut menceritakan Tsubasa bertujuan untuk menggiring tim Jepang U-23 mendapatkan medali emas di Olimpiade.

Secara keseluruhan, serial anime dan manga Captain Tsubasa menjadi inspirasi bagi beberapa pemain sepak bola papan atas seperti Lionel Messi. Bab terakhir Rising Sun akan terbit pada April mendatang.

Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: