Trend Anime Isekai, Ini Alasan Logis dan Dark di Baliknya

Vitriana, 23 Agustus 2023

Trend Anime Isekai, Ini Alasan Logis dan Dark di BaliknyaAnime
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, DKI Jakarta – Trend anime isekai sekarang ini menjadi salah saru yang paling populer dan banyak diproduksi. anime isekai menceritakan orang biasa di kehidupan nyata yang berpindah atau ter-reinkarnasi di dunia baru seperti Tensura dan HameFura.

Meskipun memiliki plot yang hampir sama, anime isekai seperti tak kehabisan penonton, mengapa bisa begitu? Berikut alasan logis dan dark dibaliknya!

Isekai Adalah Lembar Kosong yang Beri Harapan

Dalam banyak hal, karakter utama yang ter-isekai baik diteleportasi dan bereinkarnasi akan dapat memulai kembali kehidupan baru mereka.

Mereka bisa memberbaiki kesalahan sebelumnya, menjalin persahabatan baru, dapatkan pekerjaan baru, memplajari sihir, dan banyak lagi.

Dengan kesimpulan bahwa permulaan yang ditampilkan secara tidak langsung memberikan perasaan nyaman tersendiri untuk sebagian penonton.

Anime isekai juga secara tidak langsung memberikan harapan bahwa setiap manusia bisa melakukan ‘reset’ ulang dalam hidup mereka.

Namun dalam beberapa kasus, hal ini justru akan memicu hal baru yang berbahaya seperti perilaku mengurung diri hingga bunuh diri.

Baca juga: 

Contohnya, setahun lalu remaja berusia 15 tahun bernama Taylor Gamboa Arronis yang asal Kosta Rika mengakhiri hidupnya setelah berpesan ingin dipertemukan dengan karakter favoritnya di surga.

Meskipun bukan dalam kasus anime isekai, ini merupakan contoh nyata bahwa harapan yang didapatkan dari menonton anime tak semuanya positif.

Anime Isekai Bentuk Pelarian Tertinggi

anime isekai

Semua bentuk anime isekai mewakili pelarian dari kehidupan nyata, yang mana merupakan bagian dari daya tarik subgenre ini.

Anime isekai memungkinkan penontonya untuk melarikan diri dari kesibukan membosankan kehidupan Bumi biasa mereka dan membayangkan diri mereka dalam posisi karakter utama.

Protagonis isekai yang diteleportasi dan bereinkarnasi biasanya mewakili keinginan penonton untuk meninggalkan dunia nyata yang melelahkan.

Semua anime isekai adalah tentang menjauh dari dunia nyata, tetapi anime isekai reinkarnasi, khususnya, juga biasanya akan menjauhkan dari diri sendiri.

Baca juga: 

Faktor pelarian ini berlipat ganda karena karakter baru tersebut tak hanya meninggalkan dunia aslinya, tetapi juga jati diri aslinya.

Anime isekai reinkarnasi akan benar-benar membunuh karakter utama seseorang, dan melahirkan kembali karakter baru sesuai keinginan mereka yanf ter-reinkarnasi.

Hal ini juga semakin bervariasi dan semakin aneh dari waktu ke waktu, mulai dari laba-laba, slime, bahkan mic dan mesin penjual otomatis serta pedang.

Meskipun begitu pada akhirnya tak ada seorang pun di kehidupan nyata yang bisa terlahir kembali sebagai mesin penjual otomatis ataupun slime.

Itu semua hanyalah fiksi, dan pelarian dari reinkarnasi fisik yang begitu drastis itulah yang membuat anime isekai reinkarnasi begitu menarik & populer bahkan jika itu tak realistis.

Anime isekai dan reinkarnasi juga populer karena mewujudkan keinginan pemirsa untuk mengubah siapa mereka dan bagaimana dunia melihat mereka.

Karena itulan genre ini menjadi bentuk pelarian paling tinggi oleh mereka penyuka anime.

Anime Isekai & Mengapa Penggemar Menyukainya

anime isekai

Ada banyak cerita anime isekai reinkarnasi yang terbaik & populer menunjukkan mengapa pembaca dan pemirsa menyukai jenis fiksi ini.

Sebagai seseorang yang hidup dalah dunia nyata tentunya banyak hal yang mungkin terjadi diluar kendali sebagai manusia.

Dan anime isekai ini menggambarkan bagaimana saat seseorang memiliki kendali penuh atas kehidupannya serta merubahnya semau mereka.

Atas point tersebut penonton kemungkinan akan merasa diberikan harapan baru ‘tak apa menjalani kehidupan sulit, mungkin nantinya akan ter-isekai di dunia yang mereka inginkan’.

Harapan baru tersebutlah yang menjadi pemicu banyaknya orang menyukai anime isekai, meskipun dengan sadar bahwa itu adalah hal yang mustahil.

author avatar
Vitriana
Hanya manusia dengan humor receh dan suka scrolling akun meme.
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: