Cara MOONTON Menjaga Ekosistem Esports dan Tujuan Berikutnya

Maytiska Omar, 4 Juli 2024

Cara MOONTON Menjaga Ekosistem Esports dan Tujuan BerikutnyaEsports
Banner Ads

GAMEFINITY, Jakarta – Esports Mobile Legends: Bang Bang semakin melebarkan sayapnya secara global. Turnamen MSC yang sebelumnya bernama “Southeast Asia Cup” berubah menjadi “Mid Season Cup” sejak tahun ini untuk menjangkau lebih banyak tim dari negara di luar Asia.

Sebelumnya, pertandingan internasional yang diikuti oleh hampir seluruh wilayah di dunia hanya terdapat di M Series. Dengan bertambahnya MSC 2024 memperlihatkan keseriusan MOONTON untuk memperluas Esports MLBB.

Tentunya dengan perluasan ini, MOONTON harus mulai mengatur strategi untuk mengatasi ekosistem dan komunitas mulai berkembang di negara-negara lain. Melihat mereka berhasil menjaga keduanya di Indonesia dan Filipina, bahkan sekarang mulai merambah ke Malaysia.

Lokalisasi dan Konten Jadi Hal Penting Untuk Menjaga Ekosistem Esports MLBB

MLBB
MOONTON berusaha untuk melakukan lokalisasi ke tiap wilayah dan membuat konten sebagai salah satu bentuk menjaga ekosistem esports. (Sumber: istimewa)

Pada wawancara untuk menyambut MSC 2024, Selasa (2/7) yang bertajuk “A Numbers Game: Charting the MSC’s Growth”. Ray Ng, Head of Ecosystem at MOONTON Games, menjawab pertanyaan seputar menjaga ekosistem Esports MLBB yang sekarang ini sudah menjadi lebih besar.

Diawali dengan lokalisasi, sebuah starategi yang baik dari MOONTON karena tak hanya bagi komunitas, tetapi juga untuk Game itu sendiri. MLBB sendiri memiliki beberapa Bahasa di dalam gim, seperti Indonesia, Inggris, dan lain-lain.

“Kami berhasil melakukannya di Asia tenggara sehingga dapat menjadi studi kasus yang sangat baik bagi industry (Game). Oleh karena itu, kami meneruskannya ke Esports dan semua tim membantu untuk lokalisasi. Hampir seluruh Channels (media sosial) menggunakan Bahasa mereka sendiri,” tutur Ray.

Baca juga:

Menurutnya, kebanyakan orang-orang di Asia Tenggara masih lebih nyaman menggunakan Bahasa lokal, baik untuk mengobrol maupun membaca. Karena itu, penting bagi mereka untuk terus melanjutkannya. Bahkan sekarang mulai diaplikasikan di negara di luar dari Asia Tenggara, seperti Eropa Timur dan MENA.

Selain lokalisasi, konten juga sangat penting karena dapat menarik Audience untuk mengenal Esports Entertainment. Tentunya juga harus diiringi dengan perkembangan dari gim itu sendiri agar semakin banyak yang tertarik.

Tujuan MOONTON Berikutnya dalam Ranah Esports MLBB

Selain menjaga ekosistem yang telah mereka bentuk selama ini dan membangun yang baru di luar Asia Tenggara. MOONTON tentunya tak boleh puas dengan pencapaian tersebut. Ada banyak tiga hal yang menjadi tujuan mereka berikutnya, yaitu globalisasi, konten, dan Grassroot.

“Saya pikir hal yang paling penting adalah 3 pilar strategis yang kita miliki selama dua tahun terakhir, globalisasi, kedua adalah konten tentang Storytelling dan Grassroot. Semua strategi yang berjalan masih sangat berguna,” ungkap Ray.

Untuk globalisasi, MOONTON masih berusaha untuk memperluas jangkauannya ke negara-negara lain. Untuk konten, mereka punya tim internal untuk konten yang berusaha sangat keras untuk mengeluarkan cerita, Storyline, dan dapat dipastikan membuat cerita yang sangat bagus untuk diikuti oleh semua komunitas.

Terakhir, Grassroot, walaupun baru dimulai, seperti MICC. Mereka berpikir itu sebuah awalan yang baagus. Namun, masih banyak yang bisa dilakukan, seperti intergasi yang lebih dalam untuk platform tersebut. Saat ini pun mereka masih berusaha untuk bekerja keras untuk 3 pilar tersebut.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: