Sanksi Riot untuk Para Cheater di Valorant

Maytiska Omar, 23 Januari 2024

Sanksi Riot untuk Para Cheater di ValorantEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sanksi Riot Games sangat tegas kepada pro player yang melakukan cheat. Terbukti pada kasus yang baru saja terjadi di VALORANT North America, Malibu dan Summertime yang melakukan cheat pada GC 3.

Pada Rabu (17/1), Riot Games lewat situs webnya mengeluarkan pernyataan keputusan untuk Madelyn ‘Malibu’ Campos dan James ‘Summertime’ Edwards. Kedunya diketahui bekerjasama untuk menggunakan cheat pada turnamen VCT Game Changers III.

Malibu secara permanen dilarang keras untuk bergabung dengan tim manapun yang ikut dalam turnamen resmi Riot. Hal ini dikarenakan ia melanggar beberapa peraturan yang fatal, yakni informasi palsu, bermain menggunakan akun player lain, dan menggunakan hardware yang dilarang oleh tim Anti-cheat Riot.

Untuk Summertime, sanksinya sedikit lebih ringan yaitu dilarang untuk terasosiasi dengan tim manapun dalam kompetisi yang disetujui Riot selama satu tahun. Hal ini dikarenakan ia dalam situasi ini bergerak hanya sebagai pembantu Malibu dengan memberikan foto palsu dari Madelyn. Selain itu, juga membantu memberikan informasi palsu untuk verfikasi AnyKey.

Sanksi Riot Kasus Malibu dan Summer dalam GC 3

Sanksi Riot pada Cheater
Riot mengumumkan bahwa adanya player dari tim Noot Noot yang melakukan cheat pada GC 3

Pada VCT Game Changers Seri III, adanya tuduhan bahwa tim Noot Noot menggunakan cheat dalam pertandingan melawan Complexity GX3. Kemudian, Riot menelusuri tuntutan tersebut dan menyatakan bahwa Noot Noot memang melakukan kecurangan.

Setelah itu, tim tersebut didiskualifikasi dan tidak dapat maju ke babak selanjutnya. Sejak saat itu, mereka menggali lebih dalam kecurangan tersebut. Mulai dari mengumpulkan bukti hingga mewawancarai satu persatu anggota Noot Noot.

Baca juga: 

Riot tim menemukan cara bagaimana Malibu dan Summer dapat lolos dari sistem anti-cheat mereka. Ternyata, Summer memberikan verifikasi palsu kepada AnyKey. Selain itu, ia juga menyerahkan foto profil Madelyn yang merupakan hasil dari AI generated.

Malibu melanggar 4 pasal yang terdapat dalam peraturan Game Changers, yaitu Art. 17.2.7 (Ringing), Art. 7.1.14 (User Rules), Art. 17.6 (False Information), dan Art. 7.1.7 (User Rules). Sementara itu, Summertime hanya menyalahi satu peraturan, Art. 17.6 (False Information).

Anggota lainnya, seprti xann, mili, dan Karie tidak mengetahui hal tersebut sehingga mereka terbebas dari hukuman.

Dalam kasus cheating ini, salah satu tim mendapatkan kerugian. Sehari sebelum melawan GX3, tim Noot Noot bertanding dengan Disguised Toast. Mereka adalah salah satu tim yang kuat dalam Game Changers.

Namun, mereka kalah dalam melawan tim yang melakukan kecurangan tersebut dan tidak dapat melanjutkan ke babak berikutnya.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: