BUat Bangga! 5 Game Buatan Indonesia Terbesar Tahun 2023

Dimas Galih Putrawan, 27 Desember 2023

BUat Bangga! 5 Game Buatan Indonesia Terbesar Tahun 2023Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Tahun 2023 menjadi momen menarik bagi berbagai game buatan Indonesia. Berbagai developer lokal berhasil menyajikan gamegame yang tidak kalah berkualitas dengan tema beragam dibandingkan dengan game dari negara lain. Banyak di antaranya berhasil menarik peminat dari skala lokal dan internasional.

Tidak heran industri game di Indonesia bisa dikatakan mengalami perkembangan sangat pesat. Kemudahan akses internet dan minat milenial serta gen-Z untuk mengakses game lokal dan legal pun bertambah. Oleh karenanya, banyak game Indonesia sangat berhasil mencuri perhatian di negerinya sendiri.

Gamefinity.id telah memilih lima game lokal yang sukses mencuri perhatian terbesar sepanjang tahun 2023. Berikut adalah lima game buatan Indonesia terbesar pada tahun 2023.

Coffee Talk Episode 2: Hibiscus & Butterfly

Game buatan Indonesia Coffee Talk 2

Saat Coffee Talk besutan Toge Productions rilis pada tahun 2020, bisa dibilang momen ini menjadi breakthrough bagi industri game Indonesia untuk menembus pasar global. Game visual novel ini memiliki konsep sederhana sebagai game santai namun adiktif. Sekuelnya, Coffee Talk Episode 2. Hibiscus & Butterfly berhasil mempertahankan daya tarik dari pendahulunya.

Masih sama dengan pendahulunya, visual novel ini berlatar di sebuah coffee shop di sebuah dunia di mana berbagai makhluk benar-benar ada. Elemen baru dari mekanik, karakter, hingga menu minuman mengekpansi naratif cerita dan gameplay menjadi tetap segar. Sekuel dari Coffee Talk ini tetap menjadi cozy game yang penuh kenikmatan.

Rendezvous

Game buatan Indoensia Rendezvous

Dibesut oleh Pendopo Creations, Rendezvous merupakan game side-scrolling adventure yang berlatar di Surabaya versi cyberpunk pada masa depan. Menggunakan grafik pixel, game ini memiliki visual yang sangat memanjakan mata. Tidak lupa terdapat berbagai elemen lokal terselip pada ceritanya.

Berbicara tentang cerita, naratif dalam game ini terkesan unik dan menjadi salah satu elemen terkuat dari Rendezvous. Puzzle-nya pun sangat menantang dan bervariasi sehingga tidak membuat bosan.

Coral Island

Game buatan Indonesia Coral Island

Rilis sebagai early access pada Oktober 2022, Coral Island merupakan game besutan Stairway Games yang resmi rilis pada November 2023. Game ini mengambil genre farm sim dan mungkin mengingatkan pada Harvest Moon atau Stardew Valley, tetapi Coral Island memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik.

Sebagai game buatan Indonesia, terdapat elemen budaya lokal yang terselip seperti balap karung sebagai salah satu minigame. Visual 3D-nya sangat terpoles. Tetapi hal yang membedakannya dengan game farm sim sejenis adalah cerita bertema lingkungan hidup. Pemain tidak hanya harus sekadar berkebun dan berternak, tetapi juga mengembalikan reputasi kota dengan membersihkan terumbu karang di dasar laut, membantu memperluas museum, dan memulihkan situs warisan.

Troublemaker

Game buatan Indonesia Troublemaker

Troublemaker merupakan game buatan Indonesia yang juga berhasil mengejutkan netizen, terutama kalangan gamer internasional. Dibesut oleh Gamecom Team, game ini mengambil genre beat ‘em up dan tampak terinspirasi dari game segenre seperti Yakuza dan Bully.

Mengambil konsep cerita siswa SMA, Troublemaker bukan sekadar menceritakan siswa yang bermasalah karena sering bertarung. Sekolah yang diceritakan justru menggelar kompetisi bertarung dengan hadiah bantuan dana bagi pemenang hingga mendapat pekerjaan. Alur ceritanya disajikan dengan padat. Begiu pula dengan grafis, mekanik, dan kontrolnya sehingga membuat game ini sangat adiktif.

Baca juga:

A Space for the Unbound

Game buatan Indoensia A Space for the Unbound

Tentu banyak dari netizen menganggap A Space for the Unbound sebagai game buatan Indonesia terbesar pada tahun 2023. Memang tidak salah lagi, game besutan Mojiken Studio dan Toge Productions ini berhasil memukau kritikus dan pemain berkat penceritaannya yang menyentuh serta mengharukan. Penggambaran karakter dan atmosfer dalam naratifnya pun terasa otentik serta mengundang nostalgia.

Berkat penceritaannya yang mendapat respon positif, A Space for the Unbound mendapat nominasi Games for Impact di The Game Awards 2023. Walau kemudian kalah dari Tchia dalam kategori tersebut, game adventure tersebut sekali lagi menjadi bukti game buatan Indonesia bisa eksis dalam pasar internasional.

Itulah 5 game buatan Indonesia terbesar pada tahun 2023.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: