Alasan Kenapa Genre JRPG dan RPG Dibedakan

Wahyu Nur Iman, 26 September 2023

Alasan Kenapa Genre JRPG dan RPG DibedakanGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, PATI – Genre RPG (Role-playing Game) adalah genre yang memungkinkan pemain untuk berperan sebagai karakter dalam dunia fiksi. Selain itu, pemain biasanya memiliki kontrol atas keputusan dan tindakan karakter tersebut. Dalam genre RPG, terdapat perbedaan yang signifikan antara RPG Barat (Western RPG) dan JRPG (Japanese RPG). Perbedaan ini mencakup segi cerita, gaya gameplay, dan elemen budaya yang mencirikan masing-masing subgenre.

Gaya Narasi yang Berbeda

Salah satu perbedaan paling mencolok antara JRPG dan RPG adalah gaya narasi yang berbeda. JRPG cenderung menonjolkan cerita yang lebih linear dan sering kali lebih fokus pada karakter dan hubungan antar karakter. Cerita dalam JRPG sering memiliki unsur-unsur seperti kisah pahlawan, pertempuran melawan kejahatan, dan tema-tema yang mendalam seperti persahabatan dan pengorbanan.

JRPG
Game Tales of Arise

Sebaliknya, RPG Barat cenderung menekankan pada kebebasan pemain dalam memilih jalannya cerita. Pemain sering memiliki kendali lebih besar dalam membuat keputusan yang memengaruhi alur cerita, menciptakan pengalaman yang lebih terbuka dan non-linear.

Gaya Grafis yang Berbeda

JRPG
Game The Witcher 3

JRPG sering memiliki gaya grafis yang lebih terkait dengan anime dan manga, dengan karakter yang memiliki penampilan unik. Ini memberikan JRPG sentuhan budaya Jepang yang khas. Di sisi lain, RPG Barat lebih sering menggunakan gaya grafis yang realistis atau semi-realistis, dengan desain karakter yang cenderung lebih mirip dengan orang-orang nyata.

Baca Juga:

Sistem Pertarungan yang Berbeda

JRPG
Game Persona 5 Royal

Sistem pertarungan dalam JRPG dan RPG Barat juga sering berbeda. JRPG cenderung menggunakan sistem pertarungan berbasis giliran (turn-based) di mana pemain dan musuh bergantian dalam melakukan aksi. Meski begitu, beberapa game JRPG telah move on dan mencoba mengadaptasi system real-time action seperti yang dilakukan Final Fantasy. Sementara itu, RPG Barat sudah sangat erat dengan pertarungan real-time di mana pemain harus mengambil tindakan dengan cepat dalam situasi yang dinamis.

Baca Juga:

Pengaruh Budaya

Perbedaan ini tidak lepas dari pengaruh budaya yang mencirikan masing-masing subgenre. JRPG sering mencerminkan nilai-nilai dan mitologi Jepang, sementara RPG Barat cenderung mencerminkan budaya Barat, termasuk mitologi Eropa dan Amerika serta tema-tema seperti individualisme dan eksplorasi.

Meskipun keduanya memiliki daya tarik dan ciri khasnya sendiri, pemain sering memiliki preferensi yang kuat tergantung pada jenis cerita, gameplay, dan gaya grafis yang mereka sukai. Pada akhirnya, perbedaan ini hanya menambah keragaman dalam dunia permainan.

Kalian lebih suka yang mana? JRPG atau WRPG? Jangan lupa ikuti akun resmi Gamefinity di FacebookInstagram, dan TikTok. Nikmati juga kemudahan top up dan  voucher games kesayangan kalian dengan harga murah di Gamefinity.

author avatar
Wahyu Nur Iman
Manusia biasa yang bisa ditemui dimana sja
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: