Apex Legends: Mengenal Karakter Catalyst, Guide Gameplay

Dimas Galih Putrawan, 28 November 2023

Apex Legends: Mengenal Karakter Catalyst, Guide GameplayGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung Catalyst merupakan legend defensive yang pertama kali muncul di Apex Legends Season 15. Mengambil class Controller saat ini, sosok hero bernama asli Tressa Crystal Smith itu memiliki toolkit defensive untuk akses perangkap di dalam dan luar ruangan untuk mengacaukan tim musuh.

Tressa Crystal Smith berasal dari Boreas dan memiliki minat sihir, ritual bulan, dan pembacaan bola kristal. Ia pun pergi ke Cleo, bulan planet Boreas, untuk membantu kru memperbaiki terraforming di sini. Ia mulai mempelajari ferrofluid.

Ketika Apex Games mulai mengancam, Tressa memilih untuk berpartisipasi sebagai Catalyst. Ia berencana untuk menggunakan hadiah uang tunai demi membantu keluarga.

Mengenal Ability Catalyst di Apex Legends

Passive Ability: Barricade

Apex Legends Catalyst Barricade

Catalyst bisa menggunakan ferrofluid untuk membuat Barricade pada pintu dan menutup akses bagi musuh untuk keluar dan menuju safe zone. Ia juga bisa menutup akses terbuka di mana sebuah pintu rusak.

Terdapat maksimal dua pintu yang bisa dilengkapi dengan Barricade. Pintu yang diperkuat Barricade dapat hancur dengan empat kali serangan melee, sementara ferrobarrier dapat musnah dengan dua kali. Barricade juga dapat dihancurkan oleh granat musuh.

Baca juga: 

Tactical Ability: Piercing Spikes

Apex Legends Catalyst Piercing Spikes

Piercing Spikes merupakan Tactical Ability milik Catalyst di mana ia akan melempar ferrofluid yang membentuk perangkap duri di permukaan Karena Catalyst tidak terpengaruh dengan ferrofluid, ia bisa mengubah area dengan Piercing Spikes menjadi perangkap mematikan bagi musuh.

Ability ini memiliki cooldown kurang lebih 25 detik dan akses dua charge untuk mengeluarkan 3 ferrofluid sebagai Piercing Spikes dalam jarak 30 meter. Perangkap ini memilki core dengan 300 HP yang muncul saat musuh sudah mendekat hingga 10 meter. Piercing Spikes memiliki multifungsi sebagai offensive dan defensive

Ultimate Ability: Dark Veil

Apex Legends Catalyst Dark Veil

Memanfaatkan fleksibilitas ferrofluid, Catalyst memiliki Ultimate Ability berupa Dark Veil. Dark Veil adalah dinding ferrofluid dengan tinggi 8 meter dan lebar 8 meter. Jika musuh melewati Dark Veil, pergerakan mereka akan melambat sekaligus terbutakan pandangannya untuk sementara waktu.

Ability ini akan aktif selama 30 detik dan memiliki cooldown 2 menit. Akan tetapi, Dark Veil bukan dinding yang sesungguhnya, maka ability lain dan peluru tidak akan tertangkis. Catalyst dapat menggunakannya agar musuh terpaksa mundur. Timnya bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan healing atau revive.

Baca juga:

Kombinasi yang Cocok dengan Catalyst di Apex Legends

Bagi pemain dengan playstyle defensive, terutama yang menyukai memasang perangkap, Catalyst menjadi legend yang cocok untuk dimainkan di Apex Legends. Ia memiliki ability yang bisa memasang perangkap bagi musuh. Spike Trap mampu memicu damage bagi musuh secara AoE, sementara Dark veil dapat dijadikan sebagai mini-shield. Untungnya, Catalyst sendiri imun dari perangkap yang dibuatnya. Saat menggunakan ability, hindari menjadikan Catalyst dari tim musuh sebagai target.

Setiap perangkap oleh Catalyst memiliki warna berdasarkan pemain. Jika ia berada di tim, seluruh ability ferrofluid akan memiliki aura berwarna biru. Sebaliknya, ability ferrofluid Catalyst tim musuh akan berwarna merah jingga.

Untuk memaksimalkan potensinya, berikut adalah kombinasi yang cocok dengan Catalyst di Apex Legends:

  • Bangalore dan Valkyrie: Ability Bangalore dan Catalyst bisa dimanfaatkan untuk berlindung dari serangan musuh saat situasi rumit. Ability smoke milik Bangalore bahkan mampu teruntungkan untuk membunuh musuh tanpa harus terlihat. Ultimate milik Valkyrie memiliki kemampuan udah berpindah dengan cepat sekaligus menyerbu musuh dari atas.
  • Gibraltar dan Newcastle: Untuk menghindari death, komposisi tim dengan Gibraltar dan Newcastle memiliki potensi besar. Gibraltar memiliki kemampuan melindungi timnya saat harus mencari tempat berlindung lebih baik. Dark Veil Catalyst mampu mencegah musuh untuk melihat arah tim melarikan diri. Sementara Newcastle bisa memindahkan rekan yang telah down sambil melakukan revive.
  • Caustic dan Wraith: Catalyst dengan Caustic dan Wraith disebut-sebut sebagai komposisi tim klasik untuk mengundang chaos bagi musuh dalam perangkap. Portal Wraith diandalkan dalam memancing musuh untuk masuk ruangan penuh gas Caustic. Begitu masuk, Caustic harus memblokir portal dan mencegah musuh kabur. Catalyst bisa menaruh Piercign Spikes di lantai dan memastikan semua pintu sudah terblokir oleh Barricade, membuat kombinasi serangan mematikan tanpa harus menembak.
author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: