Apex Legends: Mengenal Karakter Newcastle, Guide Gameplay

Dimas Galih Putrawan, 25 Oktober 2023

Apex Legends: Mengenal Karakter Newcastle, Guide GameplayGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung Newcastle merupakan legend support yang diperkenalkan pada season 13 dari Apex Legends. Ia terkenal dengan toolkit defense-nya yang kuat, membuatnya berperan sebagai tank sekaligus pelindung beberapa legend. Saat digunakan dengan tepat, ia dapat memaksimalkan pertahanan tim dari pertahanan musuh.

Karakter ini sebenarnya merupakan saudara dari Anita Williams alias Bangalore, yaitu Jackson Williams. Ia merupakan mantan tantara IMC yang menolek perintah saat ia tahu sudah kalah dalam sebuah misi. Ia mengabaikan saudarinya demi menyelamatkannya sekaligus. Tidak hanya itu, ia sekaligus membuat dunia mengira dirinya sudah tewas.

Setelah itu, ia menggunakan nama palsu Lamont Craig saat tinggal di Harris Valley. Sebagai Lamont Craig, Williams menjadi sosok ayah dua anak dan juga mekanik untuk pahlawan Harris Valley yang juga bernama Newcastle. Identitas asli dari pahlawan itu merupakan seorang pria bernama Rene.

Putus asa setelah gagal berpartisipasi di Apex Games 40 kali, Rene menjual Harris Valley pada sebuah gang bernama Forgotten Families demi membayar utang. Ia kemudian terbunuh tanpa sempat lolos ke Apex Games.

Williams menjadi saksi pembunuhan tersebut dan menghentikan anggota gang tersebut. Kemudian, ia mengambil identitas Newcastle dari Rene dan berupaya untuk membayar utangnya, yaitu dengan berpartisipasi di Apex Games. Ia pun bertemu Bangalore alias Anita Williams kembali. Anita pun tahu identitas Newcastle yang ia temui adalah sang saudara, Jackson Williams.

Daftar Ability Newcastle di Apex Legends

Passive Ability: Retrieve the Wounded

Apex Legends Newcastle Retrieve the Wounded

Ability khas Newcastle sebagai defender di Apex Legends adalah Retrieve the Wounded. Passive Ability itu membuatnya mampu memindahkan rekan yang downed atau jatuh sambil melakukan revive. Newcastle akan menggunakan Revive Shield demi melindungi rekan yang sedang ia hidupkan kembali itu dari serangan musuh.

Namun, ia menggunakan Knockdown Shield-nya sebagai tenaga dari Revive Shield tersebut. Untungnya, shield tersebut me-recharge saat tidak digunakan.

Tactical Ability: Mobile Shield

Apex Legends Newcastle Mobile Shield

Mobile Shield menjadi salah satu ability terbaik milik Newcastle. Tactical Ability ini membuatnya mampu meluncurkan drone sebagai pelindung. Drone tersebut dapat melindungi dirinya dan rekan tim di sekitar.

Ability ini akan aktif selama 20 detik atau hingga hancur. Cooldown-nya berdurasi 15 detik. Shield ini dapat meluncur hingga 25 meter dan memicu 20 damage jika terkena musuh, Ditambah, terdapat 500 HP untuk komponen atas dan bawah. Shield ini bisa menghentikan serangan agresif musuh, terutama close-quarter combat.

Ultimate Ability: Castle Wall

Apex Legends Newcastle Castle Wall

Ultimate-nya, Castle Wall, menjadi bentuk pertahanan bagi Newcastle yang sangat menguntungkan tim jika digunakan secara efektif. Ia akan melompat ke depan untuk menghantam tanah dengan keras dan membuat sebuah Shield dinding besar. Shield tersebut dapat melindungi dirinya dan rekan tim.

Castle Wall memiliki sembilan segmen dengan masing-masing 750 HP. Ditambah, musuh akan terkena stun dengan damage kecil jika terkena. Cooldown ability ini berdurasi 2 detik. Membidik ability ini pada rekan tim bisa membuat dirinya melompat lebih tinggi dan jauh sekaligus membuat proteksi cepat. Patut diingat, lokasi bidikan untuk mengeluarkan Castle Wall sangat penting. Pasalnya, Wall yang efektif bukan sekadar sebagai pelindung dari tembakan, tetapi juga dapat menjadi penghalang bagi musuh untuk melompat atau melarikan diri.

Baca juga:

Kombinasi yang Cocok untuk Newcastle di Apex Legends

Sebagai legend support, Newcastle memiliki keunggulan yang menguntungkan bagi pertahanan tim. Ia bisa membantu rekan tim agresifnya untuk berlindung atau segera diselamatkan setelah downed. Asalkan penggunaan setiap ability yang efektif, ia bisa menghentikan serangan agresif dari musuh.

Sayangnya,  Newcastle takkan berguna jika rekannya yang sudah mencapai 0 HP harus di-revive di Respawn Beacon atau masa Ally banner sudah habis. Ditambah lagi, ability defense-nya sangat berbasis arah, membuatnya cukup rapuh pada flank dan beberapa Ultimate Ability yang bisa mengacaukan tim, terutama melempar granat di belakang Shield atau menyelinap dari belakang.

Mengingat ability defensive-nya yang menguntungkan, ia bisa dikombinasikan dengan hampir semua legend. Akan tetapi, terdapat kombinasi terbaik yang bisa memaksimalkan potensi ability-nya sebagai berikut:

  • Bangalore dan Lifeline: Kombinasi Newcastle dengan Bangalore dan Lifeline memiliki keuntungan jika ingin berfokus bertahan hidup hingga round terakhir setiap match. Bangalore bisa menggunakan Smokescreen sebagai pelindung bagi Newcastle dan Lifeline yang juga menggunakan ability masing-masing tanpa perlu tertekan selama pertarungan. Lifeline bisa melakukan healing atau revive, sementara Newcastle dapat melindungi tim dari musuh.
  • Bangalore dan Crypto: Lifeline dapat diganti dengan Crypto. Melihat dari ability drone-nya, Crypto mampu mengumpulkan informasi tentang keberadaan musuh selama match. Bangalore dan Newcastle masing-masing memiliki ability yang bisa bermanfaat saat endgame dengan Smokescreen dan Castle Wall. Ultimate Ability Crypto bahkan mampu menghancurkan shield milik musuh, membuat komposisi tim ini begitu kuat saat endgame.
author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: