Apex Legends: Mengenal Karakter Rampart, Guide Gameplay

Dimas Galih Putrawan, 5 September 2023

Apex Legends: Mengenal Karakter Rampart, Guide GameplayGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung Rampart merupakan Legend Controller di Apex Legends yang juga terkenal dengan role pseudo-defensive-nya. Semenjak pertama kali diperkenalkan pada season 6, ia menjadl salah satu Legend yang kurang populer di kalangan pemain, umumnya karena kit­-nya kebanyakan defensive. Meski begitu, toolkit-nya bisa mengubah posisi defensive apapun menjadi tempat mematikan, apalagi jika dikombinasikan dengan Legend agresif lainnya.

Ramya Parekh atau Rampart merupakan seorang pemilik bisnis swasta berkerah biru, yaitu modding shop di Gaea. Sebelum mendirikan bisnis, ia membesarkan namanya di dunia gauntlet gerilya dengan menggunakan gear custom-modded-nya.

Rampart tidak pernah malu untuk berkata jujur pada setiap orang, termasuk membanggakan betapa hebat dirinya dan mengolok-olok seseorang. Hal itu kemungkinan memicu para penyerang menyergap dan membakar modding shop-nya. Kehilangan bisnis, ia ternyata menemukan sebuah Apex Card. Baginya, Apex Card bukan sekadar undangan untuk ikut berkompetisi, melainkan juga pertanda awal baru untuk meraih sebuah kejayaan baru.

Mengenal Ability Rampart di Apex Legends

Passive Ability: Modding Loader

Apex Legends Rampart Modded Loader

Melakukan modding menjadi hal favorit bagi Rampart. Itulah mengapa Modding Loader menjadi Passive Ability-nya. Jika melihat lebih dekat, ability ini terdengar membosankan, tapi bisa sangat berguna. Deskripsinya juga hanya sederhana, yaitu ability ini hanya menambah ukuran magazine hingga 15 persen dan mengurangi waktu reload hingga 25 persen saathmenggunakan LMG.

Ability ini membuatnya cukup mematikan saat ia memiliki Rampage atau Spitfire misalnya. Lebih menariknya lagi, L-Star menjadi senjata yang bisa menjadi rekomendasi dalam mengandalkan Passive Abbility ini. Modded Loader bisa berdampak pada cooldown dari fitur overheat L-Star, berarti ia bisa menembakkannya beberapa kali lebih banyak sebelum senjata itu overheat dan mengurangi waktu cooldown.

Tactical Ability: Amped Cover

Apex Legends Rampart Amped Cover

Amped Cover menjadi toolkit terpenting bagi Rampart. Tactical Ability membantunya untuk men-deploy sebuah dinding berlindung berukuran setengah badan yang kemudian akan meningkat tingginya dalam tiga detik pertama. Cover ini memiliki 120 HP saat ter-deploy sebelum kemudian berubah menjadi 400 HP untuk bagian bawah dan 175 HP untuk bagian atas yang berwarna oranye.

Ability ini memiliki cooldown 20 detik per charge-nya, Rampart juga hanya bisa menggunakan maksimal tiga kali charge untuk ability ini. Jika mengambil cover yang belum terkena damage, ia dapat recover satu charge. Gunakan Amped Cover pada sudut tertentu untuk memaksimalkan pertahanan. Jika belum terdapat kesempatan berlindung terbatas, deploy dua Ampred Cover saling berhadapan agar mendapat kesempatan untuk berlindung.

Sebaiknya pemain menggunakan Amped Cover untuk umpan agar musuh hanya bisa berfokus menembaknya.

Baca juga:

Ultimate Ability: Mobile Minigun “Sheila”

Apex Legends Rampart Sheila

Hal yang paling menarik untuk Rampart adalah ia mendapat senjata ketiga sebagai Ultimate Ability-nya, yaitu Mobile Minigun “Sheila”. Terlebih, tidak semua Legend di Apex Legends yang mendapat senjata ketiga untuk membantu timnya. Saat menggunakan Sheila, ia akan berjalan sedikit lambat, menjadikannya cocok untuk menyerang musuh secara diam-diam.

Ability ini memiliki cooldown 2 menit. Sheila memiliki 173 peluru yang memiliki DPS cukup tinggi (terutama saat menembaknya melalui Amped Cover). Rampart juga bisa menjatuhkan minigun itu sebagai turret dan membiarkan rekan tim menggunakannya dengan peluru tanpa batas, tapi ia tidak bisa mengambilnya kembali. Ia bisa mendapat satu lagi begitu Ultimate-nya sudah ter-recharge penuh. Akurasi Sheila awalnya sangat jelek namun meningkat saat memanas, menjadikannya senjata mematikan.

Sebagai senjata, Sheila memiliki perk unik yang tidak dimiliki lainnya. Sheila bisa digunakan untuk menghancurkan pintu atau diletakkan di bagian belakang kendaraan Trident.

Rekomendasi Legend untuk Kombinasi Rampart di Apex Legends

Rampart bisa membantu tim dengan perlindungan defensive jika sedang diserang musuh. Amped Cover-nya cukup berguna tapi membutuhkan waktu lama untuk ter-deploy. Hal yang sama juga berlaku untuk Ultimate-nya, Sheila. Saat menggunakannya, Tactical dan Ultimate tetap wajib menjadi fokus, maka pemain harus memastikan untuk mencari sudut bagus agar membangun pertahanan yang kuat dalam pertarungan.

Dalam combat, Rampart sangat ahli dalam pertarungan jarak menengah hingga jauh. Amped Cover-nya tidak terlalu cocok saat situasi close quarter combat. Terlebih, ia dapat menjadi andalan saat ring semakin mengecil saat match sama seperti Legend defensive lainnya. Terlebih, sebagai Legend Controller, ia bisa menggunakan Ring Console agar mendapat kesempatan untuk melihat lokasi Ring berikutnya.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah Legend yang cocok menjadi kombinasi bagi Rampart di Apex Legends:

  • Wattson dan Caustic: Kombinasi Rampart dengan Wattson dan Caustic menjadi sempurna bagi pemain yang ingin mengandalkan defense. Ketiganya memiliki ability untuk menghalangi akses gedung pada lawan dengan defense yang kuat. Kombinasi ini ideal bagi pemain yang tidak ingin terlalu chaos saat menjadi incaran musuh. Terlebih, Wattson memiliki Ultimate yang bisa memblokir granat dan Ultimate milik musuh. Sementara Caustic memiliki Tactical yang membuatnya mampu memasang perangkap gas beracun untuk musuh.
  • Wattson dan Valkyrie: Alternatifnya, Caustic dapat diganti dengan Valkyrie dan dikombinasikan bersama Wattson serta Rampart. Mereka bisa mencari posisi bertahan terbaik di ring. Valkyrie bisa menggunakan Survey Beacon-nya untuk menemukan ring berikutnya dan menggunakan Ultimate miliknya demi menemukan posisi terbaik.
  • Loba dan Wraith: Loba dan Wraith bisa menjadi kombinasi yang cocok untuk Rampart bagi yang ingin mengincar situasi dan tempat terbaik pada endgame. Alih-alih berkeliling untuk melakukan loot, Loba bisa menggunakan Black Market Boutique-nya untuk menyediakan item yang diinginkan saat akhir. Rampart bisa menggunakan Ring Console-nya pada awal game, ia juga bisa menggunakan Amped Cover untuk menghalangi jalan masuk bagi musuh. Terakhir, Wrait bisa menggunakan portalnya agar seluruh rekan tim bisa melarikan diri secara aman jika dalam tekanan dari ancaman musuh.
author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: