Asal Usul Kontroler PlayStation Menggunakan 4 Simbol Shapes

Madddpsy, 29 Agustus 2023

Asal Usul Kontroler PlayStation Menggunakan 4 Simbol ShapesGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1994, kontroler PlayStation telah menjadi salah satu ciri khas dari konsol game PlayStation. Salah satu aspek yang paling mencolok dari kontroler ini adalah empat simbol bentuk yang terletak di bagian kanan atasnya, yaitu segitiga, lingkaran, silang, dan kotak. Keempat simbol ini telah menjadi simbol ikonik dalam industri permainan.

Asal Usul Simbol Kontrol PlayStation

Asal Usul Kontroler PlayStation Menggunakan 4 Simbol Shapes

Asal usul simbol-simbol ini sebenarnya tidak sepenuhnya jelas dan masih menjadi misteri bagi banyak orang. Namun, ada beberapa teori yang beredar mengenai asal usulnya. Salah satu teori yang sering dibicarakan adalah bahwa desain ini terinspirasi oleh kartu permainan, seperti kartu poker.

Dalam kartu poker, terdapat simbol-simbol seperti hati, sekop, wajik, dan keriting. Konsep ini kemungkinan diadaptasi oleh Sony untuk menciptakan simbol bentuk PlayStation yang sekarang kita kenal.

Baca Juga:

Keempat Simbol yang Punya Arti dan Fungsi Tersendiri

Asal Usul Kontroler PlayStation Menggunakan 4 Simbol Shapes

Keempat simbol ini memiliki makna yang berbeda dalam konteks penggunaan kontroler PlayStation. Misalnya, segitiga sering digunakan sebagai tombol aksi yang dikhususkan atau untuk berpindah antara persfektif karakter dalam game.

Lingkaran umumnya digunakan sebagai tombol konfirmasi atau sebagai “Ya”, sementara dengan silang digunakan sebagai tombol pembatalan atau maksud “Tidak.” Kotak seringkali digunakan untuk melakukan action atau tugas tertentu dalam permainan, seperti menyerang atau mengambil objek.

Meskipun asal usulnya mungkin tetap menjadi misteri, tidak ada yang bisa meragukan bahwa simbol bentuk PlayStation telah menjadi salah satu identitas merek yang paling kuat dalam industri permainan.

Desain kontroler PlayStation dan simbol-simbolnya telah mengalami beberapa perubahan secara minor selama bertahun-tahun, tetapi fungsi dasar desainnya tetap sama sejak awal, menciptakan kontinuitas yang dikenal oleh banyak pemain di seluruh dunia.

Selain memiliki arti dan fungsi, simbol ini sebagai sebuah simbolik atau brand ikonik untuk PlayStation sendiri, menjadi daya tarik dan identitas.

Ketika seseorang melihat kontroler PlayStation dengan empat simbol ini, mereka tahu dengan pasti bahwa mereka berurusan dengan salah satu dari merek permainan yang paling ikonik dan sukses dalam sejarah.

Update informasi menarik lainnya seputar game dan anime hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Madddpsy
Just a person who is looking for who he is
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: