Ayaneo Next Lite Jadi Handheld Non-Valve yang Pakai SteamOS

Dimas Galih Putrawan, 15 Januari 2024

Ayaneo Next Lite Jadi Handheld Non-Valve yang Pakai SteamOSGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Ayaneo, perusahaan yang terkenal dengan produk PC gaming handheld-nya, membuat gebrakan baru saat CES 2024! Produk terbarunya, Ayaneo Next Lite, menjadi pesaing langsung Steam Deck. Lebih mengejutkan lagi, Next Lite akan menjadi PC handheld non-Steam Deck pertama yang menjalankan SteamOS.

Ayaneo Next Lite, Kompetitor Steam Deck Pertama yang Jalankan SteamOS

Ayaneo Next Lite 1

Melalui laman resminya, Ayaneo menjanjikan Next Lite sebagai device yang menintegrasikan elemen cost-effectiveness sambil mempopulerkan beberapa fitur dari produk flagship, Ayaneo Next. Next Lite menawarkan pengalaman lebih mutakhir sekaligus memudahkan untuk menikmati kesenangan tanpa batas melalui kemudahan bagi penikmat handheld gaming.

Ayaneo Next Lite menjadi handheld gaming PC pesaing Steam Deck pertama yang terinstal SteamOS. Ini kali pertama bagi pesaing Steam Deck untuk terinstal OS berbasis Linux buatan Valve itu. Next Lite tampaknya memiliki potensi sebagai alternatif bagi yang tidak mampu untuk membeli Steam Deck.

Meski begitu, Ayaneo kemudian membagikan informasi bahwa SteamOS di Next Lite diadaptasi dan dioptimisasi berdasarkan HoloISO oleh timnya. Kemudian, terdapat pula opsi untuk menginstal Windows OS.

Next Lite sudah termasuk layar 800p 7 inci, baterai 47W, dan joystick Hall Effect.  Terdapat pula beberapa varian warna dengan penampilan elegan dan tekstur yang memanjakan untuk dipegang, yakni Jet Black, Pastel Blue, dan Bright White.

Berbicara tentang spesifikasi, Next Lite menggunakan prosessor AMD Ryzen™ 5 4500U dan AMD Ryzen™ 7 4800U. Keduanya terpasang dengan sistem turbofan cooling yang secara signifikan memastikan pengguna bisa menikmati gaming secara lancar dan stabil.

Baca juga:

“Subscription” sudah Dibuka

Ayaneo Next Lite 2

Anehnya, Ayaneo tidak menyebutkan berapa harga dari produk Next Lite-nya. Dalam press release, pihaknya mengumumkan jadwal pembukaan “subscription” juga sudah dibuka pada 11 Januari 2024 dengan harga mulai dari US$299.

Sebagai perbandingan, Ayaneo Next terjual seharga US$1.300 dengan RAM 16GB, SSD 1TB, dan varian dua warna. Next Pro meluncur seharga US$1.215. Tampaknya, Next Lite memiliki harga lebih rendah dari itu.

Kehadiran Ayaneo Next Lite semakin memeriahkan pasar handheld gaming. Saat CES 2024, MSI mengumumkan MSI Claw, PC gaming handheld seharga US$699 yang juga menjadi pesaing Steam Deck. Keduanya pun masih harus bersaing dengan Razer Edge, Lenovo Legion Go, dan Asus ROG Ally.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: