Bethesda Klam Starfield Bisa Dimainkan Bertahun-tahun

Dimas Galih Putrawan, 4 Oktober 2023

Bethesda Klam Starfield Bisa Dimainkan Bertahun-tahunGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Todd Howard selaku produser eksekutif Bethesda Game Studios baru-baru ini mengaku Starfield sengaja dibuat agar bisa dimainkan selama jangka waktu panjang. Berarti, game sci-fi RPG tersebut bisa dimainkan selama bertahun-tahun sama seperti The Elder Scrolls V: Skyrim. Howard juga mengatakan game garapannya itu akan mendapat update selama lima tahun ke depan.

Selama 20 tahun terakhir, Bethesda Game Studios terkenal dengan game RPG imersifnya yang bisa dimainkan selama bertahun-tahun semenjak perilisan. Akhir-akhir ini, pihaknya tampak mengambil arah tersebut karena membuat game membutuhkan waktu yang sangat lama. Misalnya saja, Skyrim masih bisa dinikmati sambil menunggu The Elder Scrolls VI yang belum kunjung rilis. Terlebih, Starfield rilis delapan tahun setelah peluncuran Fallout 4. Tidak heran banyak penggemar yang tetap bisa menikmati berbagai judul game lama dalam jangka panjang.

Todd Howard: Starfield Bisa Dimainkan dalam Jangka Panjang

Starfield could be played for years 1

Dalam wawancaranya di podcast AIAS Game Maker’s Notebook, ia menganggapi pertanyaan Ted Price selaku CEO Insomniac Games apakah game terlalu besar akhir-akhir ini karena kepopuleran game bergenre open-world adventure. Howard mengaku tren itu dimulai dari teknologi dan para pengembang itu sendiri yang ingin menembus batas dengan game besutannya.

“Skala game-nya, kurasa, aku bisa melihat ke belakang. Bagaimana besar hal itu sebelumya? Satu hal yang kuperhatikan adalah, karena banyak game yang dimainkan dalam jangka panjang, mereka hidup, kemampuan untuk memberi update membuat game yang bisa dimainkan seluruh orang saat ini dan bisa bertahan jangka panjang, mendapat update bertahun-tahun, dan itu membuat sebuah ekspektasi,” sebut Howard.

Skyrim Juga Menjadi Contoh Game yang Bisa Bertahan Jangka Panjang

Todd Howard menyebut Skyrim ikut menjadi contoh yang memenuhi kriteria itu. The Elder Scrolls V: Skyrim memang menjadi game besar saat peluncurannya, namun semenjak adanya add-on dan mod, judul tersebut menjadi lebih besar.

Terlebih, masih banyak penggemar yang memainkan entri kelima The Elder Scrolls itu bahkan 12 tahun setelah peluncuran perdana. Angka pemainnya pun masih sangat besar.

“Kurasa jika kamu melihat audiensmu, mereka jadi terbiasa pada sebuah game dan biasanya ingin plus-one. Mereka ingin menambah XYZ, dan penggembangnya, kita juga biasa membuatnya,” tambah Howard.

Baca juga: 

Ia berharap hal yang sama juga terjadi pada Starfield. Pasalnya, game sci-fi RPG itu memiliki dunia yang sangat masif berisi lebih dari seribu planet dan seratus star system. Terdapat pula sistem pembangunan outpost dan spaceship yang kompleks.

Bethesda kini memiliki rencana jangka panjang untuk Starfield. Mereka akan merilis expansion DLC pertamanya Shattered Skies dalam waktu dekat. Terlebih, dukungan mod resmi akan diterapkan mulai awal 2024. Pihaknya ikut mengaku mereka akan menerapkan berbagai perubahan berdasarkan feedback pemain.

Starfield sendiri sudah mendapat pujian dari kritikus dan pemain setelah penantian lama, meski tidak sebesar Skyrim. Tampaknya penggemar masih bisa mengeksplorasi dunia di game sci-fi tersebut dalam waktu ang lama sambil menunggu The Elder Scrolls 6 siap rilis.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: