Capcom Kedapatan Tambah DRM Anti-Mod ke Game Lawas

Dimas Galih Putrawan, 15 Januari 2024

Capcom Kedapatan Tambah DRM Anti-Mod ke Game LawasGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Capcom kini kembali memicu kontroversi di kalangan gamer PC. Perusahaan game asal Jepang kedapatan menambah DRM ke dalam beberapa game besutannya. Tidak begitu mengejutkan, DRM itu dicap berdampak buruk pada performa game.

Pemain Temukan Capcom Menambah DRM pada Game Lawasnya!

Ini bukan pertama kali bagi Capcom dikritik karena keputusan yang sama. Sebelumnya, mereka dikecam karena menggunakan Denuvo, sebuah software DRM dan anti-pembajakan terkenal sangat kontroversial. Contoh terkenalnya, Resident Evil Village menggunakan Denuvo untuk versi PC sehingga berdampak buruk pada performa. Menyusul kritikan penggemar, tim pengembang akhirnya menghapus Denuvo dari game pada April 2023.

Capcom DRM on Resident Evil Revelation

Tidak ingin berdiam diri untuk menghadapi para pembajak dan cheater, pengembang di balik Monster Hunter dan Exoprimal itu ternyata kedapatan diam-diam menambah sebuah DRM baru. Penggemar baru menyadarinya pada 11 Januari saat Resident Evil Revelations yang rilis 12 tahun lalu mendapat sebuah update. Update tersebut menambah software DRM bernama Enigma Protector.

Tidak jauh berbeda dari kebanyakan DRM, Enigma Protector berfungsi untuk mencegah mod dan exploit. DRM tersebut tentu saja membuat penggunaan Cheat Engine tidak memungkinan.

Ironisnya, sama seperti Denuvo, penggunaan Enigma Protector justru berdampak buruk bagi performa. DRM tersebut memicu shutter 15-20 FPS. Sekali lagi, netizen beramai-ramai melakukan review bomb di laman Steam meminta agar Enigma Protector segera dihapus. Alhasil, skor review Resident Evil Revelations turun drastis hingga menyentuh “Mostly Negative” pada Recent Reviews. Alhasil, netizen menilai Capcom sangat tidak menghormati komunitas modding.

Baca juga:

Penuh Kritikan, DRM sudah Dihapus dari Game

Menyusul backlash dari penggemar, Capcom kemudian menghapus Enigma Protector dari Resident Evil Revelation. Pihaknya mengunggah pernyataan maaf melalui laman Steam.

“Kami minta maaf atas ketidaknyamanannya, dan begitu masalah sudah teratasi, kami akan merilis ulang update tersebut. Terima kasih banyak atas kesabaran dan kerja samanya,” ungkap Capcom.

Dari pernyataan tersebut, pengembang yang juga di balik Street Fighter itu menjanjikan update tersebut akan kembali. Meski begitu, pihaknya belum mengungkap apakah DRM Enigma Protector masih akan terpasang.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: