Developer Gollum Minta Maaf Menggunakan ChatGPT

Wahyu Nur Iman, 25 Oktober 2023

Developer Gollum Minta Maaf Menggunakan ChatGPTGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, PATI – Game gagal bukanlah hal yang aneh di industri game. Banyaknya pesaing hingga perang kreatifitas membuat beberapa developer terkadang gagal memuaskan gamer dengan gamenya pada saat perilisan. Itulah yang terjadi pada game The Lord of the Rings: Gollum. Sebagai bentuk penyesalan, developer sempat merilis permintaan maaf kepada para fans yang diketahui menggunakan teknologi AI ChatGPT.

Permintaan Maaf Developer Gollum

Menurut sebuah laporan baru-baru ini, Daedalic Entertainment, developer di balik game The Lord of the Rings: Gollum, telah mengklaim bahwa ucapan permintaan maaf mereka dibuat menggunakan AI, ChatGPT. Laporan ini juga menjelaskan ketidaktahuan pihak developer mengenai ucapan permintaan maaf ini. Tentu menjadi bukti bahwa keputusan tersebut diambil secara sepihak dari sisi publisher, Nacon. Meski begitu Daedelic Entertainment juga menjelaskan secara rinci tentang apa yang salah dengan Lord of the Rings: Gollum selama pengembangan.

Pada bulan Mei lalu, game yang diangkat dari seri ternama Lord of The Rings berjudul Lord of The Rings: Gollum dirilis. Game ini mendapatkan banyak sekali hinaan dan cacian dengan mendapatkan skor terendah di tahun 2023. LOTR: Gollum datang dengan banyak sekali permasalahan teknis pada gamenya seperti bug yang banyak, gameplay yang kurang menarik, hingga alasan kenapa memilih Gollum sebagai tokoh utamanya. Mengingat Gollum sendiri bukanlah tokoh sentral di seri Lord of The Rings.

Dibuat Dengan ChatGPT

Seorang karyawan anonim dari Daedalic Entertainment diwawancarai oleh outlet game Jerman, GameTwo. Dalam wawancara tersebut mereka membahas hubungan antara developer dan publisher, Nacon. Salah satu hal yang dibahas adalah permintaan maaf terkait peluncuran Gollum yang bermasalah yang diunggah ke akun Twitter resmi game tersebut.

Menurut Daedalic, permintaan maaf ini ditulis menggunakan perangkat lunak ChatGPT, di mana developer tidak tahu bahwa permintaan maaf tersebut ditulis bahkan isinya pun sebelum dipublikasikan, dan mengklaim bahwa semuanya keputusan dari Nacon.

Menurut banyak gamer, permintaan maaf yang ditulis oleh Nacon menggunakan ChatGPT membuktikan ketidakseriusan mereka dalam meminta maaf. Bukti jelas bahwa tulisan tersebut ditulis dengan ChatGPT adalah kesalahan pengejaan judul game yang ditulis “The Lord of the Ring: Gollum”. Bukannya memperbaiki, ini justru semakin membuat nama developer dan publisher Gollum jelek di mata para gamer.

Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa ikuti akun resmi Gamefinity di FacebookInstagram, dan TikTok. Nikmati juga kemudahan top up dan  voucher games kesayangan kalian dengan harga murah di Gamefinity.

Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: