Dominasi Negara di Esports MLBB: PH dan ID Saingan Berat

Zeinal Wujud, 13 Desember 2023

Dominasi Negara di Esports MLBB: PH dan ID Saingan BeratEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Esports MLBB (Mobile Legends: Bang Bang) telah menjadi fenomena global, menciptakan kompetisi sengit antar negara.

Setiap tahun, turnamen internasional menghadirkan ketegangan dan kegembiraan seiring dengan negara-negara bersaing memperebutkan gelar juara.

Dalam beberapa tahun terakhir, dominasi negara-negara tertentu telah mencuri perhatian, khususnya Filipina dan Indonesia.

Baca juga:

1. Tahun 2017: Thailand Membuka Tirai Kejayaan di MSC 2017

Pada tahun 2017, Thailand menjadi trendsetter dengan mengukir namanya sebagai negara yang mendominasi MLBB di tingkat internasional. Diwakili oleh tim IDONOTSLEEP Esports, Tim Thailand ini membawa pulang $50,000 dollar.

Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2017 menjadi saksi awal keunggulan Thailand di panggung dunia.

2. 2018 – 2019: PH dan ID Berebut Gelar – Esports MLBB

Tahun 2018 menjadi milik Filipina yang diwakili Aether Main saat mereka meraih gelar MSC 2018. Namun, tahun berikutnya, Indonesia merespons dengan bangga, ONIC Esports mengklaim gelar di MSC dan EVOS Legends memenangkan Mobile Legends World Championship (M1).

Filipina juga mengukuhkan dominasinya dengan meraih emas di SEA Games 2019.

Dominasi Negara di Esports MLBB

3. Tahun 2020-2021: Dominasi PH di Skena Esports MLBB

Filipina tidak merelakan keunggulannya pada tahun 2020 dan 2021. Mereka memenangkan M2 dan M3, menegaskan dominasi mereka di tingkat internasional. M2 dimenangkan oleh tim Bren Esports dan M3 dimenangkan Blacklist International.

Kemenangan di SEA Games 2021 dan MSC 2021 semakin mengukuhkan posisi mereka sebagai kekuatan utama di dunia MLBB. Saat MSC 2021, PH diwakili oleh tim Execration.

Indonesia hanya menang di One Esports MPL Invitational 2021.

4. 2022 Lagi-Lagi Berebut Tahta Esports Divisi MLBB

Tahun 2022 menjadi poin balik ketika Indonesia muncul sebagai pesaing serius.

Mereka mencapai puncak di Mobile Legends Professional League Invitational (MPLI) dan International Esports Federation (IESF), memberikan sinyal bahwa kekuatan baru sedang bangkit.

Meskipun begitu, Filipina tetap kuat dengan kemenangan di MSC 2022 dan M4.

5. Menutup 2023 dengan 3 Sama?

Tahun 2023 menjadi panggung bagi pertarungan sengit antara Filipina dan Indonesia. Dengan Filipina meraih kemenangan di SEA Games 2023, MPLI, dan IESF.

Mereka mempertahankan keunggulan mereka. Namun, Indonesia juga memberikan kontribusi gemilang dengan gelar di MSC 2023 dan World Cyber Games (WCG) 2023.

Kedua Negara sedang berebut piala di M5 World Championship. Akankah Indonesia bisa menyamai kemenangan PH di tahun ini? Ataukah Filipina yang mengungguli ID?

Baca juga:

Demikian pembahasan Dominasi Negara di Esports MLBB: PH dan ID Saingan Berat. Ikuti akun resmi Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: