E3 2023 Terancam? Sega dan Tencent Dipastikan Absen

Dimas Galih Putrawan, 30 Maret 2023

E3 2023 Terancam? Sega dan Tencent Dipastikan AbsenGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Apakah E3 2023 sedang terancam? Xbox dan Nintendo sebelumnya sudah dipastikan absen, sementara Sony dirumorkan memilih keputusan yang sama. Ubisoft awalnya akan tampil sebelum akhirnya memutuskan tidak hadir. Kali ini, Sega dan Tencent menyusul deretan pengembang besar yang juga tidak akan tampil di acara pameran game terbesar itu.

Pihak penyelenggara, Entertainment Software Association (ESA), sudah berjanji bahwa E3 akan comeback besar-besaran tahun ini. Event tersebut dijadwalkan akan digelar di Los Angeles Convention Center pada 13-16 Juni ini. Mengingat keenam publisher game besar sudah memastikan absen, tampaknya event ini mungkin akan kembali batal seperti tahun lalu.

Susul Ubisoft, Sega dan Tencent Tidak Akan Hadir di E3 2023

IGN menjadi pertama kali yang melaporkan bahwa Sega dan Tencent tidak akan tampil di pameran game terbesar itu. Kedua publisher tersebut menyusul sederetan pengembang game besar seperti Ubisoft yang memilih untuk absen.

e3 2023 sega
Sega memilih absen tampil di E3 tahun ini

“Setelah mempertimbangkan secara betul, kami putuskan untuk tidak berpartisipasi di E3 2023 sebagai exhibitor. Kami akan membagi informasi lebih lanjut tentang berbagai proyek yang sudah diumumkan dan belum diumumkan nanti,” ungkap perwakilan Sega pada IGN.

E3 2023 Level Infinite
Sama seperti Sega dan Ubisoft, Tencent melalui Level Infinite juga akan absen di E3

Tencent, melalui perwakilannya, menyampaikan bahwa Level Infinite tidak akan hadir di E3 2023. Namun pihaknya sudah pernah berpartisipasi di Play Days pada 2022 dan mendapati event itu sebagai pengalaman ideal untuk memamerkan game pada pers.

IGN sudah menghubungi berbagai pengembang lainnya seperti EA, Square Enix, Embracer Group, dan Take-Two tentang E3 2023, namun belum menjawab. Bandai Namco sudah memastikan akan hadir di Play Days, namun belum menjawab apakah mereka akan tampil di E3 tahun ini. Devolver Digital juga memilih untuk menggelar Devolver Direct Juni ini alih-alih tampil di E3.

Baca juga: Nintendo Sudah Pastikan Tidak Akan Tampil di E3 2023

Terancam Batal Lagi? Apa yang Terjadi?

Dengan hanya tinggal sekitar dua bulan lagi, tampaknya ESA masih kesulitan untuk menarik minat pengembang besar untuk tampil di E3 tahun ini. Bahkan ada satu sumber anonim yang mengatakan E3 tahun ini mustahil digelar setelah Ubisoft batal tampil.

Dilaporkan pula ada miskomunikasi antara penyelenggara ESA dan ReedPop. ReedPop sendiri pernah memproduksi festival PAX, New York Comic Con dan Star Wars Celebration. Mereka akan membantu ESA untuk memproduksi E3 tahun ini.

Semenjak pandemi COVID-19, E3 kesulitan untuk menjadi relevan bagi penggemar dan pengembang game. Event tersebut batal pada tahun 2020. Tahun 2021, E3 menjadi acara digital yang kurang mendapat sambutan baik. E3 terpaksa batal untuk kedua kalinya pada tahun 2022.

E3 2023 Summer Game Fest
Pesaing E3, Summer Game Fest akan gelar acara langsung untuk pertama kalinya

Sementara itu, Geoff Keighley, kreator The Game Awards, membuat Summer Game Fest menyusul batalnya E3. Event tersebut bisa dibilang sangat sukses dan kembali digelar pada tahun 2021 dan 2022. Summer Game Fest akan kembali tahun ini sebagai event langsung dan digital pada 8 Juni mendatang.

ESA dan ReedPop belum memberi tanggapan terhadap absennya Sega, Tencent, Ubisoft di E3 2023.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: