Eksklusivitas Xbox Buat Starfield Bagus, kata Todd Howard

Dimas Galih Putrawan, 12 September 2023

Eksklusivitas Xbox Buat Starfield Bagus, kata Todd HowardGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Todd Howard, direktur dan produser eksekutif Bethesda Game Studios, telah membeberkan keuntungan Starfield sebagai game eksklusif Xbox. Ia mengaku keuntungan dari eksklusivitas itu memacu timnya bisa membuat game sci-fi tersebut menjadi lebih baik dan berkualitas tinggi. Pernyataan itu sekaligus membungkam kritikan akan ketidaktersediaannya di PlayStation 5.

Todd Howard Sebut Ekslusivitas Xbox Pacu Starfield Jadi Game Lebih Baik

Starfield for Xbox

Dalam wawancaranya dengan BBC, sutradara di balik Skyrim dan Fallout 4 itu menyebutkan eksklusvitas pada satu konsol memacu timnya untuk fokus mengembangkan produk berkualitas tinggi. Ia juga menyebu game eksklusif untuk sebuah konsol masih bisa bersaing di industri meski banyak judul populer yang hadir secara cross-platform.

“Kamu tahu ini adalah hardware atau sesuatu yang dimainkan orang, jadi kemampuan untuk fokus pada sesuatu selalu berakhir dengan produk lebih baik. Kamu ingin orang-orang bisa mengaksesnya. Tapi bersama Xbox berarti ada kemudahan akses untuk kamu dan saya diberitahu kami mengharapkan banyak orang bermain saat peluncuran daripada semua yang kita lakukan sebelumnya dan itupun meski kesuksesan banyak game kami sebelumnya,” sebut Howard.

Akhirnya Jadi Game Besar Eksklusif Xbox yang Berhasil?

Starfield akhirnya pertama kali meluncur secara resmi pada 6 September 2023 setelah penantian panjang. Game sci-fi itu tersedia di PC dan Xbox Series X|S sekaligus menjadi gratis khusus pelanggan Xbox Game Pass. Banyak pihak menganggap game garapan Todd Howard itu sebagai game penting sekaligus penyelamat bagi Xbox.

Baca juga:

Howard juga membandingkan eksklusivitas game garapannya itu dengan The Legend of Zelda di Nintendo Switch. Ia berharap semua orang yang membicarakan Starfield akan terpikir tentang Xbox.

Sebelum Starfield, Xbox tampak kesulitan merebut hati penggemar dengan game eksklusifnya. Sederetan game first-party-nya seperti Halo Infinite dan Redfall menuai kekecewaan. Sementara PlayStation dan Nintendo masing-masing berhasil menawarkan jajaran game ekkslusifnya. PlayStation berjaya dengan God of War: Ragnarok dan Horizon: Forbidden West tahun lalu. Nintendo justru menambah kesuksesan mereka dengan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom.

Selanjutnya, Bethesda tengah mempersiapkan game Indiana Jones besutan MachineGames yang menjadi eksklusif Xbox dan PC. Ditambah, masih belum diketahui apakah The Elder Scrolls VI akan mengikuti langkah serupa.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: