Evil Geniuses dan Golden Guardians Resmi Keluar dari LCS!

Dimas Galih Putrawan, 28 November 2023

Evil Geniuses dan Golden Guardians Resmi Keluar dari LCS!Esports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Evil Geniuses dan Golden Guardians kini resmi keluar dari League Championship Series, liga esports League of Legends region Amerika Utara. Kedua tim tidak akan lagi berpartisipasi mulai tahun 2024 mendatang, menjadikan LCS hanya melibatkan delapan tim.

Evil Geniuses dan Golden Guardians Tidak Akan Lagi Bersaing di LCS

Evil Geniuses and Golden Guardians LCS

Presiden esports Riot Games, John Needham, membagikan pengumuman ini melalui media sosial. Dalam pernyataan, ia mengungkap keputusan itu sudah disepakati antara dua tim dan pihak liga.

“Pada 2024, LCS akan menjadi liga berisi delapan tim, setelah kami membuat keputusan baik-baik dengan Golden Guardians dan Evil Geniuses untuk keluar dari LCS. Perubahan ini akan memudahkan kami agar bisa lebih fleksibel sementara kami bersiap untuk merestruktruisasi liga demi kesuksesan yang akan datang,” tulis Needham.

Kabar ini menyusul rumor yang telah lama beredar semenjak pertengahan November. Riot dan pemilik tim diduga mengaakan pertemuan perihal pengurangan jumlah tim di liga Amerika Utara esports League of Legends.

Walau Worlds Championship 2023 berhasil memecahkan rekor angka penonton di dunia esports, LCS ternyata tidak bernasib sama. Menurut Dexerto, angka penonton liga esports League of Legends Amerika Utara itu menurun akhir-akhir ini. Riot sendiri sudah mencoba menerapkan berbagai perubahan agar League Championship Series bisa bangkit kembali, termasuk format liga.

Kedua tim juga memiliki alasan tersendiri untuk meninggalkan LCS. Pemilik Golden Guardians, Golden State Warriors, memilih untuk berfokus pada basket mengingat mereka merupakan salah satu tim NBA. Sedangkan Evil Geniuses tengah mengalami kesulitan secara finansial tahun ini yang menjadi pemicu tidak lagi berpartisipasi di esports League of Legends.

Players’ Association Salahkan Riot karena Mismanajemen

Pengumuman dari Riot ini muncul tepat sebelum dimulainya masa free agency bagi pro player League of Legends. Kenyataan ini memicu kritikan dari LCSPA atau Players’ Association karena kabar ini terasa terlalu mendadak.

“Untuk kedua kalinya tahun ini, Riot dan tim-timnya telah mengabaikan pemain dalam proses menentukan keputusan dan membiarkan mereka karena mismanajemen organisasi dan pembuatan keputusan mendadak. Pemain yang telah dilepas dan sudah mencapai kesepakatan verbal tidak tidak akan mendapat kesempatan adil untuk mencari kerja di manapun sementara kebanyakan roster sudah lengkap sebelum pengumuman hari ini,” tulis LCSPA.

Baca juga:

Bahkan, beberapa pemain mengaku kaget dengan pengumuman ini, salah satunya Licorice dari Golden Guardians.

“Rencanaku untuk tahun depan adalah bermain untuk GG lagi. Jadi saat ini aku tidak memiliki tim dan tampaknya tidak akan menjadi starter di LCS tahun ini, semenjak seluruh tim sudah menetapkan top laner-nya,” tulis pro player asal Kanada itu.

Riot Games berencana mengumumkan strategi dalam jangka panjang lebih lengkap tentang LCS dan esports League of Legends secara keseluruhan.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: