Final Valorant SEA Games 2023 Ditunda, Diduga Ada Kecurangan

Zeinal Wujud, 11 Mei 2023

Final Valorant SEA Games 2023 Ditunda, Diduga Ada KecuranganEsports
Banner Ads

GAMEFINITY, Jakarta – Grand Final cabang olahraga esports Valorant pada SEA Games 2023 ditunda. Pertandingan berlangsung antara timnas Indonesia melawan Singapura. Laga berhasil didominasi oleh SIngapura dari awal sampai akhir pertandingan. Namun saat menjelang akhir, ternyata Singapura diduga melakukan kecurangan dengan menggunakan bug Cypher.

Temuan kecurangan ini ditemukan oleh tim Indonesia saat bermain melawan Singapura. Indonesia melakukan jeda permainan sampai berlangsung 3 jam untuk melaporkan adanya indikasi kecurangan.

Bug Cypher ini akan memberikan pemain penglihatan pada lawan di tempat yang tidak seharusnya. Tentunya hal ini sangat menguntungkan pengguna bug dalam pertandingan. Bukti-bukti kecurangan ini diunggah oleh Richard Permana, Wakil Head Coach Esports Timnas Indonesia.

Menurutnya, Singapura terbukti melakukan kecurangan ini sebanyak tiga kali pada ronde yang berbeda. Beliau memberi kabar kecurangan ini melalui akun Instagramnya, @nxlfrgdibtj.

Baca juga: 

Tim Indonesia Memilih Tidak Melanjutkan Pertandingan

SEA Games Valorant
Sumber Instagram btr valezka

Setelah dijeda cukup lama, panitia SEA Games menganggap penggunaan bug ini masuk dalam kategori pelanggaran ringan dan tidak ada hukuman untuk Tim Singapura. Padahal penggunaan bug Cypher ini dilarang dalam kompetisi.

Demi menjaga nama baik dan martabat bangsa, Tim Indonesia mengambil langkah untuk tidak bermain melawan Singapura.

Hal ini disampaikan oleh Juanita Zelia Valezka Tanjung, Brand Ambassador Esports Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja.

“Keputusan terakhir Tim Indonesia memilih untuk tidak bermain, karena panitia SEA Games menganggap bug abuse ini adalah pelanggaran ringan dan tidak perlu ada punishment untuk Tim Singapura. Jadi Tim (Indonesia) memilih untuk tidak bermain karena untuk menjaga martabat bangsa kita dan situasi tidak kondusif”. Tulis Valezka dalam akun Instagramnya.

Baca juga: 

SEA Games Valorant: Tim Indonesia Mendapat Medali Emas

SEA Games Valorant
Sumber Instagram anisarahim dan btr valezka

Setelah protes yang dilakukan oleh Indonesia sampai ke tingkat SEA Games Federation Office, Indonesia dan Singapura meraih medali emas untuk cabang olahraga esports Valorant. Hal ini dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai contoh untuk cabang olahraga lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Anisa Rahim Basyir dalam akun Instagramnya @anisarahim. Ia adalah Brand Ambassador Onic Esports dan Predator Gaming Indonesia.

“Keputusan akhir! Setelah naik banding ke SEAGF, dan proses yang panjang, Indonesia dan Singapura meraih Gold Medal. Karena SEAGF sangat menjunjung tinggi sportivitas dan fairplay, dan mau menjadikan Indonesia sebagai contoh untuk cabor lainnya.” Tulis Anisa dalam Instagramnya.

Demikian pembahasan Laga Final Valorant SEA Games Ditunda, Diduga Ada Kecurangan. Ikuti informasi menarik lainnya seputar game, anime, esports, pop culture, serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else, Zeinal
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: