Gagal Memukau dengan The Day Before, Fntastic Resmi Tutup!

Dimas Galih Putrawan, 14 Desember 2023

Gagal Memukau dengan The Day Before, Fntastic Resmi Tutup!Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Menyusul berbagai hal kontroversial yang sudah dilalui, The Day Before, game zombie survival besutan Fntastic, akhirnya rilis sebagai early access pada 7 Desember 2023. Setelah penantian yang sangat panjang, ternyata game kontroversial itu semakin menuai kritikan di kalangan pemain. Game tersebut meluncur dengan agregat rating “Overwhelmingly Negative” di Steam, menandakan banyak komentar sangat negatif.

The Day Before Tidak Sesuai yang Dipromosikan!

The Day Before launch negative Fntastic

Saat pertama kali muncul pada 2021, Fntastic memperkenalkan The Day Before sebagai game MMO open world zombie survival. Kenyataannya, banyak netizen mendapati game tersebut sebagai extraction shooter. Elemen MMO, open-world, dan mekanik survival yang dijanjikan justru absen.

Belum lagi Fntastic sudah tersandung berbagai kontroversi sebelum game zombie besutannya akhirnya rilis. Mulai dari penundaan karena alasan pergantian engine ke Unreal Engine 5, sengketa trademark, hingga penggunaan relawan dalam proses pengembangan. Lebih buruknya, Fntastic bungkam untuk membagikan informasi mendetail dari game-nya itu.

Baca juga:

Banyak dari netizen membombardir laman Steam The Day Before dengan komentar negatif. Beberapa di antara mereka menganggapnya sebagai scam. Bahkan, tidak sedikit pula yang sudah mengajukan refund setelah sempat mencobanya kurang dari dua jam.

Di SteamCharts, angka pemain aktifnya memuncak pada 30.228 saat peluncuran. Meski day one patch, angka ini terus menurun. Per 11 Desember 2023, angka tersebut turun hingga 90 persen.

Tidak mengejutkan, tidak perlu waktu panjang bagi The Day Before untuk mendapat gelar salah satu game terburuk di Steam. Sehari setelah peluncurannya, game zombie besutan Fntastic itu sempat menduduki peringkat ketiga game terburuk, tepat di belakang Overwatch 2 dan War of the Three Kingdom. Setelah itu, posisinya justru menurun ke nomor delapan, disusul oleh game lain seperti NBA 2K24 dan Call of Duty: Modern Warfare II.

Gagal, Fntastic Resmi Tutup Empat Hari Setelah Peluncuran Early Access Game-nya

Lebih anehnya lagi, Fntastic mengumumkan melalui media sosial bahwa pihaknya akan resmi menutup studio. Keputusan ini tepat empat hari setelah peluncuran early access The Day Before.

“Sayangnya, The Day Before telah gagal secara finansial, dan kami tidak memiliki dana lagi untuk melanjutkan. Semua penghasilan yang diterima digunakan untuk membayar utang pada mitra kami,” tulis Fntastic melalui akun X-nya.

Sejak saat itu, pihak pengembang menghapus semua konten promosi dari YouTube-nya. Mereka juga mematikan situs dan bahkan akun Medium. Eduard Gotovtsev selaku CEO ikut menghapus akun X dan LinkedIn-nya.

Setelah penutupan Fntastic, The Day Before kini tidak lagi tersedia di Steam.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: