Granblue Fantasy: Masihkah Relevan di 2023?

Sashi Agustin, 8 Maret 2023

Granblue Fantasy: Masihkah Relevan di 2023?Game
Banner Ads

GAMEFINITYID, Bekasi – Granblue Fantasy adalah JRPG 2 dimensi dengan sistem turn-based, tandanya musuh dan player akan memiliki giliran masing-masing untuk menyerang. Granblue Fantasy dirilis pada tahun 2014 oleh studio developer brnama Cygames. Granblue adalah proyek pertama mereka yang diluncurkan secara serius. Cygames menyewa komposer Nobuo Uematsu dan Artist Hideo Minaba yang terkenal dengan karya mereka di Final Fantasy series.

Baca juga: Granblue Fantasy Versus Hadirkan Sistem Baru pada Juni 2022

Storyline dan Battle System Granblue Fantasy

 

Bagi penggemar JRPG, Granblue Fantasy memiliki plot yang sangat basic, setidaknya di awal permainan. Granblue Fantasy berpusat pada petualangan seorang protagonist bernama Gran (atau Djeeta, jika perempuan) dan sahabatnya, Vyrn. Gran yang saat itu hendak berkelana bersama Vyrn tidak sengaja bertemu dengan gadis muda dengan kekuatan misterius di Hutan. Gadis itu menyelamatkan Gran dari kematian saat Gran membantu Gadis itu dari kejaran tentara kerajaan jahat. Berhasil mengalahkan tentara tadi, Gran dan Lyria, si gadis misterius, memutuskan untuk berkelana bersama menjelajahi dunia.

Sistem Pertarungan Granblue Fantasy memiliki sistem menjejerkan karakter di dalam party. Player dan musuh akan memiliki waktu untuk menyerang secara bergantian. Akan ada empat karakter yang menjadi front line, dua karakter cadangan. Dua karakter cadangan akan muncul secara otomatis jika satu atau dua karakter front line telah kalah. Setiap karakter juga memiliki satu hingga empat skill yang bisa dipakai. Selain skill, player juga bisa memasang lima slot summon untuk bertarung, slot ke enam adalah slot summon rental dari player lain. Summon rental ini sangat berguna bagi player newbie menyelesaikan quest sulit karena umumnya summon rental milik player lain sudah memiliki level yang sangat tinggi.

Artwork dan Interface

Granblue Fantasy

Granblue Fantasy memiliki artwork yang indah karena setiap karakternya memiliki ciri khas tersendiri, bukan template. Walaupun memiliki artwork yang cantik, perpindahan antar menu di Granblue terasa memakan waktu. Hal itu wajar saja, karena Granblue Fantasy adalah game berbasis browser Chrome. Developer memiliki tujuan agar Granblue Fantasy bisa diakses dengan device yang sudah tua sekalipun. Ditambah dengan artwork model jadul khas Final Fantasy dan pertarungan turn-based, menyebabkan Granblue memiliki nuansa klasik atau kuno.

Update informasi menarik seputar anime, game, lifestyle serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id juga menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan juga terjangkau.

author avatar
Sashi Agustin
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: