Ikut Unity? Unreal Engine Bakal Tidak Gratis Lagi

Wahyu Nur Iman, 25 Oktober 2023

Ikut Unity? Unreal Engine Bakal Tidak Gratis LagiGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, PATI – Dunia developer game beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan kebijakan baru game engine Unity. Game engine open source terkenal ini sempat mematok royalti yang sangat tinggi kepada para developer ketika game mereka diinstal. Untungnya kebijakan ini sudah diperbaiki dan menjadi jauh lebih masuk akal. Namun masalah muncul lagi untuk game engine lain yaitu Unreal Engine.

Unreal Engine Tidak Lagi Gratis?

Developer Fortnite, Epic Games berencana mengubah kebijakan mereka dalam menagih royalti kepada orang – orang yang menggunakan engine mereka. Kebijakan baru ini direncanakan akan berlaku mulai tahun depan menurut CEO Tim Sweeney berdasarkan laporan dari Game From Scratch.

Developer game yang menggunakan Unreal Engine tidak mengalami dampak dari perubahan ini dan masih mengikuti aturan lama. Namun, bagi industri lain seperti film atau otomotif akan dikenakan biaya per-seat, yang artinya mereka akan dikenakan biaya berlangganan seperti halnya software – software berbayar seperti Photoshop.

Baca Juga:

Developer Game Masih Aman

Dalam postingan di X, Sweeney mengklarifikasi bahwa para pengajar dan siswa akan dapat terus menggunakan Unreal Engine secara gratis. Berbeda dengan pembuat film baik itu indie atau perusahaan besar akan ada ambang batas pendapatan minimum untuk pembuat yang proyeknya dikomersialkan.

Berita ini diumumkan oleh Sweeney pada acara Unreal Fest Epic Games bersamaan dengan berita PHK di perusahaan tersebut pada bulan September. Enam belas persen atau sekitar 830 karyawan terpaksa kehilangan pekerjaan mereka. Sweeney mengatakan dalam sebuah catatan kepada karyawan bahwa perusahaan telah “menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kami hasilkan.”

Baca Juga:

Pengumuman Epic yang akan mengubah harga Unreal Engine datang kurang dari sebulan setelah peluncuran model bisnis baru Unity yang akan membuat heboh dunia developer game. Setelah mendapat reaksi keras dari para pengembang, perusahaan akhirnya menyerah dan mengumumkan sistem yang telah diperbarui.

bagaimana menurut kalian? Jangan lupa ikuti akun resmi Gamefinity di FacebookInstagram, dan TikTok. Nikmati juga kemudahan top up dan  voucher games kesayangan kalian dengan harga murah di Gamefinity.

author avatar
Wahyu Nur Iman
Manusia biasa yang bisa ditemui dimana sja
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: