Ini Alasannya Baldur’s Gate 3 Tidak Akan Muncul di Game Pass

Dimas Galih Putrawan, 20 Desember 2023

Ini Alasannya Baldur’s Gate 3 Tidak Akan Muncul di Game PassGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Baldur’s Gate 3 kini sudah tersedia di Xbox Series X|S setelah penantian panjang. Perilisannya setelah kemenangan GOTY di The Game Awards 2023 sangat mencuri perhatian. Namun, CEO Larian Studios sudah mengatakan bahwa game RPG besutannya itu tidak akan muncul di Xbox Game Pass.

CEO Larian Studios: Baldur’s Gate 3 Tidak Akan Muncul di Game Pass

Baldur’s Gate 3 gameplay

Dalam wawancaranya dengan IGN, CEO Larian Studios, Swen Vincke, menjelaskan bahwa game pemenang GOTY di The Game Awards dan Golden Joystick Awards itu tidak akan masuk layanan berlangganan milik Xbox. Ia menganggapi pertanyaan dari penggemar apakah Xbox mencoba untuk membayar studio demi menghadirkannya di Game Pass.

“Oh, kami selalu bilang dari awal, tidak akan muncul di Game Pass, game ini tidak akan hadir di Game Pass,” sebut Vincke.

Vincke menyebut pertanyaan itu sangat sensitif. Ia kemudian memastikan Baldur’s Gate 3 memiliki awal, tengah, dan akhir yang pasti. Terlebih lagi, tidak ada microtransaction sebagai bentuk upaya tambahan menambah keuntungan bagi studio.

“Kami membuat sebuah game besar, jadi saya rasa ada harga yang adil harus dibayar, dan saya rasa tidak apa-apa. Kami tidak memberi microtransaction, jadi kalian mendapat apa yang dibayar,” tambahnya.

Xbox Sempat Meremehkan?

Sebelumnya, dokumen persidangan antara Microsoft dan FTC yang bocor mengungkap informasi penting tentang keterkaitan Baldur’s Gate 3 serta Game Pass. GameRant menyebut beberapa petinggi Xbox menganggap game RPG itu sebagai game bekas Stadia. Oleh karenanya, mereka menganggapnya sebagai proyek berprioritas rendah untuk ditambahkan pada Game Pass.

Semenjak keluar dari early access dan perilisan resmi, Larian Studios berhasil menggapai kesuksesan besar. Baldur’s Gate 3 berhasil menjadi salah satu game tersukses di Steam sepanjang masa, sambutan hangat dari kritikus, dan beberapa penghargaan bergengsi, termasuk GOTY di The Game Awards dan Golden Joystick Awards.

Baca juga:

Sementara itu, Michael Douse, selaku direktur publishing Larian membuka suara September lalu. Ia mengaku pihaknya tidak marah pada Microsoft dan pihak lain dalam industri game karena meremehkan.

“Sama seperti Divinity: Original Sin 2, tidak ada data yang bisa memberitahu siapapun bagaimana Baldur’s Gate 3 akan berjaya, Kami hanya harus mengambil langkah besar menyeramkan,” tutur Douse.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: