Ini Dia 7 Game Terbaik yang Rilis selama Tahun 2023

Dimas Galih Putrawan, 21 Desember 2023

Ini Dia 7 Game Terbaik yang Rilis selama Tahun 2023Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Tahun 2023 menjadi penuh kehebohan menarik bagi industri game. Sudah banyak sekali deretan game terbaik yang rilis. Mulai dari kembalinya entri terbaru franchise ikonik dan legendaris, IP baru yang menghebohkan, dan juga beberapa game indie mengejutkan.

Mulai dari game yang mendapat sambutan hangat, favorit penggemar, hingga pemenang banyak penghargaan, Gamefinity.id telah memilih 7 game terbaik yang rilis sepanjang tahun 2023. Daftar ini tidak termasuk expansion seperti Cyberpunk 2077: Phantom Liberty.

Hogwarts Legacy

Game terbaik Hogwarts Legacy

Meski kontroversi di balik kreator franchise Wizarding World, J.K. Rowling, Hogwarts Legacy sudah sukses besar dan menjadi favorit para penggemar. Game RPG besutan Avalanche Software itu bahkan diperkirakan menjadi game terlaris tahun ini, mengalahkan franchise Call of Duty yang bertahan selama 14 tahun terakhir.

Kritikus banyak memuji elemen dari franchise Harry Potter yang muncul dalam game, terutama pada penggambaran latar Hogwarts secara visual. Combat-nya pun menuai pujian karena berfokus pada kombo dan terdapat beragam spell. Setiap konten di dalamnya yang sangat kaya pun sukses memukau penggemar.

Baca juga:

Hi-Fi Rush

Game terbaik Hi-Fi Rush

Meluncur sebagai surprise release pada Januari 2023, Hi-Fi Rush menjadi salah satu kejutan terbesar yang muncul dari Xbox Game Studios dan Bethesda Softworks. Game besutan Tango Gameworks ini menggabungkan elemen hack and slash dan rhythm game dalam combat untuk mengalahkan musuh.

Walau tidak sebesar Starfield dan Redfall yang juga dari Bethesda, Hi-Fi Rush berhasil menghebohkan penggemar sekaligus memukau kritikus. Hal ini berkat visual, art style, combat, humor, dan konsepnya. Tidak heran game ini menawarkan pengalaman cukup inovatif, menjadikannya salah satu game terbaik pada 2023.

Baca juga:

Cocoon

Game terbaik Cocoon

Cocoon dari Geometric Interactive dan Annapurna Interactive berhasil membuktikan game puzzle bisa bersaing dengan deretan game AAA lain. Kritikus sudah beramai-ramai memuji game puzzle indie ini karena kreativitas konsepnya, menjadikannya sebagai salah satu game puzzle dan adventure yang wajib dimainkan.

Setiap puzzle pun dibuat secara menantang membuat pemain harus berpikir secara out of the box. Visualnya pun disajikan sangat indah dengan atmosfer khas tersendiri. Ditambah, cerita dari Cocoon bergantung pada visual untuk menyampaikan pesannya tanpa dialog atau teks.

Marvel’s Spider-Man 2

Game terbaik Marvels Spider-Man 2

Insomniac Games akhirnya kembali dengan Marvel’s Spider-Man 2 tahun ini setelah lama dinantikan penggemar. Game action-adventure itu juga sudah menjadi game PlayStation Studios terbesar dalam 24 jam pertama. Seperti pendahulunya, kritikus ikut memberikan pujian.

Game besutan Insomniac Games ini memanfaatkan fitur dan teknologi dari PlayStation 5 untuk menyajikan grafik menawan serta mendetail dan pergantian kedua karakter utama, Peter Parker dan Miles Morales. Penceritaan Peter dan Miles dalam menghadapi Kraven the Hunter dan Venom ikut menghebohkan penggemar. Lebih penting lagi, elemen open-world dan setiap mekanik gameplay masih menjadikan game ini sangat menyenangkan.

Baca juga:

Alan Wake 2

Game terbaik Alan Wake 2

Mengambil genre survival horror ketimbang hanya action-adventure, usaha Remedy Entertainment dalam menghadirkan Alan Wake 2 terbayar. Pasalnya, kritikus sudah memberi banyak pujian dari berbagai aspek. Oleh karena itu, tidak mengejutkan bahwa game ini menjadi kandidat game terbaik tahun ini. Di berbagai ajang penghargaan, seperti The Game Awards, Alan Wake 2 pun bersaing sangat ketat dengan Baldur’s Gate 3.

Sebagai game survival horror, Alan Wake 2 berhasil menggabungkan penceritaan penuh keseraman dan gameplay yang tetap menyenangkan. Naratifnya pun mengundang penasaran pemain dan mendalami berbagai tema mendalam. Menariknya lagi, terdapat elemen meta-naratif kreatif mengejutkan, termasuk berupa musical number.

Baca juga:

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom

game terbaik The Legend of Zelda Tears of the Kingdom

Tears of the Kingdom berhasil dianggap menjadi game terbaik tahun 2017. Kini, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom sukses melampaui pendahulunya. Walau Nintendo Switch sudah dianggap memiliki batasan lebih jika dibandingkan dengan PS5 dan Xbox Series X|S, ini bukan alasan bagi Nintendo untuk terus menghadirkan inovasi berupa pengalaman imersif dan open-world lebih luas.

Setiap elemen dari game action-adventure ini sangat mengalir, dari pergerakan Link sebagai karakter utama, sistem combat, dan berbagai elemen mekanik menantang sekaligus inovatif. Penceritaan yang menarik mengguggah ketertarikan pemain untuk lebih berfokus pada eksplorasi bagi pemain, Tears of the Kingdom mampu menjadi angin segar bagi penggemar franchise Zelda.

Baca juga:

Baldur’s Gate 3

Game terbaik Baldurs Gate 3

Tidak diragukan lagi bahwa Baldur’s Gate 3 merupakan game terbaik tahun ini. Game besutan Larian Studios ini sudah menyabet gelar Game of the Year di The Game Awards dan Golden Joystick Awards. Kritikus dan pemain beramai-ramai memujinya sehingga memicu banyak hype.

Mengadaptasi aturan dan latar game tabletop Dungeons and Dragons, Baldur’s Gate memiliku cerita berkualitas tinggi dan sangat kompleks. Sesuai tradisi Dungeons and Dragons, ceritanya bergantung dari keputusan pemain dengan ending yang sangat banyak. Combat-nya pun menantang dan mengundang kreativitas bagi pemain, baik secara solo atau co-op.

Baca juga:

Itulah 7 game terbaik yang rilis sepanjang tahun 2023. Game manakah yang menjadi favoritmu?

Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: