Inilah Alasan Stumble Guys Lebih Populer dari Fall Guys

Dimas Galih Putrawan, 25 Oktober 2023

Inilah Alasan Stumble Guys Lebih Populer dari Fall GuysGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Semenjak peluncurannya, Stumble Guys sering sekali dianggap sebagai rip-off dari Fall Guys. Keduanya memiliki konsep yang sama, yaitu menggabungkan genre platformer dan battle royale. Setiap pemain yang berpartisipasi akan saling berhadapan dalam berbagai rintangan obstacle course di mana hanya satu yang menjadi pemenang.

Fall Guys pertama kali rilis pada Agustus 2020. Saat itu, game besutan Mediatronic itu mencapai kesuksesan besar berkat menjadi viral di kalangan streamer. Semuanya berubah pada bulan berikutnya, Stumble Guys pertama kali rilis di Android sebelum hadir di iOS pada Februari 2021 dan di Steam pada Oktober 2021. Sejak saat itu, game besutan Kitka Games tersebut mendominasi persaingan.

Jadi apa yang membuat Stumble Guys jauh lebih populer daripada Fall Guys saat ini? Ternyata berikut ini adalah alasannya.

Pertama Kali Tersedia di Mobile

Stumble Guys vs Fall Guys level differences

Seperti yang diketahui sebelumnya, Stumble Guys resmi meluncur pada September 2020 di Android. Perilisan perdana di Android memiliki sebuah keuntungan tersendiri, yaitu aksesibilitas. Mengingat pangsa pasar mobile gaming sangat besar daripada PC dan konsol, tidak heran Kitka Games berhasil memanfaatkannya untuk mencapai kesuksesan. Kemudian, tim pengembang merilisnya di iOS dan PC melalui Steam.

Sementara Fall Guys pertama kali rilis di PC dan PlayStation 4 sebelum berekspansi ke Xbox One, Xbox Series X|S, PlayStation 5, dan Nintendo Switch. Mediatronic sempat mengaku pihaknya sedang mengembangkan versi mobile, namun saat ini belum terdengar kabarnya. Ketidaktersediaannya di mobile menjadi sebuah kerugian yang harus dihadapi.

Free-to-Play dari Awal Peluncuran

Stumble Guys vs Fall Guys mobile

Saat awal rilis, Fall Guys rilis sebagai game berbayar. Ketersediaannya sebagai game gratis terbatas khusus pelanggan PlayStation Plus membantu menaikkan popularitasnya. Bersama dengan perilisan versi PS5, Xbox One, Xbox Series X|S, dan Nintendo Switch, game besutan Mediatronic itu menjadi free-to-play pada 21 Juni 2023 dengan reset kembali menjadi season 1, Free for All.

Sebaliknya, Stumble Guys justru sudah menjadi free-to-play semenjak awal peluncuran di Android dan iOS. Kitka Games sempat merilisnya sebagai game berbayar di Steam sebelum mengubahnya menjadi free-to-play.

Menjadi free-to-play tampaknya berhasil terbayarkan. Pasalnya game besutan Kitka Game situ sudah mencapai total 163 juta download pada Juli 2022. Fall Guys mencapai 50 juta download dua minggu setelah menjadi free-to-play.

Baca juga:

Level Stumble Guys Lebih Variatif

Stumble Guys vs Fall Guys level differences 2

Variasi level juga sangat berdampak pada popularitas keduanya. Lebih unik lagi, Stumble Guys tidak hanya sekadar meniru formula dalam pembuatan level. Kitka Games bahkan menambah beberapa level unik yang tidak ditemukan di Fall Guys, yaitu kart racing.

Mediatronic mulai mem-vault beberapa level di Fall Guys mulai November 2022, keputusan yang tidak heran mengecewakan penggemar. Hal ini mengingat sudah banyak level yang tersedia. Sedangkan Stumble Guys saat ini belum melakukan hal serupa, ini menjadi poin plus agar setiap gameplay menjadi lebih variatif dan tidak terduga.

Pada akhirnya, Stumble Guys berhasil mengalahkan Fall Guys dalam skala popularitas meski dianggap sekadar rip-off. Ketersediaan di mobile menjadi free-to-play dari awal, dan memiliki variasi sangat membantu untuk menarik lebih banyak pemain.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: