Kesal Performa Game di Android, Begini Cara Meningkatkannya

Zeinal Wujud, 21 Maret 2023

Kesal Performa Game di Android, Begini Cara MeningkatkannyaGame
Banner Ads

GAMEFINITY, Jakarta – Kadang kala performa Game di Android sangatlah tergantung kondisi HP. Tapi tahukah kamu dapat mengubah beberapa setelan di ponsel Android agar game berjalan lebih cepat? Ini adalah perubahan sederhana, dan sebagian besar tips pengoptimalan Android ini tidak memerlukan akses root.

Mari kita lihat beberapa metode terbaik untuk menjadikan ponsel Android kamu lebih ramah game.

1. Tingkatkan kecepatan refresh layar

Semakin tinggi kecepatan penyegaran layar, semakin baik nuansa visual game kamu, dengan animasi yang jauh lebih halus. Mengubah ke kecepatan refresh yang tinggi adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kinerja game di Android tanpa root.

Banyak perangkat Android, termasuk model unggulan dan kelas menengah dari Samsung dan OnePlus, serta ponsel Google Pixel, memungkinkan kamu mengubah kecepatan refresh layar. Jika kamu mengubahnya ke pengaturan tertinggi yang tersedia di ponsel kamu, kamu akan melihat peningkatan yang signifikan dalam visual game kamu.

Refresh Rate untuk performa game di android

Berikut cara meningkatkan kecepatan penyegaran pada ponsel yang mendukung fitur ini (tidak semua ponsel melakukannya):

  1. Luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel kamu dan ketuk Tampilan.
  2. Pilih Lanjutan pada layar yang dihasilkan.
  3. Ketuk Kecepatan refresh.
  4. Pilih kecepatan penyegaran setinggi mungkin dari opsi di layar kamu.

Karena ada rasa Android yang berbeda, langkah yang tepat akan berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jika kamu tidak dapat menemukan opsi tersebut dan yakin bahwa perangkat kamu memiliki kecepatan penyegaran tampilan yang tinggi, cari model ponsel kamu secara online.

2. Beralih ke Koneksi Internet Cepat

Kecepatan koneksi internet kamu memengaruhi kinerja game kamu saat bermain game online di ponsel Android kamu. Ini karena game kamu harus terus-menerus mengirim dan menerima data. Transfer data ini akan memakan waktu lebih lama jika koneksi internet kamu buruk. Akibatnya, pengalaman bermain kamu menderita.

Untuk memastikan game online kamu berjalan lancar dan tanpa lag seperti game offline kamu, coba mainkan dengan koneksi internet yang lebih cepat.

kamu dapat menggunakan koneksi yang cukup cepat. Ini bisa berupa Wi-Fi atau koneksi data seluler, terutama jika kamu memiliki akses ke 5G. Namun, jika kamu memainkan game multipemain, perlu diingat bahwa jaringan Wi-Fi rumah kamu akan memiliki ping yang jauh lebih rendah daripada data seluler.

Jika kamu menggunakan paket data terbatas, menggunakan data seluler untuk bermain game Android online akan membuat kuota kamu lebih cepat habis.

3. Matikan Force 4x

Force 4x MSAA (multisample anti-aliasing) adalah opsi ponsel Android yang sangat meningkatkan kualitas visual game kamu. Sejauh ini, ini adalah pengaturan opsi Pengembang terbaik untuk meningkatkan tampilan game kamu, jadi kami tidak menyalahkan kamu karena selalu membiarkannya.

Sayangnya, pengaturan ini memiliki dampak negatif yang signifikan pada kinerja game. Frame drop akan terjadi saat memainkan game yang menuntut grafis seperti PUBG Mobile, Fortnite, Apex Legends, Call of Duty: Mobile, dan lainnya jika prosesor smartphone kamu kurang bertenaga. Selain itu, dengan cepat menghabiskan baterai.

Jadi, coba matikan dan lihat seberapa mulus permainan ponsel kamu berjalan. Lebih penting lagi, kamu akan dapat bermain untuk waktu yang lebih lama tanpa harus khawatir mengisi daya.

Perlu diingat bahwa tidak semua ponsel mendukung Force 4x. Namun, kamu dapat mengetahui apakah kamu memiliki opsi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Pengaturan , ketuk Tentang ponsel , dan ketuk Nomor pembuatan tujuh kali. Ponsel kamu harus mengatakan kamu seorang pengembang. Beberapa perangkat mungkin meminta kamu memasukkan kata sandi perangkat terlebih dahulu sebelum mengaktifkan fitur tersebut.
  2. Kembali ke menu pengaturan utama dan ketuk Sistem .
  3. Ketuk Opsi pengembang .
  4. Temukan opsi yang bertuliskan Paksa 4x MSAA dan matikan.

 

FOrce 4X MMSA performa game di android

Jika langkah-langkah ini tidak berhasil, cari Force 4x dengan cepat di bilah pencarian teratas aplikasi Pengaturan. Ingatlah bahwa kamu harus mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu.

4. Batasi Proses Latar Belakang

Proses latar belakang dapat berdampak pada kinerja game ponsel Android kamu karena mengurangi jumlah memori yang tersedia untuk game kamu. Hasilnya, kamu dapat meningkatkan kinerja game ponsel dengan membatasi jumlah proses latar belakang yang dapat dijalankan.

Namun, opsi ini hanya tersedia jika Opsi Pengembang diaktifkan (lihat #3 di atas). Jika sudah, lakukan langkah-langkah berikut untuk membatasi jumlah proses latar belakang yang berjalan di perangkat kamu:

  1. Buka Pengaturan dan buka Sistem .
  2. Ketuk Opsi pengembang dan gulir ke bawah ke Aplikasi .
  3. Ketuk Batas proses latar belakang dan pilih jumlah maksimum proses latar belakang pilihan kamu.

Batasi Proses Latar Belakang untuk performa game di android

5. Hapus Sampah Dari Ponsel kamu

Semakin banyak file yang kamu miliki di ponsel kamu, semakin lambat jadinya. Ini terutama benar jika ruang penyimpanan ponsel kamu hampir habis.

Jika kamu telah menyimpan file apa pun di ponsel yang tidak ingin digunakan lagi, kamu harus menghapusnya untuk meningkatkan kinerja ponsel. Performa yang meningkat ini akan menguntungkan sesi permainan kamu.

Ponsel Android kamu mengumpulkan konten sampah dari berbagai sumber. Sampah ini termasuk sisa dari aplikasi yang dihapus, file media lama, dan dokumen lain yang tidak terpakai.

Hapus Sampah Ponsel untuk performa game di android

kamu sebenarnya dapat menggunakan fitur bawaan di banyak ponsel Android, termasuk perangkat Samsung, untuk menemukan dan menghapus file yang tidak digunakan dengan aman. Inilah cara kamu menemukan dan menggunakan fitur ini:

  1. Akses Pengaturan di ponsel kamu, dan ketuk Penyimpanan .
  2. Ketuk tombol Kosongkan Ruang .
  3. Pilih item yang tidak kamu gunakan lagi, dan ketuk Kosongkan di kanan bawah atau,
  4. lihat aplikasi yang akan menghapus file sampah dari perangkat Android kamu.

6. Aktifkan Suara Dolby Atmos

Kesetiaan audio adalah aspek yang sering diabaikan dari game seluler. Namun, gamer kompetitif memahami pentingnya isyarat audio dalam game multipemain.

Suara surround Dolby Atmos meningkatkan kualitas audio game kamu secara signifikan. Jadi, jika kamu memiliki ponsel Android yang mendukung fitur ini, kamu dapat mengaktifkannya dan menikmati suara berkualitas lebih tinggi di game kamu.

Fitur ini tersedia di sebagian besar ponsel Samsung Galaxy dan dapat diaktifkan dan dinonaktifkan melalui menu Pengaturan. Begini cara melakukannya:

Dolby Atmos untuk Performa Game di Android

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel kamu, lalu ketuk Suara dan getaran .
  2. Ketuk Kualitas suara dan efek pada layar berikut.
  3. Aktifkan Dolby Atmos untuk bermain game .

Sekarang kamu akan memahami perbedaan teknologi antara menggunakan headphone dan speaker stereo internal ponsel kamu.

7. Nonaktifkan Mode Hemat Daya atau Penghemat Baterai

Di beberapa perangkat, mode hemat daya (juga dikenal sebagai Penghemat Baterai) memprioritaskan masa pakai baterai yang lebih lama daripada performa perangkat. Ini mengurangi kinerja perangkat dan aplikasi, yang berdampak negatif pada pengalaman bermain game ponsel Android kamu. Oleh karena itu, sebelum kamu mulai bermain game, pastikan kamu menonaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

kamu dapat menonaktifkannya dari menu Pengaturan Cepat dengan menggesek layar dari atas ke bawah, atau dari aplikasi Pengaturan dengan membuka Baterai > Penghemat Baterai dan mematikan Gunakan Penghemat Baterai. Antarmuka pengguna di perangkat kamu mungkin berbeda, tetapi petunjuk umumnya sama di semua ponsel.

8. Gunakan Aplikasi Game Booster

Game Booster untuk Performa Game di Android

Karena semakin banyak orang bermain game di ponsel Android mereka, aplikasi untuk mengoptimalkan perangkat Android kamu untuk bermain game telah muncul.

Aplikasi game booster ini menyesuaikan berbagai pengaturan untuk memastikan ponsel kamu dapat memainkan game dengan lancar, dan mereka juga mematikan notifikasi sehingga kamu tidak terganggu saat bermain. kamu tidak perlu mengoptimalkan setiap opsi secara manual karena aplikasi melakukannya dengan satu ketukan.

Game Booster adalah aplikasi pengoptimalan game gratis yang dapat membantu perangkat Android kamu menjadi lebih ramah game. Ada beberapa peluncur game lain untuk Android yang dapat kamu gunakan juga. Dan, jika ponsel Android kamu memiliki mode permainan, pastikan itu dihidupkan setiap kali kamu ingin bermain.

9. Gunakan Aksesori Game Ponsel

Selain perangkat lunak, kamu dapat melakukan perubahan perangkat keras untuk meningkatkan permainan di perangkat Android kamu.

kamu dapat, misalnya, mendapatkan pengontrol game eksternal untuk memainkan game di ponsel kamu. Pengontrol ini akan memungkinkan kamu mengontrol gerakan kamu dengan lebih baik dalam game. Misalnya, kamu dapat menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan pengontrol Xbox Series X atau PlayStation 5 ke ponsel Android kamu.

Untuk pengalaman bermain game genggam terbaik, kamu juga dapat membeli dudukan klip smartphone untuk pengontrol kamu. Sebagian besar aksesori game ini mudah diatur. kamu cukup mencolokkannya ke telepon kamu dan mulai berfungsi.

Baca juga: Startup Ini Hadirkan Aksesoris yang Buat Xbox Series S Jadi Konsol Portabel

10. Overclock CPU Ponsel

Terakhir, untuk penggemar game seluler sejati, sesuatu yang lebih praktis. Overclocking CPU ponsel kamu memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak daya dari prosesor yang sama. Ini memungkinkan game kamu memproses lebih banyak item sekaligus, menghasilkan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Sebagian besar ponsel Android memungkinkan kamu melakukan overclock CPU. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa kamu perlu melakukan root pada ponsel kamu sebelum kamu dapat melakukan overclock. Jika kamu tidak yakin apa itu root, sebaiknya jangan melakukannya, atau kamu berisiko merusak perangkat kamu.

Optimalkan Android untuk Game

Jika perangkat Android kamu adalah mesin game utama kamu, tips di atas akan membantu kamu meningkatkan performa game ponsel kamu. Beberapa penyesuaian di sana-sini akan meningkatkan performa perangkat kamu di semua game favorit kamu.

Ada banyak game yang tersedia untuk Android, dan beberapa tidak memerlukan koneksi internet sama sekali.

Update informasi menarik lainnya seputar anime, game, pop culture serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: