Konsol Gaming Buatan Rusia Didorong Vladimir Putin

Zeinal Wujud, 3 April 2024

Konsol Gaming Buatan Rusia Didorong Vladimir PutinGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Pada era modern ini, industri video game telah menjadi bagian integral dari budaya global. Namun, semenjak terjadinya konflik yang mengisolasi Rusia dari banyak perusahaan internasional, negara tersebut kini menghadapi tantangan baru. Dalam situasi ini, Presiden Vladimir Putin telah mengambil langkah ambisius dengan merintis pembuatan konsol gaming buatan Rusia.

Krisis Ekonomi dan Isolasi: Tantangan Baru bagi Rusia

Konsol Gaming Buatan Rusia

Krisis dengan Ukraina telah memicu serangkaian sanksi ekonomi yang membuat banyak perusahaan asing menarik diri dari pasar Rusia.

Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh ekonomi negara, tetapi juga oleh para penggemar game di Rusia yang kini kehilangan akses terhadap konsol populer seperti PlayStation, Xbox, dan Nintendo.

Konsol Gaming Buatan Rusia: Mengurangi Ketergantungan pada Produk Impor

3 Konsol Game

Melihat potensi kekosongan pasar ini, Putin telah menginstruksikan pemerintah untuk memulai pengembangan konsol gaming lokal.

Dalam pertemuan sosio-ekonomi baru-baru ini, Putin mengeluarkan perintah untuk merancang dua jenis konsol, yakni versi stasioner dan portable.

Selain itu, Putin juga menekankan pentingnya pembuatan sistem operasi dan sistem cloud yang mendukung distribusi produk game kepada konsumen.

Baca juga:

Langkah ini tidak hanya diarahkan untuk mengurangi ketergantungan Rusia pada produk impor, tetapi juga sebagai upaya strategis untuk mempertahankan keberadaan industri game di negara tersebut.

Dengan memberikan tenggat waktu kepada pemerintah lokal untuk mengevaluasi proposal tersebut, Putin menegaskan komitmennya dalam menghadapi isolasi ekonomi dengan langkah-langkah inovatif.

Tantangan di Depan: Merintis Konsol Gaming Buatan Rusia

Konsol Game

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa merintis konsol gaming buatan Rusia bukanlah tugas yang mudah.

Dibutuhkan waktu, sumber daya, dan keahlian teknis yang cukup untuk menciptakan produk yang mampu bersaing dengan gigantisme industri seperti PlayStation dan Xbox.

Berdasarkan laporan dari sumber terpercaya, proses ini diperkirakan memakan waktu hingga 10 tahun, mulai dari tahap perancangan hingga peluncuran produk.

Baca juga:

Menghadapi tantangan ini, pemerintah Rusia telah menunjuk Perdana Menteri Mikhail Mishustin sebagai pemimpin proyek ini.

Langkah ini menunjukkan komitmen penuh pemerintah dalam mewujudkan visi Putin untuk memiliki konsol gaming buatan Rusia yang dapat bersaing di pasar global.

Implikasi Langkah Ambisius Putin

Dengan langkah ambisius ini, Rusia tidak hanya berusaha untuk mempertahankan eksistensi industri game dalam negeri, tetapi juga untuk membuktikan kemampuan teknologi dan inovasi negara tersebut di panggung global.

Meskipun masih menjadi tanda tanya apakah impian Putin akan menjadi kenyataan, langkah ini tanpa diragukan merupakan langkah strategis yang menarik dalam menghadapi perubahan dinamis dalam ekonomi global.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: