Kreator Minecraft Ini Dapat Akses Seumur Hidup ke Borobudur

Camilla Anindita, 16 Januari 2024

Kreator Minecraft Ini Dapat Akses Seumur Hidup ke BorobudurGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Baww, Konten kreator minecraft sekaligus gamer asal Indonesia membuat karya yang luar biasa yakni membangun Candi Borobudur. Hebatnya candi yang dibuat di Minecraft ini, ia bangun dalam waktu 100 jam!

Tahun lalu, Baww membuat sebuah konten mengenai keseruannya dalam membuat Candi Borobudur di dalam permainan besutan Mojang Studios tersebut. Dalam 100 jam, Baww menggunakan 10 jam untuk melakukan grinding di mana itu ialah proses mengumpulkan barang atau item. Kemudian 90 jam lainnya ia manfaatkan untuk membangun candi di Minecraft Survival.

Kreator Minecraft Membuat Candi Borobudur dalam Tiga Tahapan

Kreator Minecraft
Struktur Candi Borobudur di Minecraft

Dilansir detikJabar, selama pembuatan Candi Borobudur, Baww menuturkan ada tiga tahapan, yakni membuat outline, menempatkan blok, dan melakukan detailing.

Untuk tahap pertama, Baww menghabiskan waktu hingga 10 jam. Ketika memasuki tahap kedua, ia pun berhasil menyelesaikan kaki Candi Borobudur dalam kurun waktu 27 jam dan meletakkan balok di bagian tengah hingga 12 jam.

Tahap ketiga dalam detailing, Baww mengalami kesulitan. Hal itu disebabkan dirinya harus membuat beberapa tangga, ornament, stupa, dan detail-detail lainnya. Dirinya mengaku bahwa bagian yang paling rumit dibuat ialah membuat ornament dinding candi. Meskipun memakan 15 menit saja, dirinya tetap harus membaut jumlah yang banyak.

Tetap saja, Baww berhasil menuntaskan apa yang ia kerjakan sendirian. Usai 90 jam dirinya harus berjibaku dengan banyaknya blok, proyek pembangunan Candi Borobudur akhirnya tuntas. Dalam akhir videonya, Baww mempersembahkan Candi Borobudur ini untuk perayaan ulang tahun Indonesia yang ke-77. Menariknya, video tersebut baru viral pada tahun 2023.

Baca juga: 

Usai Video Viral, Baww Mendapat Akses Seumur Hidup ke Candi Borobudur

Kreator Minecraft Buat Candi Borobudur
Candi Borobudur di Minecraft

Dengan videonya yang viral, banyak orang yang kagum dengan keahliannya. Tidak sedikit yang sangat mengapresiasi kejeniusan dan kegigihannya, mengingat setiap sudut candi dipasangkan blok dengan detailnya.

Bahkan Baww mendapat email dari pengelola Borobudur Park dan ia mendapat akses seumur hidup secara gratis untuk berkunjung ke Candi Borobudur. Pihak Borobudur Park sangat terkesan dan mengapresiasi mahakarnya yang Baww buat dalam Minecraft. Selain itu, Baww juga mendapatkan sensasi keindahan sunrise dari bukit Dagi yang juga ia dapatkan gratis dari Borobudur Park.

Tidak puas dengan Candi Borobudur saja, Baww juga membangun Candi Prambanan melalui video YouTube pribadinya, Baww yang diunggahnya empat bulan yang lalu. Sama seperti Candi Borobudur, ia membangun Candi Prambanan sesuai dengan ukuran aslinya dan detailnya juga serupa dengan dunia nyata.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: