LEC 2024 Resmi Dimulai 13 Januari dengan Format Baru

Dimas Galih Putrawan, 12 Desember 2023

LEC 2024 Resmi Dimulai 13 Januari dengan Format BaruEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – League of Legends EMEA Championship 2024 atau LEC 2024 sudah dipastikan akan mulai digelar pada 13 Januari mendatang. Riot Games sudah mengumumkan pihaknya akan menerapkan beberapa perubahan dalam format, termasuk batas usia minmal dan penggabungan Group Stage serta Playoffs.

Perubahan Format yang Diterapkan pada LEC 2024

Riot Games membagikan informasi beberapa perubahan kecil pada format turnamen League of Legends Eropa melalui laman resminya. Pihaknya menjelaskan seluruh perubahan itu bertujuan agar memperkuat kompetisi.

LEC 2024 bracket

Pertama, Group Stage dan Playoff pada setiap split menjadi satu bracket. Tujuannya agar semua pihak mudah untuk memahami dan mengikuti kompetisi. Bracket ini masih tetap memiliki jumlah pertandingan best-of-3 dan best-of-5 seperti sebelumnya.

Waktu jeda antara Winter Split dan Spring Split pun diperpanjang demi memberi dukungan lebih baik bagi tim dan pemainnya. Begitu pula dengan waktu jeda antara Spring Split dan MSI hingga satu minggu. Konsekuensinya, break antara Summer Split dan LEC Season Finals akan dipersingkat hingga satu minggu.

LEC 2024 championship points

Championship Points di LEC 2024 ikut mengalami perubahan. Kini posisi kelima dan keenam serta ketujuh dan kedelapan masing-masing mendapat jumlah skor sama persis. Juara Summer Split akan secara otomatis lolos ke Worlds, sementara posisi kedua dan ketiga harus bersaing kembali di Season Finals.

Baca juga:

Batas Usia Minimal Pemain Juga Dinaikkan

Terakhir, Riot Games menaikkan batas minimal usia dari 17 hingga 18 tahun. Pihaknya mengakui kenaikan batas minimal usia bisa menambah peluang bagi tim dan LEC untuk menambah keuntungan tambahan.

Riot Games tidak menyebut contoh apa saja yang menjadi kesempatan untuk menambah keuntungan tambahan. Namun, Esports Insider memperkirakan kesempatan tersebut berupa sponsor dari brand alkohol, perjudian, atau lainnya yang tidak bisa dipromosikan pada usia remaja.

Awal tahun ini, pihak penyelenggara LEC sempat memberi pernyataan kenaikan batas usia sebelum menariknya. Maximilian Peter Schmidt selaku direktur esports League of Legends EMEA mengklarifikasi bahwa pihaknya masih mengevaluasi keputusan tersebut. Pada 5 Desember, Schmidt akhirnya menetapkan kebijakan baru itu demi kepetingan ekosistem esports EMEA dalam jangka panjang.

LEC 2024 akan dimulai 13 Januari mendatang dengan broadcast langsung dari Riot Games Arena di Berlin, Jerman.

Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: