Life by You, Game Pesaing The Sims, Rilis September

Dimas Galih Putrawan, 22 Maret 2023

Life by You, Game Pesaing The Sims, Rilis SeptemberGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Setelah pertama kali terungkap saat event Paradox Showcase bersama Cities: Skylines 2, Paradox Interactive baru-baru ini mengungkap konsep utuh dari salah satu game terbarunya, Life by You. Game life simulation itu digadang-gadang menjadi pesaing franchise The Sims yang sudah lebih dulu terkenal. Life by You akan rilis September ini di PC sebagai early access.

Disutradarai oleh Rod Humble, Mantan Pemimpin Label The Sims

Paradox Tectonic, sebuah studio internal baru milik Paradox Interactive, bertanggung jawab dalam pengembangan Life by You. Lebih mengejutkannya lagi proses pengembangan tersebut dipimpin oleh Rod Humble, mantan pemimpin label The Sims. Ia berkontribusi sangat besar dalam pengembangan The Sims 2 dan The Sims 3.

Secara konsep dari pengumuman perdananya saat Paradox Showcase, banyak penggemar yang menganggap game ini berpotensi menjadi saingan terberat The Sims. Ini justru mengingatkan Cities: Skylines menjadi pesaing franchise SimCity. Saat kemunculan Cities: Skylines pertama kali saat 2015, SimCity reboot yang rilis 2013 sudah dianggap gagal dan menuai kritikan dari kritikus dan penggemar setianya.

Baca juga: Cities: Skylines 2 Diumumkan, Jadi City-Builder Terealistis

Life by You Tunjukan Konsep Life Simulation Unik dengan Open World

Life by You life simulation
Life by You digadang gadang menjadi pesaing The Sims

Trailer perdananya secara utuh menunjukkan fitur apa yang akan hadir di Life by You. Salah satu fitur yang paling mencuri perhatian adalah open world. Pemain dapat mengekplorasi kota dan menyaksikan kegiatan karakternya tanpa harus memasuki loading screen.

Life by You customization
Kustomisasi di Life by You disebut sangat ekstensif

Pemain Life by You juga menghadirkan kustomisasi ekstensif untuk membangun rumah, memilih warna dan gaya furnitur, membuat karakter sendiri lengkap dengan sifatnya, dan percakapan antar karakter dalam game. Uniknya, game ini justru menggunakan bahasa manusia sungguhan alih-alih bahasa fiktif seperti Simlish di The Sims. Jika itu masih belum cukup, dukungan mod juga dipastikan akan hadir.

Life by You open world
Life by You menjadi game life simulation dengan open world

“Life by You mengubah genre life simulation dengan gaya modern, percakapan bahasa sungguhan, dan kebebasan berekspresi tanpa batas. Alat kustomisasi yang ekstensif dalam game ini dapat membuat storytelling bertingkat, dan saya tidak sabar untuk menyaksikan kreasi pemain saat mereka menikmati early access-nya,” tulis Rod Humble dalam pernyataan dilansir dari The Verge.

Sementara itu, The Sims 4 telah menjadi free-to-play 18 Oktober 2022 dan hampir memasuki satu dekade semenjak peluncuran perdananya. EA mengumumkan Project Rene yang dianggap sebagai sekuel dari The Sims 4. Franchise The Sims juga masih harus bersaing dengan Paralives, satu lagi game life simulation yang juga akan hadir. Paralives sendiri merupakan game indie dari Paralives Studios yang beranggotakan hanya 11 orang.

Life by You akan rilis pada 12 September 2023 sebagai early access di PC melalui Steam dan Epic Games Store.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: