LoL Worlds 2023 Jadi Turnamen eSports Terbanyak Ditonton!

Dimas Galih Putrawan, 28 November 2023

LoL Worlds 2023 Jadi Turnamen eSports Terbanyak Ditonton!Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Turnamen esports League of Legends terbesar tahun ini, LoL Worlds 2023, sudah berakhir dengan T1 merebut gelar juara untuk keempat kalinya bersama pro player Faker. Walau memasuki tahun ke-10, live stream Grand Final itu resmi memecahkan rekor event esports terbanyak ditonton sepanjang masa!

Rekor Baru! Final LoL Worlds 2023 Capai 6,4 Juta Penonton!

Menurut Esports Charts, pertandingan Grand Final antara T1 dan Weibo Gaming di Worlds 2023 berhasil menarik perhatian penonton yang sangat masif. Pihaknya mencatat sebanyak 6,4 juta penonton dari seluruh dunia (tidak termasuk China) yang menyaksikan babak Grand Final kompetisi terbesar League of Legends tersebut. Angka ini sekaligus menjadikannya sebagai event esports terbanyak ditonton sepanjang masa!

Sebagai perbandingan, pertandingan semifinal antara T1 dan JD Gaming memuncak pada angka 4 juta penonton. Hal ini membuktikan League of Legends masih menjadi salah satu game dan esports terpopuler di seluruh dunia.

Terlebih, penampilan perdana Heartsteel sebagai boy band League of Legends dan NewJeans yang membawakan anthem bertajuk Gods ikut menarik perhatian. Disebutkan pula event ini mencapai rekor bahkan sebelum puncak babak Grand Final, lebih tepatnya saat match pertama.

Hasil yang didapat Worlds 2023 ini melengserkan Free Fire World Series 2021 Singapore sebagai event esports terbanyak ditonton. Sebelumnya, turnamen Free Fire itu mencapai 5,4 juta penonton pada akhir Mei 2021.

Baca juga:

Konsisten Naik dari Tahun ke Tahun

Menariknya, League of Legends World Championship konsisten mengalami kenaikan angka penonton selama tiga tahun terakhir. Worlds 2021 berhasil menarik 4 juta penonton, sementara Worlds 2022 justru meningkat menjadi 5,1 juta penonton. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, LoL Worlds 2023 mengalami kenaikan penonton hingga 24,3 persen.

Sayangnya, event Worlds tahun ini tidak berhasil mencetak rekor total waktu tonton. Worlds 2021 tetap berada di posisi puncak dengan total 174,8 juta jam tontonan. Event tahun ini harus puas berada di bawahnya dengan 147 juta jam tontonan.

Worlds 2023 menjadi bukti bahwa League of Legends masih menjadi game papan atas di dunia esports dalam 14 tahun terakhir.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: