Mengenal Fitur Baru Roblox: Avatar Auto Setup dengan AI

Zeinal Wujud, 25 Maret 2024

Mengenal Fitur Baru Roblox: Avatar Auto Setup dengan AIGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Roblox, platform game yang terkenal dengan kreativitasnya, kembali menghadirkan fitur baru Roblox untuk mempermudah proses pembuatan avatar dan model 3D.

Pada hari Senin, perusahaan ini mengumumkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam membuat avatar dan model 3D di platform Roblox.

Fitur Baru Roblox: Membuat Avatar Hidup dalam Hitungan Menit

Fitur Baru Roblox Avatar Auto Setup

Fitur pertama adalah “Avatar Auto Setup”, yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pembuatan avatar. Dengan mengkonversi secara otomatis mesh tubuh 3D menjadi avatar hidup.

Begitu pembuat memilih fitur baru ini, Roblox akan menjalankan serangkaian tes pada aset. Kemudian secara otomatis memasangkan, menjadikan avatar, memisahkan, dan memberi tekstur pada model 3D.

Setup otomatis ini memetakan bagian-bagian tubuh avatar untuk menambahkan pakaian, dan kemudian memetakan fitur wajahnya untuk menambahkan animasi wajah.

Dengan demikian, avatar dapat langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Roblox mengklaim bahwa Avatar Auto Setup akan memungkinkan pembuat untuk menyelesaikan proses yang biasanya memakan waktu berhari-hari hanya dalam beberapa menit saja.

Baca juga:

Fitur Baru Roblox: Texture Generator

Texture Generator

Fitur kedua adalah “Texture Generator,” yang memungkinkan pembuat untuk dengan cepat mengubah tampilan objek 3D menggunakan teks dalam bahasa yang sederhana.

Pembuat dapat menggunakan fitur ini untuk membuat prototipe tampilan baru dengan cepat dan menghidupkan tekstur baru.

Fitur ini memetakan objek dan menambahkan tekstur tiga dimensi yang sesuai dengan geometri objek tersebut.

Sebagai contoh, kamu dapat memasukkan teks untuk membuat tekstur untuk peti harta karun kayu 3D.

Generator akan membuat tekstur yang menonjolkan sudut-sudut tajam peti dan menambahkan elemen tambahan seperti papan kayu dan kunci.

Atau kamu dapat meminta fitur ini untuk menghasilkan tampilan tas punggung kulit merah yang telah lapuk, setelah itu akan menghasilkan tekstur 3D lengkap pada aset tersebut.

Roblox menyatakan bahwa proses ini biasanya memakan waktu berjam-jam atau berhari-hari untuk diselesaikan oleh seorang seniman.

Dengan Texture Generator, Roblox memungkinkan pembuat untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 15 hingga 30 detik saja.

Baca juga:

Mendorong Kreativitas dan Efisiensi di Dunia Game

Setelah objek 3D dihasilkan, kamu dapat memilih untuk menyimpannya dan mengaplikasikannya. Jika kamu tidak menyukai hasilnya, kamu dapat mencoba lagi dan menghasilkan hasil baru.

“Teknologi AI baru kami membantu siapa pun mulai dari pengembang indie hingga studio game profesional untuk dengan cepat membuat konten yang kaya dan menarik di platform Roblox. Membawa mereka dari ide ke realitas bersama, lebih cepat dari sebelumnya,” kata Nick Tornow, wakil presiden insinyur pencipta di Roblox, dalam rilis pers.

Dengan alat ini, pembuat dapat fokus pada ideasi kreatif dan kurang pada implementasi, meningkatkan pengalaman mereka untuk meningkatkan keterlibatan – dan pada akhirnya, bisnis mereka.

Avatar Auto-Setup tersedia dalam alpha, dan Texture Generator tersedia dalam beta publik dan dapat diakses di Roblox Studio.

Dengan fitur-fitur baru ini, Roblox sekali lagi membuka pintu bagi para kreator untuk mengekspresikan imajinasi mereka dengan lebih bebas dan cepat di dunia game yang terus berkembang.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: