Benarkah Kode Moonton Dibeli Tencent, Live Stream di Douyin

Maytiska Omar, 24 Januari 2024

Benarkah Kode Moonton Dibeli Tencent, Live Stream di DouyinEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Kabar Tencent yang akan membeli Moonton semakin panas dengan beberapa hint dari perusahaan asal China tersebut. Nasib Mobile Legends: Bang Bang dan Honor of Kings belum dapat dipastikan ke depannya.

Honor of Kings, salah satu game Moba milik Tencent sekarang dapat disiarkan di Douyin, TikTok versi China. Sebelumnya, hubungan kedua perusahaan ini sempat tidak baik.

Tencent pernah menggugat ByteDance, pemiliki dari Moonton, karena  melakukan streaming Honor of Kings di platform Xigua. Gugatan tersebut berhasil, akibatnya game yang dimiliki perusahaan tersebut tidak boleh melakukan live streaming di platform milik lawannya tanpa seizin Tencent.

Namun, kabar mengejutkan adalah Tencent menguji Honor of Kings di Douyin, platform streaming milik ByteDance, dari tanggal 14 – 17 Januari 2024. Kemudian, dilanjutkan dengan aktivitas streaming lainnya dari 18 – 20 Januari 2024.

Ini menjadi pertanda bahwa Moonton kemungkinan besar akan dibeli oleh perusahaan yang membuat PUBG Mobile ini.

Bagaimana Nasib Moonton Ke Depannya?

Kabar Moonton kemungkinan akan dibeli oleh Tencent semakin besar.
Kabar Moonton kemungkinan akan dibeli oleh Tencent semakin besar

Kabar ByteDance sedang menjual aset gaming mereka sudah terdengar sejak awal tahun 2024. Pasalnya, mereka ingin berfokus pada inti perusahaannya yaitu sebagai platform sharing video pendek dan live streaming.

Salah satu perusahaan yang tertarik adalah Tencent. Beberapa kesepakatan yang mungkin mereka bicarakan adalah pembelian game populer yang diterbitkan Nuverse dan Moonton. Gim dari Nuverse sendiri adalah “Crystal of Atland” dan “Earth: Revival”.

Namun, pembicaraan ini masih ditahap awal dan belum dapat dipastikan. Walaupun begitu, ByteDance sepertinya sudah bersiap untuk melepas semua property gaming mereka.

Moonton sendiri dibeli oleh ByteDance pada tahun 2021 dengan haga 4 triliun dollar atau sekitar 62,3 triliun Rupiah. Pada November silam, ByteDance mengumumkan mereka akan mengurangi keterlibatan dalam bisnis game dan kembali ke inti awal perusahaan.

Dilansir dari Reuters, ByteDance sendiri sekarang tengah berdiskusi dengan berbagai calon pembeli mereka.

Baca juga:

Mobile Legends dan Honor of Kings Mungkin Bersatu?

Setting Mobile Legends: Bang Bang ada di Honor of King.
Setting Mobile Legends Bang Bang ada di Honor of King

Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu game terpopuler Moonton. Bahkan, banyak tim esports di Indonesia yang berfokus pada turnamen-turnamen MLBB. Di sisi lain, Tencent juga membuat game Moba berjudul Honor of Kings (HOK).

Tanda dari kedua perusahaan diawali dengan Douyin dapat melakukan live streaming untuk game Tencent. Selain itu, dalam seminggu terakhir, ada hal yang menarik di Honor of Kings Global.

HOK Global memiliki setting “Mobile Legends: Bang Bang”, yang mana tidak lazim untuk dua saingan memiliki sistem setting sama di dalam satu game. Jadi, ini adalah pertanda yang cukup kuat untuk kedua game.

Selain itu juga, HOK saat ini dikabarkan mengalami penurunan jumlah pemain baru dan juga pendapatannya. Bahkan, PUBG Mobile yang sempat sangat populer juga menghadapi situasi serupa.

Kita tunggu saja kabar kelanjutan dari keduanya dan nasib Mobile Legends sebagai game esports selanjutnya!

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: