Palworld Menuai Kontroversi Atas Kemiripannya dengan Pokémon

Maytiska Omar, 29 Januari 2024

Palworld Menuai Kontroversi Atas Kemiripannya dengan PokémonGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Game Palworld yang sedang populer di kalangan masyarakat menuai kontroversi karena desain monsternya mirip dengan Pokémon. Beberapa fans bahkan membuat perbandingan di antara keduanya.

Setelah dirilis pada tanggal 19 Januari 2024, Palworld telah menembus 5 juta penjualan di PC dan Xbox. Bahkan sudah mencapai 1,3 juta player di Steam menjadikannya salah satu game tersukses di awal 2024.

Namun, tidak lama untuk game buatan Pocketpair ini menuai kontroversi. Pasalnya, banyak penggemar Pokémon tidak begitu senang akan desain monster yang ada di Palword. Tidak sedikit yang membandingkan keduanya melalui platform X.

Creature Palworld Dianggap Mirip dengan Monster Pokémon

Kemiripan antara Cattiva (Palworld) dan Clefable (Pokémon) yang terlihat.
Kemiripan antara Cattiva Palworld dan Clefable Pokémon yang terlihat dari bentuknya

“Pokémon dengan Senjata (Pokémon with Guns)” merupakan julukan baru untuk Palworld. Beberapa menganggapnya desain ini sudah masuk ranah plagiarisme, tetapi ada juga yang merasa bahwa Pocketpair hanya terinspirasi.

Sebelumnya, ada dua game di Xbox dan Nintendo Switch yang juga terinspirasi dari Pokémon, yaitu Temtem dan Cromon. Namun, banyak dari fans game Nintendo ini menemukan persamaan antara 111 monster Palworld dan Pokémon.

Dua postingan di atas memperlihatkan para penggemar mencari persamaan di antara keduanya, entah melalui satu referensi atau menggabungkan beberapa monster. Bahkan user Byo sampai membuat videonya.

Dilansir dari VGC, beberapa game artist yang diwawancarai menyatakan bahwa model karakter di Palword dapat dikatakan memang berdasarkan model Pokémon. Mulai dari siluet hingga proporsinya menggunakan skema yang sama.

Palworld sendiri merupakan game survival, yang sangat berbeda dengan game Nintendo buatan Game Freak tersebut. Di Palworld player dapat mengumpulkan monster dan memberikan mereka senjata, membangun rumah, dan membuat obat untuk bertahan hidup.

Baca juga: 

Pocketpair Tidak Takut Akan Legalitas Monsternya

Palworld juga dijuluki sebagai "Pokémon with Guns" walaupun permainannya berbeda.
Palworld juga dijuluki sebagai Pokémon with Guns walaupun permainannya berbeda

Banyak akun di X yang menuntut bahwa Pocketpair melakukan plagiarisme dan harus meminta maaf atau menghapus game tersebut. Namun, Takuro Mizobe, CEO dari Pocketpair menyatakan bahwa ia akan mengambil jalur hukum untuk penuduhan tersebut.

“Saat ini, kami menerima komentar fitnah terhadap artis kami, dan kami melihat tweet dengan ancaman pembunuhan.

Saya telah menerima berbagai pendapat mengenai Palworld, tetapi semua produksi yang terkait dengan Palworld disupervisi oleh banyak orang, termasuk saya sendiri, dan saya bertanggung jawab atas produksinya.

Saya akan sangat menghargai jika Anda menahan diri untuk tidak memfitnah artis yang terlibat di Palworld,” tulis Mizobe di platform X.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa mereka sama sekali tidak ada niatan untuk mengambil kekayaan intelektual (IP) perusahaan lain, dalam hal ini maksudnya adalah Pokémon.

Dilansir dari Kotaku, diwawancara terpisah, Mizobe juga mengungkapkan bahwa Palword mengambil banyak inspirasi dari Pokémon sebagai “pendahulu yang hebat”. Walaupun begitu, ia tetap menyatakan bahwa game buatannya tidak mengambil IP game yang telah lama terkenal itu.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: