Nintendo Menang Atas Pembajakan Dstore

Selena Chan, 19 April 2023

Nintendo Menang Atas Pembajakan DstoreGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Bajak game Nintendo, Dstore harus berhadap-hadapan dengan hukum. Pembajakan pada video game menjadi hal yang meresahkan bagi developer game. Bagaimana tidak, udah susah payah membuat dan menjualnya ternyata dimanfaatkan oknum pembajak untuk menguntungkan dirinya bahkan pembajak memiliki situs berskala besar yang dikelolanya. Piracy atau pembajakan menjadi faktor besar game tersebut merugi.

Baru-baru ini Nintendo berhasil memenangkan gugatan atas pembajakan video game miliknya dengan operator situs game bajakan Dstorage. Melalui pernyataan banding di Paris, Perancis, bahwa situs Dstorage harus mempertanggungjawabkan kesalahannya karena Dstorage telah gagal menarik seluruh game bajakan yang didapat dari Nintendo kemudian disebarkan di situs miliknya, 1fichier.com.

Ketahuan Bajak Game Nintendo, Admin Dstorage Didenda sebesar 7,5 Milyar

Game Nintendo Dibajak
Pembajakan pada industri game

Akibat perbuatan membajak game milik Nintendo, Dstorage dikenakan denda sebesar 484 ribu dolar AS atau 7,5 Milyar Rupiah kepada Nintendo setelah berjalan hampir dua tahun lamanya sejak bulan Mei 2021 yang lalu. Serta tambahan uang hukum sebesar 27 ribu euro atau 414 juta Rupiah. Namun pihak tergugat yaitu Dstorage dapat mengajukan banding bila tidak setuju.

Baca juga:

Dstorage Bersedia Untuk Bertanggung Jawab

Beruntung Dstorage cukup kooperatif, pihaknya mengatakan bahwa Dstorage wajib mempertanggungjawabkannya dengan menghapus seluruh game bajakan yang didistribusikannya serta membayar seluruh denda yang diperbuatnya. Melihat diatas, Nintendo begitu senang dengan sikap yang diambil oleh pengadilan Paris tersebut. Menurut Nintendo, putusan pengadilan perancis begitu penting dalam kancah industri game. Pasalnya akan sangat merugikan para pengembang yang ingin memasarkan game miliknya.

Hal ini juga mencegah situs serupa lainnya seperti 1fichier kembali melakukan kejahatan yang sama. Selanjutnya mengapa game bajakan sangat tidak direkomendasikan untuk dimainkan terutama game PC? Meskipun harga yang dipasarkannya jauh dibawah harga normal yang dijual di Steam justru membawa petaka, diantaranya virus yang dibawa dari sumber asalnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa kita belum tahu bagaimana mereka mendapatkannya key productnya, apakah dari cracking, hacking maupun pendistribusian melalui PC mereka. Apakah file yang disisipkannya juga membawa virus atau tidak? Belum tahu kan?

Itu mengapa dengan membeli produk orisinil sangat diwajibkan, selain menghargai usaha yang dilakukan developer Games, membeli game orisinil juga terhindar dari hal – hal tidak diinginkan seperti malware dan virus.

Yuk hargai para pengembang game dengan membeli game mereka secara langsung 

author avatar
Selena Chan
Jangan Panggil Aku Suhu, masih pemain baru Add ID yang mau bermitra ML: 331557585 ( Selena X Earl ) Cookie Run: Ovenbreak: FFJNY0536 Kingdom: ZZJDN1852
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: