Overwatch 2: Mengenal Karakter Orisa, Guide Gameplay

Dimas Galih Putrawan, 18 Oktober 2023

Overwatch 2: Mengenal Karakter Orisa, Guide GameplayGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung Orisa merupakan salah satu hero tank kuat dan resisten di Overwatch 2. Di balik role-nya yang umumnya defensive, ternyata ia kini berfokus pada serangan dan menjadi lebih cepat. Hal ini karena ia mendapat rework besar saat peluncuran resmi game-nya sebagai free to play.

Bisa dibilang kini Orisa menjadi hero hybrid damage dan tank. Pemain tentu ingin menggunakan Orisa dalam posisi terdepan bagi tim saat pertarungan, mengalahkan beberapa musuh, dan melindungi rekannya. Ia memiiliki total 550 HP, 275 di antaranya berasal dari Armor, membuatnya sangat tanky saat menghadapi Primary Weapon miliki beberapa hero. Tetapi, dibandingkan dengan saat di Overwatch, HP tersebut lebih rendah dari sebelumnya, berarti pemain harus semakin mengawasi HP saat dalam pertarungan.

Daftar Ability Orisa di Overwatch 2

Augmented Fusion Driver

Overwatch 2 Orisa Augmented Fusion Driver

Primary Weapon milik Orisa adalah Augmented Fusion Driver, sebuah senjata otomatis berbasis panas dengan peluru tanpa batas. Berkat peluru tanpa batas, ia bisa menembak tanpa mengisi ulang. Namun, saat penggunaannya dalam jangka waktu panjang, senjata itu menjadi overheat. Ia bisa menembak tanpa henti kurang lebih selama lima detik sebelum overheat. Untuk mendinginkannya, kurang lebih dua atau tiga detik.

Senjata ini bisa memicu damage lebih besar jika dalam jarak dekat atau close-quarter. Terlebih, jika sampai headshot, damage pun juga semakin besar. Augmented Fusion Driver memang bisa digunakan sebagai serangan jarak jauh, tetapi serangan jarak dekat menjadikannya lebih mematikan.

Energy Javelin

Overwatch 2 Orisa Energy Javelin

Ia juga bisa membuat javelin menggunakan energi dari senjatanya. Salah satunya adalah Energy Javelin. Ia bisa melempar javelin menuju target bidikannya, mengentak mundur sekaligus memicu 60 damage pada musuh. Jika musuh menghantam dinding setelah terkena Energy Javelin, terdapat tambahan 40 damage. Ability ini memiliki durasi cooldown enam detik.

Jika mengincar headshot pada musuh dari jarak jauh, ia membutuhkan bidikan yang sempurna untuk melakukannya. Namun, ability ini juga bisa digunakan dalam jarak dekat dengan mudah, apalagi dalam ruangan tertutup, memudahkannya untuk membasmi musuh lebih cepat. Jika damage tambahan belum cukup, ia bisa memanfaatkannya dengan menyerang menggunakan Augmented Fusion Driver untuk serangan pamungkas.

Fortify

Overwatch 2 Orisa Fortify

Fortify menjadi bentuk ability defensive bagi Orisa, sesuatu yang penting bagi hero tank. Ability ini menambah buff untuk dirinya sendiri sementara waktu. Ia akan mendapat 125 HP tambahan sementara dan juga pengurangan damage yang diterima. Tidak hanya itu, Fortify ikut mengurangi jumlah panas yang dihasilkan Augmented Fusion Driver.

Fortify akan aktif selama 4 detik dengan cooldown 12 detik. Ability tersebut memperkuat pertahanannya sekaligus menambah peluang untuk bertahan hidup. Namun, saat Fortify menjadi tidak aktif, HP akan kembali seperti saat sebelum menggunakannya. Jika ingin menggunakannya saat HP rendah, pastikan untuk temukan Health Pack atau rekan tim support segera.

Baca juga:

Javelin Spin

Overwatch 2 Orisa Javelin Spin

Javelin Spin menjadi ability javelin kedua dari Orisa. Kali ini, Javelin Spin menjadi bentuk defensive baginya. Ia akan memutar Energy Javelin-nya saat aktif, menghentikan peluru  dan serangan melee yang berdatangan selama dua detik. Ability ini sekaligus bisa memicu damage dan mengentakkan musuh. Pergerakannya juga menjadi lebih cepat berkat Javelin Spin.

Pada dasarnya, ability ini menjadi sangat membantu agar kembali ke dalam pertarungan lebih cepat saat awal pertarungan atau setelah respawn akibat terbunuh musuh. Selama digunakan dalam situasi tepat, termasuk saat bertahan, Javelin Spin bisa menjadi sangat efektif. Meski begitu, cooldown untuk ability ini berdurasi tujuh detik. Kekurangan utama dari ability ini hanya bisa menahan serangan dari depan, maka tetap waspada dengan serangan dari belakang.

Terra Surge (Ultimate Ability)

Overwatch 2 Orisa Terra Surge

Terra Surge merupakan Ultimate Ability milik Orisa. Jika aktif, ia akan memutar javelin-nya ke atas untuk melakukan charge. Lalu ia bisa mengempaskan javelin-nya. Terra Surge akan menarik setiap musuh terdekat sekaligus memicu damage pada mereka. Semakin lama ia charge, semakin banyak pula damage pada musuh yang terkena Terra Surge.

Semenjak pemain tahu Terra Surge sangat mematikan, musuh bisa saja melarikan diri saat ia mulai mengaktifkannya. Terlebih, penggunaannya cukup rumit. Banyak pemain yang ingin men-charge lama hingga berhasil membunuh musuh, namun bisa saja musuh melarikan diri atau membunuhnya terlebih dahulu sebelum mengempaskan javelin. Maka, situasi terbaik menggunaan Terra Surge saat musuh sudah terkena damage sementara Orisa memiliki HP yang hampir penuh.

Kelebihan dan Kekurangan Orisa di Overwatch 2

Semenjak perubahannya di Overwatch 2, Orisa kini menjadi tank yang bisa memicu damage sama seperti Reinhardt. Ia memiliki Armor tinggi, bisa memicu damage konstan, dan Ability defensive-nya. Oleh karena itu, ia juga menjadi ancaman bagi hero DPS dengan pergerakan lambat seperti Brigitte dan Torbjorn.

Kelemahan terbesarnya saat ia harus menghadapi hero yang bisa membungkam ability defensive-nya, Zenyatta bisa mempermudah hero DPS untuk mengurangi HP Orisa lebih cepat 25 persen berkat Orb of Discord-nya. Bahkan beberapa hero seperti Mei mampu menghentikan Javelin Spin serta menambahkan efek slow pada Orisa dengan Endothermic Blaster. Sebagai tank, ia tidak memiliki ability yang dapat membentuk barrier seperti Reinhardt atau Sigma.

Kombinasi Hero yang Cocok dengan Orisa di Overwatch 2

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah kombinasi hero yang cocok dengan Orisa di Overwatch 2.

  • Baptiste: Baptiste memiliki beberapa ability yang bisa dikombinasikan dengan milik Orisa. Immortality Field dan Terra Surge bisa menjadi kombinasi yang menyelamatkan Orisa. Pada dasarnya, Baptiste menggunakan Immortailty Field untuk melindungi Orisa yang sedang charge Terra Surge selama beberapa detik. Akan lebih bagus lagi, Terra Surge bisa ter-charge penuh dan memicu damage
  • Tracer: Tracer bisa menjadi umpan bagi tim demi mengecoh musuh yang terkena damage konstan dari Orisa. Semakin fokus hero Support musuh berfokus healing dari damage dari Orisa, semakin terdistraksi pula hingga mereka tidak sadar dapat diserbu oleh Tracer. Lebih mematikan lagi, setelah Tracer menggunakan Pulse Bomb-nya untuk menarik perhatian musuh, Orisa bisa segera menggunakan Terra Surge, membuat serangan keduanya dapat membasmi setiap musuh terdekat.
  • Zenyatta: Kehadiran Zenyatta sebagai rekannya dapat mengatasi salah satu kekurangan Orisa, yaitu minim ability barrier. Zenyatta mampu secara pasif melakukan healing pada Armor Orisa untuk melindunginya.
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: