Overwatch 2: Mengenal Karakter Soldier 76, Guide Gameplay

Dimas Galih Putrawan, 25 Agustus 2023

Overwatch 2: Mengenal Karakter Soldier 76, Guide GameplayGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung Soldier: 76 merupakan salah satu hero yang versatile di Overwatch 2. Hero ini menjadi populer di kalangan pemula. Tidak heran, ia menjadi hero pertama yang digunakan saat tutorial. Oleh karena itu, ia sering sekali dianggap sebagai rekomendasi karakter pertama saat awal bermain.

Ia menjadi hero DPS versatile bukan tanpa alasan. Ia bisa menyerang dengan memicu damage yang cukup tinggi dalam hampir setiap jarak, melindungi dirinya dan musuhnya sambil melakukan healing, dan bisa sprint tanpa waktu cooldown.

Daftar Ability Soldier: 76 di Overwatch 2

Heavy Pulse Rifle (Primary Weapon)

Soldier: 76 - Overwatch 2

Primary Weapon atau senjata utama milik Soldier: 76, Heavy Pulse Rifle bisa dibilang menjadi salah satu senjata yang termudah digunakan dalam game. Pulse Rifle tersebut sering sekalig dianggap sebagai senjata api standar yang mungkin tidak asing bagi yang pernah memaikan game shooter lain.

Rifle fully-automatic ini menembakkan sembilan peluru per detiknya, sehingga masih memiliki damage per second yang konsisten. Senjata ini bisa digunakan dalam jarak dekat atau jauh.

Helix Rockets

Soldier: 76 - Overwatch 2

Helix Rockets merupakan mode kedua dari Heavy Pulse Rifle. Ability ini menembakkan tiga roket kecil yang menyebar dan memicu damage di manapun mereka mendarat. Jika terkena secara langsung, musuh akan mendapat 120 damage. Sementara jika hanya percikan, 40-80 damage akan didapat tergantung kedekatan target musuhnya. Cooldown dari ability ini berdurasi 6 detik.

Agar membuat ability ini lebih berbahaya, gunakan Helix Rocket untuk menjaga jarak dari musuh sekaligus memicu damage yang cukup banyak. Mengingat ledakan roket ini akan memicu damage target di dekatnya, tidak perlu khawatir meleset. Pemain bisa menggunakannya hampir terus menerus karena memiliki cooldown singkat selama match di Overwatch 2. Akan tetapi, hindari menggunakannya saat ia sedang memiliki HP rendah.

Sprint

Soldier: 76 - Overwatch 2

Sprint memudahkan Soldier: 76 dalam berlari lebih cepat. Berkat ability ini, keccepatan pergerakannya bertambah 50 pesen. Ini bisa memudahkannya untuk mengejar musuh yang melarikan diri, melewati medan terbuka, dan kembali dalam pertempuran setelah respawn. Kabar baiknya, Sprint tidak memiliki cooldown sama sekali.

Kekurangannya, ia tidak bisa menembak sambil menggunakan Sprint atau setidaknya 0,3 detik setelah selesai menggunakannya. Terlebih, ia tidak memiliki mobilitas yang bisa membantunya kabur tanpa mendapat damage. Oleh karena itu, cobalah untuk hindari tempat tertutup dan awasi sniper musuh jika ada.

Biotic Field

Soldier: 76 - Overwatch 2

Soldier: 76 bisa menempatkan Biotic Field, sebuah healing field, yang mengjangkau radius area 4,5 meter. Field ini bisa healing 35 HP per detik untuk semua rekannya dalam jangkauan Biotic Field. Ability ini membantu Soldier: 76 bertahan hidup secara mandiri dengan self-heal sekaligus berperan sebagai role Support untuk sementara demi healing rekan timnya.

Saat melihat rekan tim sedang mengalami critical atau HP rendah, gunakan Sprint dan dekati mereka dan tempatkan Biotic Field untuk melakukan healing. Pastikan juga rencanakan secara matang, karena Biotic Field hanya dapat bertahan selama lima detik dan memiliki cooldown 15 detik.

Baca juga:

Tactical Visor

Soldier: 76 - Overwatch 2

Terakhir, Ultimate Ability milik Soldier: 76 di Overwatch 2 adalah Tactical Visor. Ability ini secara otomatis membidik target musuh yang terlihat, otomatis mengisi peluru Heavy Pulse Rifle sekaligus mengurangi waktu reload (tidak berlaku untuk Helix Rockets).

Dengan kata lain, ability ini bisa membuat setiap tembakan Soldier: 76 terkena musuh yang terlihat secara akurat selama tidak terhalang Barrier milik Tank. Artinya, Tactical Visor bisa membantunya dalam menghadapi deretan hero yang gesit seperti Lucio dan Tracer. Terlebih, Tactical Visor bisa dikombinasikan dengan buff dari Nano Boost dari Ana atau Caduceus Staff milik Mercy, memicu efek yang mematikan secara cepat.

Kombinasi Hero yang Cocok dengan Soldier: 76 di Overwatch 2

Soldier: 76 merupakan hero yang versatile dan all-rounder. Ia memiliki keunggulan dalam Ultimate Ability-nya yang hampir menjamin mengenai hero yang gesit dan juga dapat terbang untuk menghindar seperti Pharah. Serangan jarak menengah yang konsisten bisa men-counter hero bersenjata berjarak dekat dan mobilitas rendah seperti Torbjorn dan Zarya.

Namun, ia memiliki kekurangan terhadap hero yang bisa memaksanya keluar dari posisi tengah saat menyerang. Terlebih, ia juga lemah terhadap hero yang bisa mencapai ketinggian secara cepat seperti D.va.

Baca juga:

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah kombinasi hero yang cocok dengan Soldier: 76:

  • Ana: Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Tactical Visor milik Soldier: 76 dan Nano Boost milik Ana bisa dikombinasikan menjadi serngan yang kuat. Jika hero lain sering sekali membuang sebagian dari bonus damage dari Nano Boost karena berbagai hal seperti musuh menghindar dan tembakan tidak akurat, Tactical Visor yang sudah diberi Nano Boost akan secara otomatis menjangkau musuh secara akurat.
  • Genji: Genji dan Soldier: 76 bisa saling melengkapi dala, penyerangan. Genji memiliki mobilitas yang cukup tinggi karena kemampuannya dalam memanjang dinding. Ia bisa mengancam hero sniper yang menjadi kelemahan Soldier: 76 seperti Widowmaker.
  • Reaper: Dalam lore-nya, Soldier: 76 dan Reaper memiliki dendam pribadi. Meski begitu, ternyata keduanya dapat menjadi kombinasi yang bagus di Overwatch 2. Reaper bisa menyerang dalam jarak dekat secara agresif dan mengombinasikan serangannya dengan tembakan konsisten Soldier: 76. Duo ini sangat agresif berkat Sprint milik Soldier: 76 dan kemampuan bertahan hidup Reaper, sehingga bisa memecah formasi tim.
  • Tracer: Tracer dan Soldier: 76 merupakan kombo yang saling melengkapi. Jika Soldier: 76 bisa berada di posisi cukup statis dalam ketinggian, Tracer bisa melengkapinya dengan menyerbu tim musuh dari belakang. Kombinasi ini bisa menjadi counter agar tim musuh terpecah untuk memperhatikan keduanya.
author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: