PlayStation 5 Tablet Custom Berhasil Dibuat oleh YouTuber

Dimas Galih Putrawan, 19 Januari 2024

PlayStation 5 Tablet Custom Berhasil Dibuat oleh YouTuberGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Seorang YouTuber populer ternyata berhasil membuat PlayStation 5 tablet custom! Ia mampu mengubah konsol PS5 menjadi sebuah tablet gaming yang bahkan lebih kecil dari versi slim konsol dengan spesifikasi sama dan menghasilkan suara lebih kecil daripada sebuah laptop gaming. Ini menjadikannya sedikit lebih baik daripada PlayStation Portal.

PlayStation 5 Tablet Custom Buatan YouTuber

DIY Perks merupakan seorang YouTuber yang berhasil mengubah PS5 menjadi sebuah tablet yang lebih kecil. Ia membagikan proses pembuatannya melalui video berdurasi 18 menit.

Content creator bernama asli Matthew Perks itu membongkar seluruh konsol PS5 dan mengambil komponen penting untuk membuat sistem handheld kustom baru. Pertama, ia menggunakan motherboard dari PS5. Lalu sebuah cooling solution, layar OLED, speaker, dan chassis yang sudah di-print 3D melengkapi tablet tersebut.

Setelah semuanya digabungkan, sebuah PlayStation 5 tablet custom pertama muncul. Tablet buatan DIY Perks itu memiliki performa yang sama persis seperti PS5 versi reguler, tetapi masih sedikit lebih kecil daripada PS5 Slim.

Baca juga:

Tantangan dalam Pembuatan Tablet PS5

PlayStation 5 tablet Custom portable

Dilansir dari Gamesradar+, Perks menekankan bahwa tablet tersebut hanya bisa dibuat karena redesain internal konsol PlayStation. Alasan utamanya karena versi slim dari konsol tersebut memiliki motherboard lebih kecil dari sebelumnya, menjadikannya bisa dimasukkan ke dalam tablet kustom.

Satu lagi tantangan utama bagi Perks adalah saat mencari cara untuk memasukkan seluruh cooling equipment ke dalam tablet kustom. Cooling equipment menjadi sangat penting agar PS5 berjalan secara lancar. Ia harus mengambil heatsink utama yang berbentuk tidak biasa dan menggantikannya dengan yang kecil tetapi memiliki kapasitas pendingan persis seperti konsol.

Netizen telah memuji inovasi yang dibuat DIY Perks berkat pembuatan PS5 tablet. Salah satu netizen bahkan menyarankan tablet model seperti itu harus benar-benar dipertimbangkan untuk dibuat secara resmi.

Secara resmi, Sony pun kembali dalam pasar handheld dengan PlayStation Portal. Meski begitu, PlayStation Portal membutuhkan koneksi Wi-Fi yang sama dengan konsol PlayStation 5 dan tidak bisa digunakan di luar rumah.

Ditambah, ini bukan pertama kali DIY Perks menggunakan PS5 dalam salah satu proyek custom-nya. Ia berhasil membuat konsol PS5 lebih tipis bahkan sebelum Sony mengumumkan versi slim secara resmi.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: