Game Monster Hunter Wilds, Ternyata Masih Ada Kendala

Felixbridicthus Haulussy, 4 September 2024

Game Monster Hunter Wilds, Ternyata Masih Ada KendalaGame
Banner Ads

GAMEFINITY, Jakarta – Monster Hunter Wilds langsung menarik perhatian dari awal dengan tambahan voice acting untuk karakter dan Palico, yang membuat cerita terasa lebih hidup. Namun, di sisi lain, performa game di versi awal yang masih dalam pengembangan ini tidak begitu mengesankan. Beberapa masalah teknis, seperti frame rate yang menurun saat situasi sibuk dan crash di beberapa kesempatan, sedikit mengurangi keseruan permainan.

Meski begitu, Wilds tetap menjanjikan keseruan baru yang menggabungkan aspek terbaik dari Monster Hunter World dan Monster Hunter Rise, menawarkan keseimbangan yang terasa pas dalam beberapa misi yang dicoba.

Perbaikan Teknis Monster Hunter Wilds

Monster Hunter Wilds

Salah satu hal yang langsung terasa adalah fokus Wilds dalam memperhalus beberapa aspek yang sebelumnya dianggap kasar dalam seri ini. Misalnya, fitur tunggangan monster yang pertama kali diperkenalkan sebagai opsi otomatis di ekspansi Iceborne untuk World, kini kembali hadir dengan kontrol penuh seperti di Rise. Tunggangan ini, yang disebut Seikret, bisa menavigasi jalur khusus, meluncur, dan memberikan waktu untuk mengumpulkan atau menggunakan item, sehingga perjalanan terasa lebih alami dan menyenangkan dibandingkan tugas mengumpulkan Spiribird di Rise.

Fleksibilitas dalam Bertarung dengan Seikret

Monster Hunter Wilds

Namun, fungsi tunggangan ini bukan hanya soal kemudahan. Seikret juga menyimpan opsi senjata kedua yang bisa diganti saat sedang menungganginya. Penggunaan senjata jarak jauh seperti Bowgun saat berkendara memberikan fleksibilitas baru yang menarik, terutama saat mengejar monster yang melarikan diri. Fleksibilitas ini menambah dinamika baru dalam pertarungan, memungkinkan untuk menyerang dari kejauhan sebelum kembali ke senjata utama saat sudah mendekati monster.

Fokus Mode , Sistem Baru di Monster Hunter Wilds

Perubahan pada sistem senjata juga layak diperhatikan. Fokus Mode yang baru memberikan kemampuan untuk lebih presisi dalam mengarahkan serangan ke bagian tubuh monster yang lemah. Selain itu, sistem ini memberikan lebih banyak opsi untuk menyesuaikan posisi saat menyerang, sehingga pertarungan terasa lebih dinamis dan cepat. Dengan lebih sedikit kombo yang mematikan momentum, kini ada lebih banyak ruang untuk mengontrol jalannya serangan dengan lebih halus dan taktis.

Perubahan Besar pada Insect Glaive di Monster Hunter Wilds

Ada juga beberapa perubahan besar yang spesifik untuk senjata tertentu, seperti Insect Glaive. Serangan udara sekarang tidak lagi memantulkan karakter kembali ke udara untuk mengulang serangan beruntun, yang mungkin mengecewakan bagi beberapa pemain lama.

Namun, sebagai gantinya, ada perubahan yang mempercepat pengumpulan essens Kinsect, seperti saat mendaratkan serangan fokus yang langsung mengumpulkan ketiga essens sekaligus. Hal ini membuat pertarungan di fase tengah dan akhir jauh lebih efisien.

Baca juga: 

Berbagai Penyesuaian yang Meningkatkan Kenyamanan

Monster Hunter Wilds

Selain itu, ada banyak penyesuaian kecil lainnya yang membuat pengalaman bermain lebih mulus tanpa mengurangi tantangan. Item pemulihan sekarang bisa digunakan lebih cepat tanpa banyak membuang-buang sumber daya, dan hook bisa digunakan untuk mengambil item dari kejauhan, bahkan saat sedang menunggangi Seikret.

Pengumpulan item di titik-titik tertentu juga terasa lebih cepat, dan akhirnya ada opsi untuk mengambil kembali barrel bomb setelah meletakkannya. Bahkan, saat bermain offline, menembakkan SOS flare akan mengisi tim dengan pemburu AI sampai pemain lain online bisa bergabung. Semua perubahan ini mungkin tidak revolusioner, tapi sangat membantu dan membuat pengalaman lebih menyenangkan.

Tantangan Teknis dan Harapan untuk Pembaruan

Namun, masalah teknis yang cukup besar tidak bisa diabaikan. Performanya masih jauh dari kata sempurna, dengan framerate yang kadang anjlok drastis, terutama saat banyak aksi terjadi di layar. Ada juga beberapa crash yang dialami selama uji coba, yang pastinya menjadi catatan besar. Dengan game ini belum memiliki tanggal rilis resmi selain target tahun 2025, ada harapan besar bahwa semua masalah teknis ini bisa diselesaikan.

Namun, tetap ada kekhawatiran bahwa game ini mungkin akan memerlukan waktu lebih lama dari yang diperkirakan atau menghadapi tantangan lebih besar dari segi pengembangan.

Eksplorasi yang Lebih Dinamis di Monster HUnter Wilds

Ambisi Monster Hunter Wilds memang cukup mengesankan, dengan dunia yang terasa lebih dinamis dan penuh dengan kejutan. Misi kedua dalam demo ini misalnya, mengingatkan pada Guiding Lands dari Iceborne, di mana pemain bisa tetap berada di medan perburuan untuk mengeksplorasi lebih lanjut atau langsung mengambil misi baru. Ada juga pos besar di peta, lengkap dengan NPC untuk diajak bicara, yang menambah rasa kedalaman dan konektivitas antara perburuan.

Secara keseluruhan, Monster Hunter Wilds memiliki potensi besar untuk menjadi seri Monster Hunter yang menarik, dengan menggabungkan elemen-elemen terbaik dari Rise dan World. Walaupun masih ada banyak hal yang harus diperbaiki, terutama dari sisi performa, game ini tetap memiliki fondasi yang kuat dan layak untuk ditunggu. Bagaimanapun, masih ada beberapa misi lagi yang perlu dijalani untuk benar-benar melihat bagaimana semua perubahan ini akan diterapkan secara keseluruhan.

author avatar
Felixbridicthus Haulussy
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: