Rockstar Games Sebut Huruf R di Logo Remedy Terlalu Mirip

Dimas Galih Putrawan, 19 Januari 2024

Rockstar Games Sebut Huruf R di Logo Remedy Terlalu MiripGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Take-Two Interactive, pemilik Rockstar Games yang terkenal dengan Grand Theft Auto, memprotes logo baru Remedy Entertainment. Kedua perusahaan tengah dalam sengketa trademark karena penggunaan huruf R di logo dalam Intellectual Property Office

Logo Rockstar Games dan Remedy Dianggap Sama

Remedy new logo

Remedy, pengembang di balik Alan Wake dan Control, mengungkap logo barunya melalui laman blognya April lalu. Logo tersebut merpresentasikan identitas visual baru dari perusahaan.

“Peluru dalam huruf R pada logo lama merpresentasikan era Max Payne, tapi Remed sekarang lebih besar daripada hanya satu game; kami punya seluruh portfolio game, baru dan lama. Saatnya untuk memperbaharui dan memebuat ulang identitas visual kami demi lebih banyak konsistensi, memamerkan evolusi selama bertahun-tahun, dan mengekpresikan visi lebih baik dari Remedy sekarang,” tulis Remedy.

Akan tetapi, Rockstar Games dan pemiliknya, Take-Two Interactive, menentang logo baru tersebut. Dilansir dari RespawnFirst, Take-Two dan Rockstar sudah mengajukan keberatan pada Uni Eropa dan Intellectual Property Office Inggris tahun lalu.

Rockstar Games logo

Take-Two mengklaim logo baru tersebut terlalu mirip dengan milik Rockstar, sehingga bisa memicu kebingungan dari publik. Sebagai perbandingan, huruf R di Rockstar memiliki bintang kecil pada bagian bawah.

Lebih ironisnya lagi, keduanya pernah mengembangkan franchise Max Payne. Saat ini, mereka sedang mengerjakan versi remastered dari dua game Max Payne pertama.

Baca juga:

Dapat Roast dari Netizen

Respon netizen di media sosial pun mulai bertebaran begitu kabar itu muncul. Banyak dari mereka menilai kedua logo itu sama sekali tidak mirip. Bahkan beberapa lagi menganggap sengketa trademark itu sangat konyol.

“Sama sekali tidak mirip,” tulis BlackMajikMan90.

“Remedy sudah punya huruf R dalam logonya saat mereka memula bertahun-tahun lalu sebelum menggati tipe lain dari R jadi kenapa Take-Two melakukannya sekarang? Juga tidak ada satupun yang harus memiliki huruf demi sebuah logo,” ungkap The_Stebe.

Take-Two Interactive tentu pernah mengalami sengketa trademark. Pihaknya mengajukan keberatan atas It Takes Two besutan Hazelight Studios dan Electronic Arts yang memicu pengajukan trademark dibatalkan.

Persidangan di Uni Eropa telah dijadwalkan pada 7 September 2025 menurut The Verge, kecuali Rockstar Games dan Remedy Entertainment sepakat untuk mengakhiri sengketa terlebih dahulu. Namun, jika Rockstar dan Take-Two masih keberatan, mereka memiliki tenggat waktu 6 November 2025 untuk memberi bukti yang mendukung.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: