Sega PHK Puluhan Karyawan, Begini Penjelasannya

Ucy Sugiarti, 12 Februari 2024

Sega PHK Puluhan Karyawan, Begini PenjelasannyaGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Kabar buruk datang dari perusahaan besar industri game yaitu SEGA. Tiba-tiba saja SEGA PHK puluhan karyawannya, padahal banyak game SEGA yang belum rilis.

Adanya penguranngan tenaga kerja pada perusahaan ini berdampak pada karyawan departemen jaminan kualitas (quality assuranca/QA) dan tempat bahasa di dua kantor Sega di Irvine, California, Amerika Serikat (AS).

Informasi ini telah tersebar melalui media sosial X  dengan adanya berita layoff pada perusahaan industri game Sega.

Baca juga:

Awal Mula Kabar PHK Karyawan Sega

Sega PHK 61 Karyawan SourceWhatLayoff

Kabar mengenai adanya PHK Karyawan Sega naik ke media sosial X  yang diunggah oleh @WhatLayoff, bahwa akan melakukan pemotongan hubungan kerja pada 61 Karyawan di 8 Maret 2024 mendatang.

Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Worker Adjustment and Retraining Notifications (WARN) yang diajukan di California pada 8 Januari 2024.

Bahwasanya, Sega of Amerca akan melakukan PHK di dua lokasi,  12 karyawan di kantor dekat kampus Irvine dan 49 pekerja di kantor lainnya.

Menurut informasi, pemberitahuan penyesuaian pekerja dan pelatihan (WARN) sudah menjadi kewajiban suatu perusahaan di Amerika Serikat yang memiliki lebih dari 100 karyawan.

Adanya WARN sebagai peringatan yang memiliki tujuan untuk memberikan pemberitahuan mengenai rencana PHK 60 hari sebelum pemotongan dilakukan.

Tanggapan AEGIS-CWA 

Menurut Allied Employees Guild Improving Sega (AEGIS-CWA), penurunan jumlah tenaga kerja dilakukan oleh Sega dengan tujuan untuk mengalihkan beberapa pekerjaan seperti Quality Assurance (QA) dan sebagian proses lokalisasi ke pihak lain melalui outsourcing.

AEGIS-CWA merupakan sebuah serikat pekerja yang mewakili karyawan Sega dengan tujuan untuk meningkatkan gaji, tunjangan, serta stabilitas pekerjaan bagi seluruh anggota.

Selain itu, AEGIS-CWA juga bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan dapat bekerja sesuai dengan jadwal kerja yang telah ditetapkan tanpa adanya lembur.

SEGA PHK Puluhan Karyawannya
Tanggapan AEGIS CWA melalui media sosial X

“Beberapa bulan yang lalu, manajemen Sega mengumumkan rencana mereka untuk melakukan outsourcing QA dan sebagian dari tempat, dalam sebuah langkah yang akan berdampak signifikan terhadap tenaga kerja kami,” ungkap AEGIS-CWA di X pada 31 Januari 2024.

“Kami telah menentang persyaratan ini sejak saat itu, tetapi hari ini PHK yang akan mengakibatkan hilangnya 61 pekerja di kedua departemen tersebut telah diumumkan secara publik,” imbuhnya kembali.

Meskipun demikian, serikat pekerja meyakini bahwa adanya PHK akan memberikan dampak negatif terhadap kondisi pekerja, kualitas kerja, dan kualitas game yang diproduksi oleh karyawan yang masih bekerja di perusahaan tersebut di masa mendatang.

AEGIS-CWA menyatakan bahwa tekadnya untuk berjuang demi kepentingan para pekerjanya serta demi kemajuan industri game secara keseluruhan.

Nantikan informasi lainnya hanya di akun resmi GAMEFINITY di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Ucy Sugiarti
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: