Sega Umumkan Akan Akuisisi Rovio, Pengembang Angry Birds!

Dimas Galih Putrawan, 18 April 2023

Sega Umumkan Akan Akuisisi Rovio, Pengembang Angry Birds!Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Setelah menjadi rumor baru-baru ini, Sega resmi mengumumkan mereka akan mengakuisisi Rovio Entertainment, perusahaan di balik game Angry Birds. Harga pembelian Rovio oleh pengembang di balik Sonic the Hedgehog itu senilai €706 juta.

Dengan keputusan ini, perusahaan game asal Jepang itu ingin mempercepat ekspansinya ke pasar mobile gaming. Walau beberapa game Sega sudah ada di iOS dan Android seperti Sonic the Hedgehog, mereka berharap dapat mengandalkan keahlian Rovio untuk menjadi lebih agresif dalam pasar mobile.

Baca juga:

Rovio Diakuisisi Sega Senilai €706 juta, Diharapkan Sah sebelum September 2023

Kesepakatan senilai €706 juta ini sudah disetujui oleh dewan direksi dan pemegang saham Rovio. Sega berharap pihaknya dapat menyelesaikan akuisisi ini sebelum September 2023. Jika akuisisi menjadi sah, Rovio akan menjadi bagian dari Sega Europe yang juga berisi Sports Interactive (Football Manager) dan Creative Assembly (Total War).

“Pasar mobile gaming memiliki potensi tinggi, dan ini menjadi tujuan jangka panjang Sega untuk mempercepat ekspansi di bidang ini. Saya merasa takjub dapat mengumumkan transaksi dengan Rovio, perusahaan pemilik Angry Birds, yang dicintai di seluruh dunia, dan rumah bagi karyawan berbakat yang mendukung pengembangan mobile game teratas dalam industri,” tutur Haruki Satomi, CEO Sega Sammy Holdings, dilansir dari press release Rovio.

Baca juga:

Ingin Andalkan Beacon Milik Rovio untuk Menguasai Pasar Mobile

Sega Rovio Angry Birds
Angry Birds IP terbesar milik Rovio

Melalui press release yang sama, Sega mengaku platform mobile gaming Beacon milik Rovio akan sangat berguna begitu akuisisi menjadi sah. Beacon merupakan platform tingkat tinggi yang didesain untuk mengembangkan dan menyederhanakan desain, monetisasi, dan pemeliharaan game. Pada dasarnya, Beacon menjadi pemicu utama untuk melebarkan sayapnya terhadap pasar mobile dengan transaksi tersebut.

“Keahlian Rovio dalam operasi game movbile live service akan membawa judul baru dan saat ini dari Sega ke pasar mobile gaming global, di mana ada potensi besar, dan banyak pengguna yang dapat mengaksesnya,” tutur Sega dilansir dari Polygon.

Baca juga:

Sebagai gantinya, Sega berkata mereka akan membantu Rovio berekspansi di luar mobile gaming menuju platform lain. Tentunya, kedua perusahaan memiliki kesuksesan di pasar multimedia, seperti membawa Angry Birds dan Sonic the Hedgehog dalam bentuk adaptasi film Hollywood.

Akuisisi Rovio oleh Sega diharapkan menjadi sah sebelum September 2023.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: