SNI Pada Video Game Akan Diterapkan Pemerintah

Zeinal Wujud, 26 Juni 2023

SNI Pada Video Game Akan Diterapkan PemerintahGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – SNI Pada Video Game Akan Diterapkan Pemerintah. Indonesia menjadi negara salah satu pasar game yang sedang berkembang pesat. Kini Indonesia tengah menghadapi keputusan menarik dari pemerintah untuk menerapkan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) dalam industri video game. Langkah ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri game lokal yang semakin berkembang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang urgensi dan implikasi dari penerapan SNI pada video game serta dampaknya terhadap pengembang game lokal di Indonesia.

Baca juga:

Industri Game Lokal dan Tantangannya

Video Game
Foto Unsplash

Industri game lokal di Indonesia telah menunjukkan potensi yang besar dalam menciptakan karya-karya berkualitas dan inovatif. Namun, masih ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh para pengembang game lokal, terutama dalam hal permodalan. Banyak perusahaan rintisan atau startup lokal yang menghadapi kesulitan dalam mendapatkan modal untuk mengembangkan dan memproduksi game mereka. Hal ini menjadi salah satu hambatan utama dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan game lokal.

Dalam upaya untuk memperkuat industri game lokal, pemerintah Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) memperkenalkan SNI sebagai upaya standarisasi untuk video game. SNI ini didasarkan pada standar yang ada di Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa game lokal dapat bersaing dengan game internasional dan meningkatkan daya saing industri game Indonesia secara keseluruhan.

Penerapan SNI pada video game dapat memberikan beberapa keuntungan dan manfaat yang signifikan bagi industri game lokal. Pertama, dengan adanya standar yang jelas, pengembang game lokal akan memiliki panduan yang dapat meningkatkan kualitas dan keamanan game mereka. Standar ini dapat membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap produk game lokal dan meningkatkan citra industri game Indonesia di mata internasional.

Selain itu, SNI juga dapat membantu pengembang game lokal dalam mengakses pembiayaan dan modal. Dengan adanya standar resmi, pengembang game lokal akan memiliki legitimasi yang lebih kuat dalam mencari dukungan keuangan, baik dari pemerintah, investor, maupun lembaga keuangan. Hal ini dapat membantu mengatasi tantangan permodalan yang sering dihadapi oleh industri game lokal.

“Kita dampingi mati-matian untuk mereka bisa memenuhi standar di awal, Insyaa Allah tidak ada kesulitan terkait dengan isu sertifikasi dan sebagainya,” kata Kepala BSN Kukuh S Achmad dalam konferensi pers Capaian 2021 dan Outlook 2022 BSN, dikutip dari Republika.co.id.

Baca juga:

Dampak SNI pada Industri Game Lokal dan Potensi Pengembangan

SNI pada Video Game
Foto Unsplash

Penerapan SNI pada video game juga dapat berdampak positif pada industri game lokal secara keseluruhan. Dengan adanya standar yang jelas, pengembang game lokal akan mendorong peningkatan kualitas, inovasi, dan kreativitas dalam pembuatan game. Pengembang akan lebih fokus pada pengembangan konten yang berkualitas, menggali kekayaan budaya Indonesia, serta meningkatkan representasi yang lebih inklusif dalam game mereka.

Selain itu, SNI dapat membantu mengatasi tantangan permodalan yang sering dihadapi oleh pengembang game lokal. Dengan adanya legitimasi dan pengakuan dari standar nasional, peluang untuk mendapatkan dukungan dan pembiayaan dari berbagai pihak akan semakin terbuka. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri game lokal, menciptakan lapangan kerja baru, serta meningkatkan kontribusi ekonomi sektor game di Indonesia.

Demikian pembahasan Pemerintah Ingin Berikan SNI Pada Video Game. Ikuti informasi menarik lainnya seputar game, anime, esports, pop culture, serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: