Starfield: 5 Tips dan Trik Penting untuk Pemula

Dimas Galih Putrawan, 26 September 2023

Starfield: 5 Tips dan Trik Penting untuk PemulaGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Starfield saat ini menjadi peluncuran game Bethesda terbesar sepanjang masa. Game sci-fi RPG itu sekaligus menjadi IP original terbaru mereka dalam 25 tahun terakhir. Mengingat popularitasnya yang sangat masif meski membutuhkan system requirement tinggi, masih banyak pemain yang berminat untuk menikmatinya, mulai dari pemula hingga veteran.

Game sci-fi RPG besutan Bethesda Game Studios itu sebenarnya memiliki sistem yang cukup mirip dengan The Elder Scrolls dan Fallout. Tidak begitu mengejutkan pemain yang juga penggemar kedua franchise itu cukup familiar dengan konsep dengan sistemnya. Mulai dari pembuatan karakter sendiri di Character Creation, eksplorasi dunia, sistem combat, hingga plot cerita kompleks dengan berbagai quest yang harus diselesaikan.

Bagi pemain yang baru pertama kali bermain Starfield, apalagi belum pernah mencoba The Elder Scrolls dan Fallout, mungkin mekanik dalam game bisa menjadi cukup rumit. Tenang, terdapat beberapa tips dan trik penting agar pemula bisa lancar dalam bermain. Inilah lima tips dan trik penting untuk pemula yang baru bermain Starfield berdasarkan berbagai sumber.

Jangan Ambil Semua Item saat Loot

Starfield beginners tips not loot all items

Mengambil semua item saat melakukan looting tampak menggoda, pemain bisa menyimpannya untuk saat penting pada quest mendatang atau setidaknya menjualnya. Konsekuensinya, semakin banyak item yang diambil, semakin cepat storage akan penuh. Terlebih, cukup banyak item berupa hanya junk yang berharga murah saat dijual.

Terdapat konsekuensi saat storage penuh, baik dalam spaceship atau pemain. Jika storage spaceship penuh, pemain tidak akan bisa melakukan fast travel. Jika inventory pemain mengalami hal yang sama, penyerapan oksigen akan berkurang setiap melangkah, sehingga memicu damage karena penyerapan karbondioksida (CO2) terlalu banyak.

Baca juga:

Selalu Kunjungi Trade Authority Kiosk untuk Menjual dan Membeli Barang

Starfield beginners tips Trade Authority Kiosk

Untuk membantu mengatasi masalah storage, cobalah untuk selalu kunjungi Trade Authority Kiosk berwarna kuning setiap kali pemain menemukannya. Pemain bisa menjual setiap barang yang tidak diperlukan untuk Credit tambahan sekaligus sedikit mengosongkan storage untuk quest selanjutnya. Equipment yang tidak terpakai seperti senjata dan space suit bisa dijual untuk mendapat Credit cukup banyak.

Sembari menjual, pemain harus selalu membeli setiap item healing yang tersedia di Kiosk tersebut. Med Packs menjadi item yang bisa healing HP pemain. Pastikan juga beli item yang bisa memulihkan status effect seperti Antibiotics yang bisa menyembuhkan basic affliction. Digipicks menjadi satu lagi barang penting yang harus dibeli karena berguna untuk lock-picking atau menjebol kunci.

Andalkan Scanner Saat Eksplorasi

Starfield beginners tips use scanner

Jika tidak sedang dalam combat dan sedang mengeksplorasi, menggunakan scanner menjadi gagasan yang sangat bagus. Umumnya, scanner digunakan untuk mengindentifikasi sumber daya, flora, dan fauna di sebuah planet. Uniknya lagi, salah satu fungsi kuncinya untuk mengidentifikasi setiap interactable object. Terlebih, mengingat setiap tempat di Starfield sangat padat dan luas, sangat mudah untuk melewatkan beberapa item penting seperti Credit Stick dan Digipick karena kecil.

Keuntungan lain dari scanner adalah bisa memberi petunjuk arahan dalam bentuk beberapa panah menuju lokasi tujuan saat sedang menyelesaikan sebuah quest aktif. Ini menguntungkan bagi pemain yang sering sekali tersesat atau kebingungan.

Baca juga:

Saat Pertarungan Spaceship di Luar Angkasa, Teruslah Bergerak!

Starfield beginners tips space battles

Starfield menambah pertarungan spaceship atau kapal luar angkasa sebagai ciri khas dibandingkan game RPG Bethesda Game Studios lain. Pemain akan sering menemui kapal musuh dan harus melakukan pertarungan luar angkasa. Mungkin pemain pemula hanya berpikir pertarungan tersebut hanya menembak hingga kapal musuh hancur. Akan tetapi, kunci pentingnya adalah tidak berhenti bergerak.

Mungkin hal ini terdengar sangat sepele, tetapi berhenti bergerak dapat memicu situasi yang tidak menguntungkan bagi pemain. Pasalnya, kapal pemain bisa menjadi sasaran empuk agar musuh bisa menembak. Terlebih, sedikit sulit saat pemain sedang diserang di luar angkasa. Bisa saja kapal pemain meledak sebelum menyadari hal ini. Jangan takut untuk mundur dari pertarungan untuk sementara waktu. Shield kapal pemain akan meregenerasi setelah tidak mendapat damage setelah beberapa saat. Biarkan shield kapal ter-recharge sebelum kembali menyerang tanpa menghentikan langkah.

Jangan Skip Main Quest

Starfield beginners tips dont skip main quests

Starfield memiliki lebih dari seribu planet yang bisa dijelajahi. Tentu ini bisa sangat menggoda bagi pemain yang ingin skip main quest. Justru hal ini tidak direkomendasikan. Sebaiknya pemain fokus terlebih dahulu dengan main quest, minimal sampai quest Into the Unknown.

Baca juga:

Tentunya, main storyline di game sci-fi RPG besutan Bethesda ini menawarkan berbagai mekanik unik yang bisa di-unlock saat menyelesaikan beberapa main quest. Misalnya pada akhir quest Into the Unknown, pemain bisa memperoleh sebuah Power unik yang bisa menguntungkan.

Meski main storyline-nya memiliki durasi lebih singkat daripada saat mengeksplorasi setiap planet dalam game, sangat penting bagi pemain untuk menyelesaikannya bagian-bagian awalnya terlebih dahulu. Itulah lima tips dan trik penting untuk pemula saat bermain Starfield.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: