Starfield Capai 10 Juta Pemain dalam Tiga Minggu!

Dimas Galih Putrawan, 27 September 2023

Starfield Capai 10 Juta Pemain dalam Tiga Minggu!Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Memasuki minggu ketiga semenjak peluncuran resmi dan early access, Starfield akhirnya berhasil capai 10 juta pemain! Angka ini semakin memperkuat statusnya sebagai game dengan peluncuran terbesar bagi Bethesda. Sejauh ini, game sci-fi RPG yang tersedia eksklusif di Xbox dan PC itu berhasil memukau penggemar dan kritikus.

Total Angka Pemain Starfield Kini Mencapai 10 Juta Pemain!

Bethesda mengumumkan melalui Twitter bahwa Starfield berhasil capai 10 juta pemain pada minggu ketiga. Sebelumnya, game sci-fi garapan studio di balik The Elder Scrolls dan Fallout itu telah mencapai 6 juta pemain pada 7 September 2023, menjadikannya game Bethesda dengan peluncuran terbesar.

“Terima kasih kepada lebih dari petualang Starfield telah menjadikannya sebagai peluncuran terbesar dalam sejarah Bethesda,” tulis Bethesda.

Microsoft dan Bethesda sendiri belum mengungkap total angka penjualannya sejauh ini. Pasalnya, game sci-fi RPG itu juga tersedia secara cuma-cuma khusus pelanggan Xbox Game Pass dan PC Game Pass saat peluncurannya di Xbox Series X|S serta PC.

Baca juga:

Starfield 10 million players

Meski begitu, GameIndustry melaporkan bahwa Starfield menjadi game terlaris di Eropa saat minggu peluncurannya, sekaligus menjadi IP terlaris tahun ini. Secara keseluruhan , game besutan Bethesda itu baru mencapai posisi kelima dalam game terlaris secara keseluruhan, mengalahkan Resident Evil 4 Remake dan Final Fantasy 16. GameIndustry juga mencatat Hogwarts Legacy tetap berada di posisi puncak chart game terlaris di Eropa saat minggu pertama peluncuran tahun ini.

Sementara itu, rekor angka pemain aktif di Steam belum terpecahkan semenjak 10 September 2023. SteamCharts mencatat Starfield masih memiliki rekor pemain aktif sebesar 330.597, mengalahkan The Elder Scrolls V: Skyrim dengan 287.411, tapi masih kalah dari Fallout 4 dengan 472.962.

Masih Kalah dengan Forza Horizon 5

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Starfield merupakan game terbesar tahun ini bagi Xbox dan Bethesda. Game tersebut menjadi paling high profile dari Xbox Game Studios semenjak Halo Infinite pada Desember 2021. Xbox sendiri belum terlalu bersinar tahun ini dengan game eksklusifnya. Hi-Fi Rush sudah sukses memukau penggemar dan kritikus meski menjadi surprise release, tapi tidak cukup high-profile. Sebaliknya, game besar selanjutnya, Redfall, justru gagal dan berakhir mendapat kritikan dari pemain.

Baca juga:

Starfield still loses to Forza Horizon 5

Sementara Starfield berhasil memecahkan rekor Bethesda, Forza Horizon 5 tetap memegang rekor game Xbox Game Studios terbesar. Pasalnya, Forza Horizon 5 berhasil mencapai lebih dari 10 juta pemain saat pekan pertama peluncuran pada tahun 2021. Patut diingat bahwa game racing besutan Playground Games itu juga tersedia di Xbox One.

Menyusul kesuksesan Starfield, Forza Motorsport menjadi game besar selanjutnya dari Xbox Game Studios. Reboot dari franchise game racing mobil itu dijadwalkan rilis pada 10 Oktober 2023.

Microsoft dan Bethesda masih akan tetap mendukung Starfield dalam jangka panjang. Bethesda sudah mengumumkan story expansion DLC Shattered Space akan segera rilis. Ditambah, beberapa fitur lain termasuk dukungan Nvidia DLSS dan built-in mod secara resmi akan datang dalam waktu dekat.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: