Starfield: Guide Main Quest Ketujuhbelas – Entangled

Dimas Galih Putrawan, 23 Oktober 2023

Starfield: Guide Main Quest Ketujuhbelas – EntangledGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Entangled merupakan sebuah main quest yang sekaligus harus dikerjakan saat menyelesaikan Final Glimpses di Starfield. Sebelumnya, pemain telah menerima sebuah distress signal dari Nishina Research Station, Saat mencapainya, pemain menemukan sesuatu yang aneh yang memicunya harus memilih salah satu dari dua pilihan.

Gamefinity.id akan membahas Entangled sebagai main quest ke-17 di Starfield. Karena terdapat pembahasan pilihan di main quest ini beserta konsekuensinya, guide ini mengandung SPOILER. Terlebih quest Entangled jauh lebih kompleks daripada saat mengunjungi planet pertama secara acak di Final Glimpses.

Kunjungi Nishina Research Station

Salah satu bagian main quest Final Glimpses di Starfield meminta pemain untuk menuju Freya III. Begitu mendarat di planet tersebut, dekati Nishina Research Station. Saat akan memasukinya, seorang pria bernama Ethan Hughes akan terdengar dari intercom untuk menanyakan serangkaian pertanyaan. Secara mengejutkan, ia mengaku pihaknya tidak memberi distress signal.

Setidaknya, ia akan mengajak pemain masuk ke dalam. Namun, jika terdapat companion, ia akan meminta pemain untuk masuk sendiri.

Starfield Main Quest 17

Saat masuk, Ethan akan melakukan cek keamanan terlebih dahulu pada pemain sebelum mulai berbicara. Ia akan mengajak pemain untuk mengikutinya agar menemui direktur.

Starfield Main Quest 17 Starfield Main Quest 17

Anehnya, saat perjalanan, tiba-tiba pemain sudah berada di sebuah alternate universe di mana lab sudah benar-benar hancur. Pemain akan diserang oleh Cataxi. Saat menyerang, tiba-tiba pemain sudah kembali ke universe di mana lab masih utuh, mengagetkan Ethan.

Pemain akan tidak terduga kembali ke alternate universe saat kembali mengikuti Ethan.

Bertemu Rafael di Alternate Universe

Starfield Main Quest 17 Starfield Main Quest 17

Ikuti marker menuju sebuah meja. Pemain akan melihat sosok seorang pria yang bersembunyi. Ia adalah Rafael Aguerro, kepala insinyur di lab. Rafael menjelaskan terdapat sebuah kecelakaan. Dirinya mengaku ialah yang mengirim distress signal tersebut. Namun, saat pertengahan percakapan, sebuah distorsi mengembalikan pemain ke universe asal.

Pemain nantinya akan ter-distorsi ke kedua universe secara bergantian. Saat di universe versi lab hancur, basmi Cataxi Warrior muda yang mengincar dan lewati tangga. Patut diingat, Cataxi memiliki kemampuan memberi poison.

Bicara Pada Patel

Setelah melewati tangga, pemain mendapati dirinya kembali ke universe versi lab utuh. Di sana, Ethan sudah menunggu dan mempersilakan pemain untuk masuk ke Director’s Room.

Pemain menemui Kala Patel, direktur Nishina Research Station, dan kepala ilmuwan, Maria Hughes.

Starfield Main Quest 17

Alternate universe dan distorsi menjadi pembicaraan utama. Patel juga mengungkap Rafael tewas dalam sebuah kecelakaan tiga bulan sebelumnya sekaligus sebuah Artifact memicu distorsi. Pemain memiliki gagasan untuk mematikan eksperimen yang menewaskan Rafael di universe versi Patel.

Menuju Lab

Patel dan Maria setuju untuk membantu agar mematikan eksperimen. Maria akan menyuruh pemain untuk mengikutinya ke Fabrication Lab di sebelah Director’s Room. Saat memasukinya, pemain kembali mengalami distorsi. Objektifnya masih sama, yaitu menuju lab.

Lewati pintu Emergency dan basmi setiap Cataxi yang menghalangi. Ikuti marker agar menuju ruangan di mana Rafael berada. Beritahu momen percakapan dengan Patel dan lab menjadi destinasi berikutnya. Ia akan memberi Nishina Pantry Key, kunci pintu Pantry, dan mengikuti langkah pemain.

Saat melewati pintu Pantry, segerombolan Cataxi akan menghadang. Pemain bisa mengalahkan mereka terlebih dahulu, jika kesulitan, gunakan Anti-Gravity Field.

Setelah itu, distorsi kembali mengirim pemain menuju universe versi Patel saat memasuki Cafeteria. Semua orang akan panik dan berlarian. Abaikan mereka dan terus melaju hingga distorsi berikutnya menuju universe versi Rafael.

Starfield Main Quest 17

Kembali hadapi Cataxi. Setelah itu, bicara kembali pada Rafael yang sempat panik. Kemudian, belok menuju Security Office, di mana sebuah distorsi akan kembali.

Kembali Bicara pada Ethan

Starfield Main Quest 17

Pemain sudah berada di hadapan Ethan saat berada di universe versi Patel. Minta padanya untuk membukakan sebuah pintu. Jika memberitahu tentang Cataxi, terdapat kesempatan agar mendapatkan senjata shotgun Experiment A-7. Senjata tersebut bisa memicu damage 30 persen lebih besar pada alien, alhasil dapat membantu untuk membasmi Cataxi lebih mudah. Apabila persuasi berhasil, ia akan memberi shotgun tersebut.

Keluar dari Security Room and ambil arah timur laut. Sebuah distorsi kembali mengirim pemain ke universe versi Rafael. Saat perjalanan, segerombol Cataxi kembali menghalangi, basmi mereka.

Bantu Maria

Starfield Main Quest 17

Akhirnya, pemain sudah kembali ke Fabrication Lab di universe versi Patel, Maria sudah menunggu dan meminta agar membantu. Begitu ia sudah mengatur sebuah kalibrasi, sebuah mikrodistorsi berbentuk sebongkah cahaya kecil akan muncul. Pemain akan disuruh untuk berdiri di hadapan mikrodistorsi tersebut, namun tidak ada yang terjadi.

Setelah Maria mengatur kalibrasi kembali, pemain akan kembali ke universe versi Rafael. Di sana, terdapat Probe Control Unit. Alat itu bisa memudahkan pemain untuk berpindah antara dua universe sesuai keinginan. Kembali ke mikrodistorsi di sudut barat laut ruangan untuk kembali ke universe versi Patel. Alhasil, eksperimen Maria berhasil.

Bicara Kembali pada Patel

Maria akan menyuruh pemain untuk berbicara kembali pada Patel di Director’s Room. Di sana, Patel memberi sebuah kabar buruk, yaitu terdapat keputusan yang harus diambil saat menuju Research Level. Jika berhasil mematikan eksperimen di Nishina, salah satu universe akan lenyap. Apakah pemain akan menyelamatkan universe versi Patel atau versi Rafael.

Sebelum lanjut, pemain bisa mengunjungi Clinic di lantai bawah untuk menemui Dr. Tatiana Barakova. Ia akan memberikan medical supplies untuk membantu selama dalam perjalanan.

Starfield Main Quest 17

Begitu semuanya sudah siap, pergilah ke elevator dan sentuh distorsi untuk berpindah menuju universe versi Rafael.

Baca juga:

Pergi Menuju Lab sambil Jebol Sistem Keamanan

Starfield Main Quest 17 Starfield Main Quest 17

Gunakan elevator untuk mencapai lantai bawah, lalu sentuh distorsi itu lagi. Terus ikuti marker. Jika terdapat halangan di universe versi Patel, pemain bisa menyentuh setiap distorsi yang tersedia. Lebih penting lagi, pemain harus mengambil Nishina Particle Lab Keycard di Master Room universe versi Rafael. Keycard tersebut dapat membuka setiap pintu yang terkunci di universe versi Patel. Jika terdapat robot dan turret, pemain harus basmi mereka secepatnya.

Saat mendapat sebuah komputer pertama, Facilities Computer, gunakan untuk mematikan setiap sistem keamanan di Facilities Section, mematikan setiap robot, turret, dan kamera, sekaligus membuka pintu menuju Accelerator Section.

Starfield Main Quest 17

Starfield Main Quest 17

Tetap ikuti marker saat memasuki Accelerator Section. Pemain bisa menggunakan setiap distorsi yang ditemui agar mencapai tujuan sekaligus memudahkan. Salah satunya bisa digunakan untuk melewati pintu Emergency sambil mendapatkan Nishina Utility Closet Keycard, dan salah satunya lagi untuk melewati tangga. Sekali lagi, jika harus menghadapi robot dan turret, siapkan peluru dan kalahkan mereka.

Begitu menemukan komputer kedua, yaitu Accelerator Mainframe Computer, gunakan untuk mematikan sistem keamanan di Accelerator Section.

Setelah itu, ikuti marker menuju sebuah akses terowongan dan menggunakan distorsi di sana. Ikuti jalan terowongan tersebut hingga kembali menemui distorsi. Jika menemui Cataxi, langsung basmi mereka. Begitu kembali ke universe versi Patel, terdapat sebuah komputer ketiga, Storage Room Computer.

Setelah itu, ikuti marker dan lewati setiap tangga serta lewati dua pintu Emergency menuju area terakhir. Di sini, pemain harus menentukan sebuah keputusan penting.

Mau Selamatkan Universe yang Mana?

Akhir dari main quest ini cukup unik daripada main quest Starfield lainnya. Terdapat dua pilihan dalam bagian akhir ini, yaitu menyelamatkan universe versi Patel atau versi Rafael. Masing-masing universe memiliki tujuh tombol yang harus dimatikan dan terletak di sudut yang sama. Satu-satunya yang membedakan adalah musuh, yaitu robot dan turret di universe Patel atau Cataxi di universe Rafael.

Starfield Main Quest 17 Starfield Main Quest 17

Setelah mematikan semua tombol di universe pilihan, kembali ikuti marker untuk menuju Probe. Di sana, terdapat Emergency Shutdown Control yang harus dimatikan. Begitu mematikannya, ambil Artifact Lambda. Setelah itu, kembali ikuti marker untuk pergi ke elevator demi naik ke lantai atas, di mana Patel atau Rafael sudah menunggu. Keduanya memiliki reward penting yang bisa diperoleh untuk membantu menamatkan Starfield.

Cara Selamatkan Keduanya

Menariknya, terdapat satu lagi cara alternatif untuk menyelesaikan main quest Entangled di Starfield. Cara ini akan menyelamatkan Patel dan Rafael. Pemain masih harus tetap menjebol sistem keamanan. Setelah mematikan keamanan di Storage Room, inilah menjadi momen pembedanya.

Starfield Main Quest 17

Di lab universe versi Patel, pemain bisa menemukan mayat Rafael dekat tombol terakhir untuk mematikan eksperimen. Terdapat Probe Callibration Protocol yang bisa diambil dari mayat tersebut. Protokol itu memiliki langkah yang harus diikuti sebagai berikut:

1. Pastikan semua Power Interlock masih menyala.

2. Di Lab Control Computer, mulai Degaussing di universe versi Rafael dengan mematikan dan menyalakan kembali dua Power Interlock nomor acak. (misalnya 5 dan 7).

3. Lakukan Degaussing di Lab Control Computer di universe versi Patel dengan mematikan dan menyalakan kembali empat Power Interlock nomor acak.

4. Atur Frequency Calibration menjadi 40 GHz di universe versi Patel.

5. Atur Frequency Calibration menjadi 24 GHz di universe versi Rafael.

6. Aktifkan Primary Calibration Control di kedua universe.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, kedua universe akan menyatu sekaligus menyelamatkan Patel dan Rafael. Artifact Lambda juga berhasil didapat.

Letak Ketujuh Tombol

Jika masih bingung untuk menemukan setiap nomor tombolnya, berikut adalah pembahasan setiap letaknya:

1. Tepat di dekat laser yang ingin dimatikan.

2. Arah berlawanan laser yang ingin dimatikan.

3. Secara diagonal di bawah laser, harus melewati tangga di dekatnya.

4. Arah berlawanan dari nomor 3.

5. Di lantai atas sebelah kiri laser.

6. Di belakang laser.

7. Area belakang dekat tangga menuju Control Room.

Pembahasan Setiap Konsekuensi

Starfield Main Quest 17

Jika memilih untuk menyelamatkan universe versi Patel, Rafael akan mati. Patel akan memberi pemain sebuah Legendary Gear. Sebaliknya, jika menyelamatkan universe versi Rafael, semua di universe Patel akan mati. Rafael kemudian berminat untuk bergabung sebagai salah satu kru pemain di Starfield.

Dalam pilihan ketiga, yaitu menyelamatkan dan menyatukan kedua universe, pemain bisa memperoleh kedua reward tersebut, termasuk Rafael berminat menjadi kru pemain. Ketiga ending itu mengakhiri main quest Entangled. Jika sudah mengambil Artifact di planet pertama dalam quest Final Glimpses, quest tersebut akan dinyatakan selesai di Starfield.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: